Rekomendasi Game Pekan Ini: West of Loathing

Sebagai parodi, game ini berhasil. Sebagai game itu sendiri, game ini juga berhasil.
West of Loathing
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kita yang hidup di zaman sekarang akrab dengan game-game RPG yang punya grafis super detail. Tak perlu jauh-jauh mengingat. Cukup sebut Genshin Impact, game PlayStation 4, Xbox, dan mobile yang rilis akhir tahun lalu.

Beli voucher Steam Wallet termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Berikutnya, mari toleh West of Loathing dan kita akan merasakan hal yang jauh berbeda. Rilis pada 2017, game RPG satu ini mengusung grafis yang kesannya begitu sederhana. Simak saja penggunaan warna yang hitam putih penuh.

Baca juga:  Alasan Kamu Harus Mematikan Mic saat Main Game

Barangkali kita bisa dengan cepat menyimpulkan bahwa ini adalah RPG yang malas. Selain warna yang monokrom, karakter pada game juga hanya berupa stick-man. Adapun, unsur-unsur lain terlihat seperti hasil lukisan yang kasar.

Namun, justru di sana menariknya. Visual sederhana adalah cara Asymmetric, pengembang game West of Loathing, untuk menyajikan game yang mendobrak batas-batas. Sebuah game yang mengajakmu bersenang-senang.

West of Loathing

Latarnya adalah sebuah dunia fiksi bernama Kingdom of Loathig, kawasan Weird Western. Di sini kita akan berperan sebagai seorang koboy dengan rupa stick-man yang pergerakannya amat fleksibel.

Fleksibilitas itu sendiri hadir untuk mendukung inti dari game ini, yakni game petualangan yang dibalut komedi-komedi absurd. Ini menjadikan West of Loathing sebagai game yang super menghibur.

Baca juga:  Fakta Mengejutkan dari Daftar Karakter GTA 5 Ini Bikin Kamu Melongo

Akan kita temukan berbagai detail kecil yang berfungsi sebagai bagian dari humor sekaligus petunjuk pada game. Ada pula teks narasi yang sebetulnya penting tetapi bisa membuatmu terkekeh-kekeh tak berhenti.

Pada titik tertentu kita lantas akan merasa game ini ibarat sebuah parodi RPG. Bahwa kita bisa amat terhibur sepanjang game berjalan, jadi bukti keberhasilan parodi tersebut.

Namun, West of Loathing tak cuma berhasil sebagai parodi. Sebagai sebuah game secara kesatuan, ia juga berhasil. Rolling Stone pada 2017 bahkan menyebutnya sebagai salah satu game terbaik tahun itu.

Kita bisa membuktikan klaim Rolling Stone dengan memainkannya sendiri. West of Loathing tersedia di platform Windows, macOS, Nintendo Switch, Linux, Stadia, dan iOS. Tertarik mencoba rekomendasi game dari EXP pekan ini?

Rekomendasi