in ,

Tips Menggunakan Oktyabrskaya Revolutsiya World of Warships

Oktyabrskaya Revolutsiya merupakan kapal premium tier 5. Kapal ini adalah salah satu kapal milik Uni Soviet di game World of Warships. Karena tech tree Uni Soviet adalah tech tree yang cukup berbeda dari kapal-kapal di tech tree lainnya, kapal yang satu ini tidak kalah uniknya dengan mereka.

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk belanja dengan harga diskon

Oktyabrskaya Revolutsiya atau dalam bahasa Indonesia berarti “Revolusi Oktober” merupakan kapal perang premium sekaligus kapal perang Uni Soviet pertama yang muncul di game. Melalui artikel ini, saya akan membahas lebih jauh mengenai kapal tersebut.

Layout

Layout dari kapal ini terlihat berbeda dari semua kapal perang tier 5 yang ada di tech tree negara lain. Jika kebanyakan kapal perang di tier 5 memiliki lay out 2 tembakan di 4 turret atau 2 tembakan di 5 turret, Oktyabrskaya Revolutsiya memiliki 3 tembakan di 4 turret. 

Tidak Hanya itu, penempatan turret di Oktyabrskaya Revolutsiya juga berbeda. Kapal ini memiliki satu turret di depan, satu turret dibelakang bridge atau anjungan kapal, satu turret di belakang cerobong asap, dan satu turret di bagian belakang kapal.

Alhasil, ketika pengguna kapal ini menembak kapal musuh yang ada di depannya, ia hanya bisa menembakan 3 dari 12 tembakan yang dimilikinya. Beda dengan kapal perang lain di tier sama yang memiliki 2 turret di depan dan setidaknya 2 turret di belakang (jumlah tergantung dari jumlah turret yang dimiliki kapal).

Spesifikasi

Mari kita masuk ke spesifikasi kapal. Kapal ini memiliki kaliber tembakan yang sebanding dengan kapal perang lainnya di tier yang sama, yaitu 305mm. Hanya Kongou dan New York yang memiliki kaliber yang lebih besar: 356mm.

Meski begitu, kapal ini memiliki jumlah tembakan terbanyak di tier 5, yakni 12 tembakan secara keseluruhan. Dengan jumlah yang besar, tembakan salvo dari kapal ini akan membuat musuh ketakutan jika semua peluru mengenai sasaran. Waktu reload kapal ini adalah 32 detik di mana waktu ini cukup standar untuk tier 5.

Jarak tembak kapal ini juga cukup jauh, yakni hingga 16.83 km alias hampir 17 km! Namun, perlu kamu ingat bahwa kapal ini bukanlah sniper, yang akan kita bahas nanti.

Ada satu hal yang cukup penting bagi kapal perang, yaitu kecepatan untuk mendekati atau menjauhi pertempuran. Nah, kecepatan kapal ini termasuk sebagai tercepat ketiga di tier lima. Dengan kecepatan maximum 23 knot, kapal ini dapat pergi menjauhi pertempuran jika memang terpaksa tanpa takut terkejar oleh kapal perang lainnya. Hanya Kongou dan Giulio Cesare yang dapat mengalahkan kapal ini.

Consumable

Consumable yang dimiliki Oktyabrskaya Revolutsiya ini sebenarnya hampir sama dengan consumable kapal perang lainnya di tier yang sama atau tier lebih rendah, yaitu:

  1. Damage Control Party yang berfungsi untuk memperbaiki kapal apabila kapal terbakar, flooding atau mengalami kebanjiran akibat torpedo atau tebrakan dengan kapal musuh, dan juga untuk memperbaiki armamen kapal yang rusak.
  2. Repair Party yang berfungsi untuk menambah HP kapal secara berkala.

Yang membedakan consumable kapal ini dari kebanyakan kapal perang di tech tree negara lainnya adalah Damage Control Party. Di dalam tech tree Uni Soviet, kapal perangnya memiliki Damage Control Party yang terbatas penggunaannya, sedangkan di tech tree lain, penggunaan consumable ini tidak terbatas. Alhasil, para pengguna kapal perang Uni Soviet harus pintar mengatur penggunaan consumable tersebut.

Cara menggunakan Oktyabrskaya Revolutsiya

1. Ketahui Layout Tembakan dan Turret Kapal

Jika kita ingat baik-baik, kapal ini hanya memiliki 1 turret di bagian-bagian kapal. Jadi di dalam pikiran kita pasti akan terlintas bahwa untuk mengeluarkan semua kekuatan tembak kapal ini, harus dilakukan dari samping. Namun, posisi ini akan sangat membahayan kapal. Kenapa? Karena bagian samping kapal adalah titik lemah kapal.

Jadi bagaimana caranya untuk menembakkan semua tembakan kita tanpa harus menunjukkan bagian samping kapal kita ke musuh? Caranya adalah angling atau memiringkan lambung kapal kita dari musuh. Dengan begitu, semua turret kita dapat mengarah ke target dan efektivitas armor kapal kita akan bertambah.

2. Pahami kerusakan kapal

Kalian ingat bahwa damage control party kapal ini memiliki penggunaan yang terbatas? Untuk menggunakannya dengan efektif, kalian harus bisa menganalisa kerusakan kapal kalian. Pengguna yang berpengalaman tidak akan menggunakan itu kecuali saat keadaan terdesak. Contohnya, saat kapal kalian terbakar, dan hanya satu bagian kapal yang terbakar, pengguna baru pasti akan langsung menggunakan damage control party untuk memadamkan api.

