Tier List Makanan Khas Lebaran: Mana yang Terbaik?

Lebaran sebentar lagi...
Ketupat, salah satu makanan khas lebaran.
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran identik dengan makanan khasnya. Mulai dari kue-kuean hingga sayur dan lauk-pauk. Jenisnya macam-macam, tetapi tujuh makanan di bawah ini termasuk yang paling populer. Kami coba mengurutkan makanan khas lebaran berdasarkan tier list atau pemeringkatan yang lazim di video game.

Lemang (D Tier)

Bentuknya seperti lontong. Namun, bahan dan proses pembuatan lemang sangat berbeda. Lemang terbuat dari beras ketan dengan perpaduan santan yang dibungkus menggunakan bambu saat dimasak. Kamu bisa memakannya secara langsung atau dicocol ke saos srikaya. Duh.

Rasanya yang unik bikin lemang cocok untuk jadi makanan lebaran. Namun, ini enggak terlalu umum. Lemang hanya populer di beberapa daerah, terutama masyarakat Melayu di kawasan Sumatera dan Kalimantan. Oleh karena itu, lemang tergolong D tier.

Semur Daging (C Tier)

Bahkan lewat aromanya saja kita bisa ngiler seketika. Begitulah semur daging. Aroma pekatnya berasal dari berbagai jenis rempah-rempah. Ketika makanan ini bertemu dengan lidah, yang paling kita rasakan adalah manis gurih sehingga cocok dimakan dengan nasi hangat.

Baca juga:  Ini Dia! Daftar Game Open World PC Terbaik

Beberapa orang memadukannya dengan kentang untuk mengganti nasi. Sebagian lagi lontong atau ketupat. Khusus yang satu ini, biasanya akan kita lihat pada momen lebaran Idul Fitri. Namun, ini bukanlah makanan ‘wajib ada’ selama Hari Kemenangan tersebut.

Rendang (B Tier)

Makanan paling lezat di dunia. Begitu kata orang-orang soal rendang. Meski berasal dari Minangkabau, menu ini sudah me-Nasional. Rasanya kita bisa menemukannya dengan gampang, terutama karena kehadiran warung makan Padang yang juga menjamur.

Pada momen lebaran, rendang juga cukup sering terlihat. Namun, seperti semur, ini juga bukan makanan yang pasti ada. Barangkali karena proses memasaknya yang lama dan rumit, orang-orang cenderung lebih suka memasak makanan lain ketimbang rendang.

Nastar (A Tier)

Nastar jadi salah satu makanan yang kerap terlihat kala lebaran. Bahan dan proses memasaknya yang enggak rumit bikin orang-orang kerap menyajikan kue ini. Jika malas bikin sendiri, kamu bisa membelinya di beberapa toko kue yang biasanya menjamur jelang lebaran.

Baca juga:  4 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari It Takes Two

Berbahan dasar terigu, nastar punya rasa yang ringan: Manis, gurih, berpadu dengan tekstur yang renyah. Dengan begini, kamu bisa memakan nastar sambil minum apa pun, baik dingin mau pun panas. Sangat cocok disajikan pada hari lebaran. 

Opor Ayam (S Tier)

Rendang boleh saja lebih populer. Namun, pada masa lebaran, justru opor ayam yang jadi juaranya. Makanan berbahan dasar ayam yang dipadukan dengan santan ini sangat popupelr kala lebaran tiba. Mau makan opornya aja? Bisa. Campur nasi? Bisa. Sama lontong? Apalagi ini.

Berbeda dengan rendang, opor tak membutuhkan begitu banyak rempah. Ini membuat rasanya jadi jauh lebih ringan. Proses memasaknya juga terbilang gampang. Tak ayal jika kemudian opor ayam menjadi makanan wajib ketika hari lebaran tiba.

Ketupat (S Tier)

Makanan wajib lebaran lainnya adalah ketupat. Karena ini wajib, rasanya kurang afdol lebaran kalau tak mencicipinya. Bahkan, ketupat ibarat simbol lebaran. Lihat saja poster-poster ucapan selamat Idul Fitri yang biasa menyelipkan gambar ketupat.

Ketupat sendiri berbentuk nasi yang padat dan lembut. Untuk memakannya, kamu bisa memadukannya dengan makanan lain seperti opor ayam, rendang, sate, hingga sambal goreng. Barangkali inilah yang jadi alasan orang-orang selalu menyajikan ketupat saat lebaran.

Baca juga:  Link Download X8 Speeder Tanpa Iklan Terbaru

Khong Guan (S Tier)

Enggak tahu tepatnya sejak kapan, tetapi sejak dulu kaleng biskuit Khong Guan sering nongol tiap kali lebaran. Beberapa menyajikan kaleng Khong Guan dengan isi aslinya alias baru beli. Sebagian lagi kalengnya doang yang isinya bisa rengginang, opak, kerupuk, dan makanan sejenisnya.

Yang begini enggak terlalu sering, sih. Namun, jika ada rumah yang menyajikan kaleng Khong Guan, para tamu bakal menebak-nebak apakah isinya betulan biskuit atau justru cuma tipu-tipu. Ini memberi keseruan tersendiri pada hari lebaran.

Itulah tier list tujuh makanan khas lebaran. Tentu, semuanya versi kami dan ini sangat subjektif. Sebab, pada dasarnya makanan adalah perkara selera.

***

Top up diamond Free Fire, ya, di itemku! Udah hemat, gampang, cepat pula. Langsung cus aja!

Untuk press release, iklan, dan kerja sama lainnya dapat mengirim email ke anggasp@fivejack.com.