Review Free Fire Max: Apakah Sudah Memiliki Pintu?

Setelah Free Fire Max rilis, banyak yang penasaran apakah game ini sudah memiliki pintu.
review free fire max
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

REVIEW FREE FIRE MAXFree Fire Max akhirnya rilis. Sebagaimana yang sudah digembor-gemborkan sejak awal, game ini hadir dengan kualitas animasi dan grafis yang jauh lebih oke ketimbang Free Fire versi standar. Namun, apakah sudah ada pintu di Free Fire Max?

Beli Diamond Free Fire termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Semua tahu bahwa pintu dan Free Fire sudah jadi bahasan sejak dulu. Inilah salah satu kekurangan Free Fire. Ini pula yang kerap jadi bahan ejekan sejumlah gamer dari game lain. Terlebih, Free Fire selalu dianggap sebagai game burik 8 bit yang bisa bikin sakit mata.

Nah, dengan adanya varian Max yang memang punya grafis lebih bagus dari versi standar, sangat wajar jika spekulasi tentang kehadiran pintu bermunculan. Meski begitu, saya sama sekali tidak menemukan objek pintu setelah mencoba Free Fire Max ini.

Alasan Free Fire Max tidak memiliki pintu

Menghadirkan pintu hanya di Free Fire Max bakal menjadi masalah bagi Garena. Dalam video game, pintu termasuk salah satu objek krusial yang bisa sangat memengaruhi gameplay. 

Saat ingin melewatinya, misal, kamu mesti menekan tombol tertentu terlebih dahulu. Kamu juga bisa bersembunyi di balik pintu tersebut atau bahkan menjadikannya taktik saat hendak menyerang lawan. Dengan begini, bakal jadi masalah jika Free Fire Max memilikinya, sedangkan versi standar tidak.

Baca juga:  Rekomendasi Game FPS dan TPS Terbaik untuk HP 'Kentang'

Terlepas dari itu, sejak dulu Garena memang sudah punya alasan jelas kenapa mereka tak menyelipkannya. Mereka menilai ketiadaan pintu justru bisa memudahkan para survivor selama bertempur di arena. Soalnya, pemain tidak mesti repot bolak-balik buka pintu.

Alasan kedua terkait urgensi pintu. Bagi Garena, keberadaan pintu tidak terlalu penting karena fokus game itu adalah bertempur dengan musuh untuk menjadi satu-satunya yang bertahan. Adapun, alasan ketiga adalah guna menekan biaya produksi.

Bukan hal mudah menyelipkan pintu

Menyelipkan pintu ke dalam video game genre apapun pada dasarnya memang bukan hal yang gampang. Beberapa developer game ternama bahkan sempat mengeluhkan kondisi ini lewat Twitter.

Baca juga:  Kode Redeem Free Fire 11 September 2021 yang Masih Aktif

Salah satunya Stephan Hoevelbrinks. Dia mengunggah tangkapan layar yang berisi pertanyaan dari seorang gamer melalui Discord soal masalah keberadaan pintu pada game terbarunya, Death Trash. Lewat tangkapan layar itu pula Hoevelbrinks meresponsnya.

“Menyelipkan pintu di game adalah hal rumit dan bisa menimbulkan berbagai kemungkinan bug,” tutur Hoeverbrinks.

Klaim bahwa menyelipkan pintu merupakan hal rumit semakin kuat karena banyak developer lain yang menimpali. Co-director The Last of Us 2, Kurt Margenau, termasuk salah satunya. Dia bercerita bahwa butuh waktu sangat lama untuk memasukkan objek tersebut.

“Butuh skill yang sangat bagus untuk bisa melakukannya,” tulis Margenau.

Dalam artikel berjudul The Door Problem di Kotaku, Liz England dari Ubisoft pernah mengungkapkan berbagai pertimbangan yang harus pengembang perhatikan ketika memasukkan pintu di video game. Hal tersebut seolah membuktikan bahwa ini memang tergolong hal yang rumit.

Setidaknya ada 23 pertanyaan yang menurut Liz mesti jadi pertimbangan sebelum memasukkan pintu. Beberapa di antaranya adalah ‘bisakah pintu dikunci dan dibuka’, ‘bagaimana gamer membukanya?’, ‘apakah sekadar melangkah atau mesti mendorongnya?’, ‘berapa ukurannya’, bagaimana game membedakannya’, dan lain-lain.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mencoba FF Advance Server?

Tetap hadir dengan pembaruan menarik

Meski tidak memiliki pintu, berdasarkan review kami Free Fire Max tetap hadir dengan berbagai pembaruan yang terbilang menarik. Salah satunya efek suara. Pada edisi ini, suara hentakan kaki dan tembakan mengalami perubahan yang cukup drastis ketimbang versi standar meski memang belum sempurna. 

Dari segi grafis, perubahannya lebih banyak menyasar peningkatan kualitas animasi dan grafis daripada penambahan objek. Misalnya, zona perairan dan perbukitan yang terlihat lebih realistis, kemudian ada rumput yang tampak bergoyang saat terinjak oleh karakter di dalam game.

Jika iseng, kamu bahkan bisa menembak pohon tertentu dan bakal melihat dedaunan yang runtuh akibat tembakan tersebut. Kamu juga bisa melihat perubahan lain seperti animasi saat melepaskan parasut, reload senjata, hingga yang sangat mendasar semisal merangkak, berlari, dan berjalan.

Yang menarik, ternyata versi max ini tidak menuntut spesifikasi yang kelewat tinggi seperti yang diprediksi sebelumnya. Saya sudah mencobanya di smartphone Samsung Galaxy A50S. Jalannya permainan masih sangat mulus dan halus, meski setting rata kanan semua.

Namun, ya itu tadi, kamu tak bakal menemukan pintu di Free Fire Max.

Selain Free Fire Max, kamu bisa membaca review game lain di link berikut ini: Kumpulan review game EXP.

Rekomendasi