in

Rayakan 15 Desember Hari Wibu Sedunia dengan 4 Anime Adaptasi Game Terbaik

15 desember hari wibu sedunia

Sebagian orang menganggap 15 Desember Hari Wibu Sedunia. Macam-macam sebutannya. Selain Hari Wibu Sedunia, ada yang menyebutnya sebagai Weaboo Day, hingga International Otaku Day. Namun, apakah benar 15 Desember merupakan hari besar bagi para wibu?

Dapatkan akun iQiyi untuk nonton anime favorit hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Buat yang belum tahu, Apa itu Wibu? Wibu adalah istilah yang kerap disematkan kepada mereka yang menggemari komik dan anime Jepang. Istilah itu sendiri berasal dari kata weaboo. Istilah itu pertama kali muncul dalam komik Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch. 

Sebenarnya kata ini tidak memiliki makna apapun. Namun, sekitar 2000, istilah wibu mulai jamak digunakan untuk menyebut orang-orang yang tergila-gila dengan anime. Istilah wibu menggantikan sebutan wanna be japanese yang disingkat wapanese.

Apakah 15 Desember Hari Wibu Sedunia?

Tak jelas apa alasan 15 Desember dianggap sebagai hari wibu. Soal adanya momen atau event besar pada hari itu pun, sama sekali tidak ditemukan sejarahnya. Besar kemungkinan ini berasal dari salah satu komunitas di media sosial hingga akhirnya tersebar ke komunitas-komunitas lain.

Pada akhirnya banyak yang percaya bahwa 15 Desember benar-benar hari wibu. Jika kamu termasuk salah satunya, apalagi jika kamu seorang wibu, kamu bisa merayakannya dengan menonton anime hasil adaptasi video game yang EXP rangkum berikut ini.

Daftar anime adaptasi video game

1. Persona 4

Anime pertama berasal dari game Persona 4. Persona 4 mampu melampaui popularitas seri-seri Persona terdahulu. Inilah yang akhirnya bikin Atlus coba menghadirkan versi animenya pada 2011. Seperti versi game, anime Persona 4 juga mendapat banyak respons positif.

Meski begitu, anime ini berusaha menyajikan sesuatu yang berbeda. Ada jalan cerita yang lebih kompleks hingga keberadaan karakter Yu Narukami, yang di dalam game cuma Silent Protagonist, jadi lebih dominan di versi anime. Anime ini cocok kamu tonton untuk merayakan Hari Wibu Sedunia pada 15 Desember.

2. Sengoku Basara

Ada aroma fighter dalam Sengoku Basara, sebuah game yang cukup populer pada masanya. Mirip-mirip Street Fighter yang juga berasal dari studio serupa, Capcom. Bedanya, Sengoku Basara mengusung genre crowd fighting game seperti Dynasty Warriors 2.

Pada 2009, Sengoku Basara muncul sebagai anime, yang jadi bukti betapa kompleks plot yang ada di dalam game. Bercerita tentang zaman feodal Jepang saat para jendral bertarung memperebutkan kekuasaan, anime ini mendapat respons positif dari para penggemar.

3. Inazuma Eleven

Anime hasil adaptasi game berikutnya adalah Inazuma Eleven. Sebagai anime sepak bola, Inazuma Eleven memang tak sepopuler Captain Tsubasa. Namun, para penggemar tetap menyambut positif kehadiran anime yang diadaptasi dari game untuk konsol Nintendo DS ini.

Rilis pada 2008, Inazuma Eleven bercerita tentang Mamoru Endou, kiper yang merupakan cucu dari salah satu kiper legendaris Jepang. Sayangnya, Mark kesulitan menemukan pemain sepak bola di sekolahnya. Anime ini akan banyak menyoroti kisah Mark dan tim sepak bolanya.

4. Pokemon

Kerja keras Satoshi Tajiri dalam menggarap Pokemon terbayar tuntas. Setelah dirancang sejak akhir 80-an, game yang rilis pada 1996 untuk Game Boy ini berhasil meraih kesuksesan komersil maupun kritis. Kesuksesan itu membawa Pokemon hadir dalam wujud anime.

Dibandingkan dengan judul-judul anime adaptasi game sebelumnya, Pokemon adalah anime yang popularitasnya mampu menyamai versi game. Mulai tayang pada 1997, anime ini berkisah tentang Ash Ketchum dalam petualangannya menjadi seorang Pokemon Master.

Game Pokemon hingga sekarang pun masih terus berinovasi mengeluarkan versi-versi terbarunya dan tentunya peminatnya masih sangat banyak sampai sekarang.

Demikian penjelasan EXP mengenai fakta di balik 15 Desember Hari Wibu Sedunia. Meski kebenarannya masih diragukan, tak ada salahnya jika kamu ingin merayakannya, termasuk dengan menonton anime-anime yang diadaptasi dari video game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

One Comment