Namun, apa yang terjadi jika kapal kalian tebakar lagi? Benar, kalian perlu menunggu beberapa saat agar cooldown dari consumable ini selesai dan memakainya lagi. Meski begitu, ini akan membuat kalian kehabisan damage control party terlalu cepat. Jadi, sebaiknya gunakan apabila kalian benar-benar merasa dalam bahaya.

Situasi mendesak yang diperbolehkan menggunakan damage control party dengan cepat adalah:

  1. Kapal terbakar di dua atau lebih bagian kapal.
  2. Kapal kalian banjir akibat torpedo kapal musuh. Sama seperti terbakar, banjir akan mengurangi HP kapal kalian perlahan. Namun, ada satu perbedaan, yakni banjir akan memperlambat gerakan kapal kalian.
  3. Mesin atau kemudi kapal kalian rusak di saat kalian sedang adu tembak dengan kapal musuh, terutama dengan kapal penjelajah yang memiliki reload yang lebih cepat daripada kapal perang.

Selain tiga situasi di atas, ada baiknya jika kita menghemat penggunaan consumable penting yang satu ini.

3. Upgrade

Oktyabrskaya Revolutsiya memilik 3 slot Upgrade. Nah, saya akan memberikan Upgrade yang cocok per slot yang tersedia. Slot pertama adalah Main Armaments Modification 1. Upgrade ini memberikan pertahanan tambahan pada armamen yang ada di kapal. Upgrade ini juga mengurangi waktu perbaikan armamen kapal yang rusak dan juga mengurangi resiko armamen kapal dirusak oleh kapal musuh

Slot kedua adalah Damage Control System Modification 1. Karena penggunaan damage control party yang terbatas, upgrade ini sangat berguna. Upgrade ini akan mengurangi resiko kapal mengalami kebanjiran akibat torpedo musuh dan juga mengurangi resiko kapal terbakar akibat tembakan musuh.

Slot ketiga memiliki pilihan antara Aiming System Modification 1 dan Main Battery Modification 2. Untuk masing-masing upgrade, akan saya jabarkan secara singkat:

  1. Aiming System Modification 1: Upgrade yang berfungsi untuk mengurangi dispersi tembakan utama sebanyak 7%. Artinya, upgrade ini akan membuat tembakan kapal semakin akurat. TIdak hanya itu, ada beberapa aspek dari kapal ini yang dapat kalian tingkatkan dengan upgrade ini. Namun, karena ini tier 5 dan sumber kekuatan utama adalah dari kekuatan dan jumlah tembakan kapal, maka yang terpenting dari upgrade ini adalah akurasinya.
  2. Main Battery Modification 2: Upgrade ini berfungsi untuk menambah kecepatan putaran turret kapal. Karena kapal ini memiliki putaran turret yang sangat lambat, upgrade ini akan sangat membantu berkat adanya tambahan 15%  kecepatan tambahan untuk memutar turret kapal. Hanya saja, reload tembakan akan naik selama 1,6 detik.

4. Commander Skill

Ada 4 level commander skill yang dapat kalian pilih untuk meningkatkan performa kapal kalian.

Level 1: 

  1. Emergency Repair Specialist yang berguna untuk mengurangi cooldown consumable sebesar 3%.
  2. Gun Feeder yang berguna untuk mengurangi waktu reload saat mengganti tipe peluru (armour piercing – high explosive atau sebaliknya) sebesar 50%.

Level 2:

  1. Grease the Gears yang berguna untuk mempercepat putaran turret sebesar 20%.
  2. Priority Target yang berguna untuk memberitahu kalian berapa banyak kapal yang mengarahkan turret-nya ke kapal kalian.
  3. Vigilance yang berguna untuk membantu kalian mendeteksi torpedo lebih awal agar kalian memiliki waktu tambahan untuk bermanuver menghindari torpedo. Upgrade ini juga akan memberikan kalian proteksi tambahan dari torpedo sebesar 7.

Level 3: 

  1. Adrenaline Rush yang berguna untuk mengurangi reload semua armamen kapal sebesar 0,2% setiap kali kapal kehilangan 1% dari HP.
  2. Basics of Survivability yang berguna untuk memberikan 15% pengurangan waktu terbakar, banjir, dan pengurangan waktu untuk memperbaiki armamen yang rusak.
  3. Super-Heavy AP Shells yang berguna untuk menambah damage yang diberikan dari peluru Armour Piercing sebesar 7.5%.

Level 4: 

  1. Concealment Expert yang berguna untuk memberikan 10% tambahan untuk statistik concealment kapal.
  2. Fire Prevention Expert yang berguna untuk mengurangi resiko terbakar sebesar 10% dan mengurangi jumlah bagian kapal yang dapat terbakar dari yang normalnya 4 bagian ke 3 bagian.
  3. Emergency Repair Expert yang berguna untuk memberikan 1 extra jumlah pemakaian consumable (normalnya kapal perang Uni Soviet hanya bisa memakai Damage Control Party sebanyak 3 kali. Dengan commander skill ini, mereka dapat menggunakannya sebanyak 4 kali).
  4. Close Quarters Combat yang berguna untuk memberikan 10% pengurangan waktu reload tembakan utama saat musuh berada dalam jangkauan jarak deteksi kapa.

Itulah tips, upgrade, dan commander skill yang dibutuhkan saat menggunakan Oktyabrskaya Revolutsiya di World of Warships.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings