Rekomendasi Game tentang Kesehatan Mental Terbaik

Game-game ini tak cuma penting, tetapi juga menarik karena mengajak kita memahami sekaligus perhatian terhadap kesehatan mental.
gris
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hari Kesehatan Mental Dunia diperingati sejak 10 Oktober 1992. Mulanya sekadar upaya mempromosikan pentingnya kesehatan mental tanpa embel apa-apa. Namun, dua tahun berselang, Federasi Kesehatan Mental Dunia (WFMH) sepakat menetapkan tema khusus pada tiap tahunnya.

Nah, tahun ini, 10 Oktober 2020, tema yang dibawa adalah ‘Meningkatkan Investasi dalam Kesehatan Mental’. itemku turut mengajak untuk menerapkannya sekaligus menyajikan rekomendasi game tentang kesehatan mental terbaik yang bisa kamu mainkan.

Gris

Game ini bercerita tentang Gris, seorang perempuan yang baru saja ditinggal ibunya. Sebagai Gris, kita akan berhadapan dengan 5 tahap kesedihan yang mesti dilewati, yakni penolakan (denial), kemarahan (anger), penawaran (bargaining), depresi (depression), dan penerimaan (acceptance).

Baca juga:  Riset: Mereka yang Kecanduan Game Memiliki Risiko Depresi yang Rendah

Platform: Android, Nintendo Switch, PlayStation 4, PC

That Dragon, Cancer

Game ini diangkat dari kisah nyata seorang bocah bernama Joel Green. Ia mengidap kanker parah hingga akhirnya meninggal pada usia lima tahun. Nah, kita akan diajak mengikuti kisah Green dan orang tuanya kala berjuang melewati hari-hari kelam.

Platform: Android, PC

Hellblade: Senua’s Sacrifice

Ini soal Senua yang berpetualang ke Helheim untuk menyelamatkan kekasihnya dari dewa bernama Hela. Ia tak cuma bakal berhadapan dengan banyak monster, tetapi juga berbagai trauma di kepalanya. Di titik ini kita dibikin untuk lebih berempati dengan mereka yang mengidap penyakit mental.

Platform: PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, PC

Baca juga:  Daftar Game Survival Terbaik untuk Android Tahun 2021

Night in the Woods

Game diawali dengan karakter Mae Borowski yang baru saja putus sekolah. Ia bakal merenungi apa yang mesti dilakukan berikutnya dan akan bertemu dengan banyak karakter lain. Nah, tiap karakter tersebut punya masalah dan perjuangan sendiri menyangkut kesehatan mental.

Platform: Nintendo Switch, Xbox One, PlayStation 4, PC

Depression Quest

Ketimbang empat game sebelumnya, game ini lebih sederhana karena hanya berbasis teks. Tugas kita melewati waktu sebagai seseorang yang tengah depresi. Akan ada berbagai opsi sulit yang mesti dipilih sebagai upaya mempertahankan banyak hal dalam hidup, seperti pekerjaan dan lingkaran pertemanan.

Platform: PC

Itulah beberapa game tentang kesehatan mental yang bisa kamu mainkan. Game-game tersebut tak cuma menarik, tetapi juga penting sebab mengajak kita lebih memahami sekaligus perhatian terhadap mereka yang mengidap penyakit mental.