Rekomendasi Game Pekan Ini: Islanders

Efisiensi jadi hal yang kamu rasakan begitu memainkan game ini. Islanders namanya, game simulasi bangun-membangun di pulau kecil nan indah.
Islanders
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Efisiensi jadi hal yang paling kamu rasakan begitu memainkan game keluaran Grizzly Games. Islanders namanya, sebuah game simulasi bangun-membangun di pulau kecil nan indah. Itu, misalnya, terlihat dari konsep bangun-membangun sesuatu di sini.

Jika game simulasi kota pada umumnya ‘haram’ membangun gedung atau kompeks perumahan secara berdekatan, Islanders tak demikian. Kamu bisa membangun di manapun dan malah bakal meraih poin bila menempatkannya tak jauh dari bangunan lain.

Meski begitu, ‘tak jauh’ di sini tidak sesederhana kedengarannya. Poinmu baru akan bertambah jika bangunan tersebut berada di dekat bangunan lain yang kira-kira bisa saling menguntungkan secara fungsi. So, enggak asal-asalan membangun.

Contohya begini. Sebutlah kamu membangun tempat penggergajian di sekitar tukang atau penebang kayu. Nah, ada konsep saling menguntungkan di sana sehingga bangunan tersebut bakal lebih optimal fungsinya. Inilah yang namanya efisiensi. Poinmu pun bertambah.

Baca juga:  Enggak Semua Game Punya Microtransaction, 10 Game PC Ini Buktinya

Sebaliknya, bila kamu menempatkan sebuah bangunan di tempat yang kira-kira tak bakal optimal, akan ada hukuman yang kamu terima. Artinya ada dua hal yang mesti diperhatikan. Selain mencari poin sebanyak mungkin, kamu mesti menghindari hukuman.

Islanders

Segala proses bangun-membangun itu sendiri terjadi di sebuah pulau. Karena ukurannya kecil, kamu tak butuh waktu lama untuk memenuhi tiap sudutnya. Alhasil, kamu mesti pindah ke pulau lain yang lebih besar, memulai semuanya dari awal lagi.

Akan ada haru saat kamu pergi ke pulau baru. Apalagi bila pulau yang kamu tinggalkan berisi bangunan yang benar-benar sesuai keinginan, baik secara fungsi maupun estetika. Sebaliknya, kamu bisa saja malah sumringah lega jika pulau yang ditinggalkan tidak sesuai ekspektasi.

Baca juga:  Game Android Nomor 1 di Indonesia. Apa Saja Ya?

Nah, kondisi yang kedua itu biasanya terjadi karena tak hadirnya fitur undo pada game. Jadi ketika kamu mulai membangun sesuatu, proses tersebut tak bisa lagi dibatalkan. Ini jadi salah satu kekurangan Islanders, meski bisa juga dianggap sebagai upaya membuatmu lebih teliti.

Kekurangan lain adalah tak adanya fitur zoom. Ini kekurangan paling krusial sebab game-game simulasi biasanya selalu menyertakan fitur tersebut. Namun, hal itu harusnya tak bakal mengurangi keseruan dan kesenangan yang disajikan Islanders.

Kamu dapat memainkannya lewat Steam dengan harga Rp49.000. Harga yang rasanya cukup fair mengingat apa yang game ini tawarkan. Terlebih, Islanders menyajikan sesuatu yang jarang kamu lihat di game bangun-membangun pada umumnya.