Mengenang Saat Wiro Sableng Menjadi Hero Lokal Pertama di AoV

Kita mesti bangga sebab pendekar legendaris asli Indonesia itu muncul sebagai hero di game MOBA, Arena of Valor (AoV).
Wiro Sableng Arena of Valor AOV
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pada dasarnya ini adalah bagian dari promosi film Wiro Sableng yang tayang pada 2018. Namun, kita tetap mesti bangga sebab pendekar legendaris asli Indonesia itu muncul sebagai hero di game MOBA, Arena of Valor (AoV).

Jelas saja publik Tanah Air dibikin heboh kala itu. Tak cuma penggemar Wiro Sableng dann AoV, tetapi juga kalangan lain. Lebih-lebih, karakter tersebut dipromosikan secara gencar, sebagaimana filmnya.

Wiro Sableng sendiri adalah karakter fiksi yang muncul di novel bikinan Bastian Tito. Pada akhir 80-an, ia sempat dua kali diangkat ke layar lebar. Karakter ini juga pernah nangkring dalam bentuk serial pada 1994–2002.

Wiro Sableng Arena of Valor AOV
Wiro Sableng

Gaya nyeleneh, warna, dan berbagai ciri lain pada semua tayangan itu relatif sama. Di AoV pun, kita dengan cepat mengenali Wiro Sableng. Pembedanya cuma tambahan armor dan kapak Naga Geni 212 yang lebih besar.

Sebetulnya Wiro Sableng bukan pendekar Indonesia pertama yang menjadi hero sebuah game, sih. Masih ada Gatot Kaca yang lebih dahulu muncul di saingan AoV, yakni Mobile Legends.

Walau begitu, Gatot Kaca tak mendadak populer sebagaimana Wiro Sableng. Ada perbedaan dalam hal promosi. Proyek ini juga melibatkan banyak pihak, bahkan para aktor filmnya juga turut serta.

Pengisi suaranya saja, misal, yang ternyata diisi langsung oleh pemeran Wiro Sableng, Vino G. Bastian. Ilustrator kenamaan Indonesia yang sudah malang-melintang di komik-komik Marvel dan DC, Chris Lie, juga terlibat.

Semua itu menunjukkan keseriusan AoV dalam menambah khazanah hero mereka. Aspek ini memang jadi keunggulan AoV, sih. Sebelum Wiro Sableng, AoV sudah menghadirkan beberapa karakter DC sebagai hero dalam game.