5 Turnamen Esports Indonesia dengan Hadiah Terbesar

Hadiah di sini tak sebesar turnamen di banyak negara lain, sih, tetapi itu cukup untuk menjadi bukti bahwa esports Indonesia mulai berkembang.
EQfqfywUUAAzwZt
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Beberapa hari lalu kami sudah membahas turnamen esports dengan hadiah terbesar di dunia. Angkanya tak main-main, yakni berkisar di antara Rp49 miliar hingga Rp504 miliar.

Memang, tak satu pun dari turnamen-turnamen tersebut yang berasal dari Indonesia. Meski begitu, hadiah pada turnamen-turnamen esports lokal tak bisa disebut sedikit.

Faktanya esports dalam negeri tengah berkembang pesat. Pemicunya adalah jumlah audiens yang besar hingga tim-tim profesional yang mulai menjamur. Seiring dengan itu, turnamen-turnamen juga kian banyak muncul.

Nah, lima turnamen esports berikut ini adalah turnamen-turnamen dengan hadiah terbesar di Indonesia. Apa saja?

ESL National Championship

ESL National Championship adalah turnamen esports yang mempertandingkan Dota 2 dan Arena of Valor. Turnamen ini berjalan dalam format grup, sebelum berlanjut menjadi single round-robin saat menyisakan delapan tim terbaik. Ada hadiah sebesar Rp1,4 miliar yang diperebutkan.

Piala Presiden

Setelah esports hadir di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, keberadaannya sebagai cabang olahraga kian diakui. Berangkat dari situ, pemerintah Indonesia menghelat turnamen bertajuk Piala Presiden. Turnamen ini memperebutkan total hadiah Rp1,5 miliar.

Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 3 2019

MPL hadir guna memfasilitasi besarnya animo masyarakat Indonesia akan game Mobile Legends. Moonton sendiri yang mensponsori turnamen tersebut. Pada season 42019, turnamen ini menyertakan total hadiah mencapai Rp4,25 miliar.

Baca juga:  5 Hal yang Buktikan Aspek Olahraga pada Esports

Mobile Legends Professional League (MPL) Season 6 2020

Yup, ini adalah turnamen yang sama dengan daftar sebelumnya. Yang jadi pembeda total hadiahnya. Jika tahun lalu menyertakan hadiah sebesar Rp4,25 miliar, pada 2020 hadiahnya berlipat menjadi Rp4,5 miliar, tepatnya pada Season ke-6.

Free Fire Champions Cup 2020

Sejak 2019 Piala Presiden jadi turnamen esports terbesar yang dihelat pemerintah. Namun, awal 2020 status itu jadi milik Free Fire Champions Cup. Turnamen ini diselenggarakan oleh Menparekraf Wishnutama Kusubandio dengan total hadiah Rp8,18 miliar.

***

Itulah turnamen-turnamen esports Indonesia dengan hadiah terbesar. Tak sebesar turnamen-turnamen di banyak negara lain, sih, tetapi itu cukup untuk menjadi bukti bahwa industri esports Tanah Air mulai berkembang.