World of Warships: Antara Player Baru dan Kapal Premium

World of Warships, sebuah game online multiplayer bertemakan kapal perang dari era perang dunia I dan perang dunia II. Di dalam game terdapat berbagai jenis kapal dari sejumlah negara yang pernah ikut serta dalam pertempuran tersebut. Mulai dari Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Inggris, Indonesia, Malaysia, hingga China.

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk belanja dengan harga diskon

Ada dua cara untuk mendapatkan kapal-kapal tersebut. Pertama, research menggunakan EXP yang didapatkan dari hasil battle. Kedua, membeli kapal premium World of Warships melalui premium store wargaming atau dari armory.

Kapal premium merupakan kategori untuk kapal-kapal spesial karena dapat membantu menstabilkan perekonomian di dalam game dengan cara mendapatkan EXP lebih dan credit lebih per battle. Namun, karena kapal-kapal premium adalah kapal yang terbilang spesial, banyak sekali player yang kurang mengerti dalam penggunaan kapal-kapal tersebut.

Nah, di sini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya tentang player yang baru memulai game tetapi langsung membeli kapal premium di tier tinggi.

Bagi sebagian pemain World of Warships, player-player itu adalah player yang biasa disebut “gold noob”. Artinya player yang memiliki banyak uang, tetapi tidak mau untuk mempelajari mekanik game dari awal sehingga mereka langsung membeli kapal-kapal premium tier tinggi tersebut.

Sebelum lebih lanjut, saya perlu menyebutkan tiga tipe pembeli kapal premium:

  1. Pembeli yang memang membutuhkan kapal premium: Tipe ini biasanya memikirkan dengan baik kapal apa yang sesuai dengan gameplay-nya.
  2. Pembeli collector: Tipe ini membeli premium hanya untuk koleksi, biasanya hanya kapal-kapal dengan nilai historical tinggi yang dibeli seperti IJN Kaga, USS Enterprise, USS Missour, USS Hornet, dan kapal-kapal bersejarah terkenal lainnya.
  3. Pembeli gold noob: Mohon maaf apabila kata ini terdengar kasar, tapi memang inilah yang biasa disebut di game. Pembeli tipe ini hanya melihat dari video player lain saat di dalam video tersebut, player itu menang dengan damage yang tinggi dan battle reward (EXP, Credit, Free EXP) yang banyak sehingga mereka tergiur dan membelinya.

Karena gimmick kapal premium World of Warships

Memang benar kalau kapal premium tier tinggi memiliki gimmick mereka masing-masing. Contohnya kapal premium USS Missouri. Di dunia nyata, kapal itu merupakan kapal bersejarah di mana Jepang menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa Jepang menyerah kepada sekutu.

Namun, di World of Warships, USS Missouri mempunyai gimmick yang jauh lebih menarik bagi seluruh player, yaitu dapat menghasilkan credit yang sangat besar. Alhasil, player dapat membeli kapal baru di tech tree atau upgrade tanpa kesulitan.

Gimmick-gimmick seperti inilah yang justru membuat para player atau calon pembeli merasa tertarik. Mereka lantas membelinya tanpa ada pengetahuan tentang cara menggunakan kapal tersebut. Hasilnya, mereka akan terlihat seperti orang yang kebingungan. Mereka tidak tahu harus bagaimana.

Saya pernah bermain satu tim dengan player seperti itu. Mereka baru bermain sebanyak 60 battle, tetapi sudah berada di tier 8, 9, 10. Biasanya, di tier itu semua player sudah sangat memahami kapal-kapal yang mereka gunakan.

Saat itu saya menggunakan USS Cleveland, kapal penjelajah ringan Amerika di tier 8. Di sisi lain, player tadi  menggunakan IJN Asashio, kapal perusak tipe torpedo boat premium dari Jepang. Perlu kalian ketahui bahwa Asashio memiliki gimmick berupa deepwater torpedo yang hanya bisa menyerang kapal perang musuh dan kapal induk musuh. Namun, kapal ini tidak dapat memberikan damage kepada sesama kapal perusak dan kapal penjelajah, baik penjelajah ringan maupun penjelajah berat. Di sinilah masalahnya.

Dari awal mulainya game, saya masih belum melihat kejanggalan dari player ini. Namun, saat dia bertemu dengan kapal perusak musuh dan memperebutkan area, Asashio langsung meluncurkan semua torpedo yang ia miliki ke arah kapal perusak musuh tersebut. Kondisi ini bertambah parah oleh fakta bahwa musuh jauh lebih mengerti bagaimana seharusnya Asashio dimainkan, sehingga kapal perusak musuh ini tidak ada rasa takut dan menenggelamkan Asashio tim saya dengan cepat.

Dari cerita pengalaman saya di atas, dapat dilihat bahwa tidak semua kapal dapat digunakan dengan cara yang sama. Setiap kapal, walaupun mempunyai tipe kapal yang sama, pasti ada perbedaan cara penggunaannya. Apabila para pembeli kapal premium World of Warships yang seperti ini masih banyak, ini akan mengurangi rasa “fun” di dalam game. Mungkin juga berlaku dengan game lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *