Rekomendasi Konsol Game Terbaik 2021

Playstation 5, salah satu konsol terbaik 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Perangkat mobile gaming mungkin kini tengah populer karena kepraktisannya. Namun, rasanya kepopuleran mobile gaming belum bisa menggeser game console sepenuhnya. Saat ini, game console masih digandrungi oleh pencinta game. Pasalnya, game yang tersedia pada perangkat konsol game lebih variatif serta memberikan sensasi tersendiri saat memainkannya. Tertarik memainkan konsol game? Berikut ini kami akan membahas berbagai macam rekomendasi konsol game terbaik 2021.

Sejarah Konsol Game

Konsol game adalah sebuah mesin atau perangkat elektronik yang secara khusus dirancang untuk memainkan video game. Penampil grafik konsol game dapat berupa sebuah televisi maupun komputer, sedangkan alat pengendalinya adalah sebuah joystick atau controller yang memiliki berbagai tombol dengan sederet fitur yang berbeda. Awalnya, konsol game pertama kali hadir pada tahun 1960-an dengan produk Magnavox Odyssey. Kemudian, konsol game mulai berkembang hingga berbagai produk lainnya bermunculan seperti yang saat ini kita kenal. Ada PlayStation, Nintendo, hingga Xbox.

Konsol Game Terbaik 2021

1. Nintendo Switch

Nintendo Switch
Nintendo Switch Foto:[hd-report.com]

Sejak rilis pada 2017, Nintendo Switch berhasil mencuri perhatian khalayak gamer dari seluruh dunia. Nintendo Switch termasuk ke dalam jenis konsol game portable yang mudah dibawa ke mana saja. Desain perangkat yang unik dan ergonomis jadi faktor di baliknya. Konsol game ini bahkan memungkinkan kamu bermain sendiri maupun bersama orang lain bila kamu melepas controller joy-con.

Untuk spesifikasinya sendiri, Nintendo Switch dibekali dengan prosesor CPU Nvidia Custom Tegra. Perangkat mungil ini bahkan juga dapat menyimpan data game lebih banyak karena dapat di-upgrade hingga 2TB. Saat pertama kali kamu menyentuhnya, perangkat Nintendo Switch memberikan kesan elegan. Bagaimana tidak? Perangkat game konsol ini sudah dilengkapi dengan wireless control dan juga LCD multi touch.

2. Nintendo Switch Lite

Nintendo Switch Lite
Nintendo Switch Lite Foto:[Nintendo]

Rekomendasi konsol game terbaik 2021 selanjuntya adalah Nintendo Switch Lite. Konsol game ini pada dasarnya adalah versi terbaru dari Nintendo Switch yang hadir dengan bentuk yang lebih kecil dan ringkas. Besar layarnya hanya 5.5 inchi dengan bobot 20 persen lebih ringan dari sang pendahulunya.

Baca juga:  99 Game PC Ringan Anti Lemot (Part 1)

Perangkat konsol game dari Nintendo ini juga memiliki pilihan warna yang lebih beragam. Ada warna hijau tosca, pink, kuning dan hitam. Selain itu, kamu pun bisa memilih mode bermain handheld atau melalui perangkat televisi. Nintendo Switch Lite termasuk kategori konsol game murah karena kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 2,9 jutaan saja.

3. Sony PlayStation 5

Sony Playstation 5
Sony Playstation 5 Foto:[i-micronews]

Kehadiran Sony PlayStation 5 sempat viral di berbagai media sosial. Desain yang begitu indah serta tampilan yang tampak lebih stylish membuat perangkat konsol game ini begitu menawan. Bila dibandingkan pendahulunya yang hanya berbentuk kotak simetris yang cenderung kaku dan membosankan, tentu saja PlayStation 5 lebih unggul.

Selain itu, PlayStation 5 atau yang sering juga memiliki nama lain PS5 ini ternyata memiliki spesifikasi yang luar biasa. PS5 sudah menggunakan media penyimpanan berbasis SSD, bukan HDD. Sehingga, kecepatan load game akan lebih singkat.

