Masih bingung dengan Skor Toko? Simak Penjelasannya

Banner_Skor_Tokoku
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hai Juragan!

Selain rating dan transaksi sukses, kualitas kamu sebagai penjual di itemku kini bisa diukur dengan Skor Toko, lho!

Apa itu Skor Toko?

Skor Toko adalah poin yang digunakan untuk mengukur performa toko di itemku secara keseluruhan. Skor ini menggunakan skala 1-100. Semakin tinggi skornya, itu berarti toko kamu semakin berkualitas.

Bagaimana menghitung Skor Toko?

Penghitungan Skor Toko dilakukan dengan melibatkan rating toko dan rasio transaksi sukses selama 7 (tujuh) hari terakhir. Untuk mendapatkan Skor Toko, sistem akan mencari rata-rata dari jumlah rating toko dan rasio transaksi sukses.

Angka rating toko dikonversi dari skala (bintang) 1-5 menjadi persentase. Artinya, rating 3,5 sama dengan 70%. Namun, dalam penghitungan Skor Toko, baik rating toko (yang sudah dikonversi) maupun rasio transaksi sukses (sudah dalam persentase) diperlakukan seperti bilangan bulat.

Masih bingung? Ini contoh kasusnya

Adianto adalah seorang juragan digital yang punya toko di itemku bernama CV Maju Jaya. Selama tujuh hari terakhir, CV Maju Jaya mendapatkan rata-rata rating toko 4 bintang (80%) dengan persentase keberhasilan transaksi 100%.

Artinya, Skor Toko CV Maju Jaya adalah (80+100)/2, atau 90. Dalam skala 1-100, skor ini termasuk sangat tinggi. Selamat, Adianto!

Tips Menjaga Skor Toko

Perlu kamu ingat, Skor Toko adalah skor yang dinamis. Ia berubah seiring waktu dan bertambahnya jumlah transaksi kamu. Karena itu, kamu perlu menjaga agar Skor Toko kamu tetap tinggi. Berikut beberapa tipsnya:

  • Berikan pelayanan terbaik agar pembeli memberikan rating tinggi/bintang lima
  • Hindari pembatalan pembelian karena kesalahan penjual
  • Pastikan stok yang kamu cantumkan di itemku sesuai dengan stok yang sebenarnya

Dengan mengikuti tips tersebut, mudah-mudahan kamu bisa menjadi juragan digital yang berprestasi di itemku. Selamat berjualan!

Rekomendasi