Mengintip Sejarah Terbentuknya MPL ID

logo mpl
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Player dan Komunitas Mobile Legends di Indonesia berkembang begitu pesat. Hingga beberapa tim esports Indonesia terus bermunculan dan bahkan mampu meraih juara di kancah internasional. Lantas, nama Indonesia kini terkenal sebagai salah satu negara yang menyumbangkan pemain esports Mobile Legends terbanyak di dunia. Inilah yang akhirnya melatarbelakangi lahirnya MPL ID atau Mobile Legends Professional League Indonesia, sebuah kompetisi Mobile Legends tertinggi di Indonesia.

Asal-usul MPL ID

Sejarah awal MPL ID bermula pada 2017. Saat itu, ML Southeast Asia Cup (MSC) untuk pertama kalinya berlangsung di Gandaria City, Jakarta. Turnamen ini bertujuan mencari para calon pemain yang akan mewakili Indonesia di kancah internasional. Rupanya, kala itu banyak sekali peminat Mobile Legends yang datang meramaikan acara. Media sosial sampai geger.

Baca juga:  Siapa Rusher Terbaik PUBG?

Berangkat dari antusiasme fans Mobile Legends inilah, Moonton selaku pengembang dan publisher Mobile Legends tertarik menyelenggarakan MPL ID. Hari ini, kita mengenalnya sebagai liga esports profesional yang bertujuan mengembangkan industri esports, khususnya Mobile Legends, di Indonesia.

MPL ID di Taman Anggrek
MSC di Jakarta. Foto: SINDONews

Maka pada 2018, sejarah MPL ID musim pertama resmi digelar. Online Qualifier MPL ID Season 1 setidaknya diikuti oleh sekitar 2000 tim. Hingga akhirnya terpilihlah 10 tim terbaik yang akan beradu dalam fase liga.

Perubahan Peraturan MPL ID

MPL ID membuat penyesuaian untuk beberapa peraturan game yang ada. Salah satunya adalah berubahnya sistem kualifikasi. Kini, sistem kualifikasi terbuka sudah tidak berlaku lagi. Moonton lantas memberlakukan sistem invitational, dengan cara mengundang para pemenang MPL musim sebelumnya untuk bertanding ke musim yang akan datang. Perubahan konsep itu juga semakin melengkapi sejarah MPL ID.

Baca juga:  Cara Bikin Nick Name Keren di Game (Bonus 1000+ Ide Nama)

Sejarah Juara MPL ID

Musim berganti dengan musim. Pertandingan MPL ID semakin panas. Seluruh tim mempersiapkan diri untuk memenangkan pertandingan MPL ID pada tiap season-nya. Bagaimana tidak? Helatan acara MPL ID menjadi ajang esports yang paling ditunggu-tunggu. Terlebih, ada hadiah fantastis yang diperebutkan.

Namun, tahukah kamu tim mana sajakah yang berhasil menjuarai MPL ID pada tiap musimnya? Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang MPL ID sesuai dengan urutan musimnya.

Juara MPL Seasons 1 : NXL

Juara MPL Seasons 2 : RRQ

Juara MPL Seasons 3: Onic

Juara MPL Seasons 4 : Evos

Juara MPL Seasons 5 : RRQ

Juara MPL Seasons 6 : RRQ

Juara MPL Seasons 7 : Sedang berlangsung

Itulah sejarah MPL ID dan juga sejarah pemenang MPL ID. Kira-kira, siapakah pemenang MPL ID pada musim ini?

Baca juga:  Mengenal Free Fire World Series, Turnamen Esports Terbesar Garena

***

Ayo ikut prediksi kontes Mobile Legends Professional League di forum itemku dan menangkan berbagai hadiah seru khusus untuk kamu, pelanggan setia itemku!