Baca juga:  Kumpulan Cheat God Hand PS2 Terlengkap

Kamu juga akan merasakan kenikmatan grafis yang lebih tinggi dengan resolusi 8K (60fps) dan frame rate 4K (120fps). Tak ada lagi suara bising karena mesin konsol game yang beroperasi karena PS5 sudah memodifikasi kipas dalam perangkatnya. Untuk harga konsol game satu ini memang relatif lebih mahal yakni berkisar antara Rp 7,3 juta untuk versi digital (tanpa Blu-ray disc) dan Rp8,8 juta untuk harga PS5 versi standar (dengan slot Blu-ray disc).

4. Sony PlayStation 4 Pro

Sony Playstation 4 Pro
Sony Playstation 4 Pro Foto:[GwiGwi]

PS4 Pro memiliki banyak daftar game seru yang hadir secara eksklusif hanya di perangkatnya. Selain itu, PS4 Pro juga mendukung format resolusi 4K karena sudah dilengkapi dengan 8 buah core. Perangkat konsol game ini menggunakan GPU AMD CGN Radeon sehingga kamu bisa memainkan game lebih puas dan juga tanpa lag.

5. Microsoft Xbox One X

Microsoft Xbox One X
Microsoft Xbox One X Foto:[Insider]

Konsol game besutan Microsoft ini juga tak kalah canggihnya. Xbox One X mendukung mode VR. Xbox One juga tak main-main dalam menawarkan resolusi grafis karena perangkat ini sudah mendukung resolusi 4K dan 60fps. Microsoft juga menawaran Xbox Konsol Game Pass, yaitu layanan berlangganan game, baik secara online maupun offline. Dengan begini, kamu bisa mengunduh dan menyimpannya pada perangkat.

6. Microsoft Xbox One

Microsoft Xbox One
Microsoft Xbox One Foto:[CNN]

Generasi pertama konsol game seri Microsoft Xbox One sudah mendatangkan fitur yang luar biasa canggihnya. Perangkat konsol game ini bahkan dapat memutar DVD 4K Blu-ray dan Netflix. Microsoft Xbox One memiliki peforma gahar dengan GPU 853 Mhz AMD Radeon HD 7000 series dan CPU AMD x86-64 8 core bawaannya.

Baca juga:  Game Friv: Kumpulan Game Terbaik yang Cocok untuk Anak

7. Microsoft Xbox Series X dan S

Microsoft Xbox Series S
Microsoft Xbox Series S Foto:[Amazon.com]

Rekomendasi konsol game terbaik 2021 berikutnya masih dari Microsoft. Kali ini, namanya adalah Xbox Series X dan S. Kedua konsol ini rilis berbarengan, tepatnya akhir tahun lalu, tetapi Microsoft menghadirkannya untuk dua audiens berbeda. Xbox Series X hadir sebagai pesaing PS5 sehingga harganya relatif mahal, yakni Rp7 jutaan.

Konsol tersebut terlihat menyerupai balok. Adapun, spesifikasi Xbox Series X terbilang jauh di atas Xbox terdahulu. Mulai dari CPU yang digunakan, yakni AMD Zen 2 custom 8 core 3.8GHz, RAM 16GB GFFR6, memori internal hingga 1TB NVMe SSD, GPU AMD RDNA 2 custom 12 TFLOPs 52 CUs 1.825GHz, hingga optical drive 4K UHD Blu-ray Drive.

Sementara itu, Xbox Series S cocok untuk kamu yang dananya terbatas dan menyukai konsol terbaik yang ramping. Selain ukurannya yang lebih kecil, harga Microsoft Xbox Series S juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan series Xbox lainnya, yakni sekitar Rp4 jutaan saja. Konsol ini dibekali CPU 8X Cores, GPU 4TFLOPS, memory 10GB dan internal storage 512GB NWME SSD.

Nah, itulah dia perangkat konsol game terbaik 2021 yang bisa menjadi referensi kamu untuk berburu konsol terbaru. Tentu saja berbagai konsol game tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang jelas, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu sebelum membelinya.

***
Beli top up voucher game harga murah, mudah, dan aman hanya di itemku. Nikmati berbagai pilihan metode pembayaran yang lengkap dan pengiriman cepat yang dukung pengalaman gaming kamu lebih seru lagi. Ayo belanja voucher game favoritmu di itemku sekarang juga!