eFootball Mobile: Analisis Pelatih R. Rangnick

ralf rangnick pes mobile

Formasi 4–2–3–1 adalah salah satu formasi populer di sepak bola saat ini. Di eFootball PES Mobile, Ralf Rangnick atau R. Rangnick termasuk pelatih yang menggunakan skema tersebut. Dalam guide ini, kamu akan menemukan penjelasan ringkas mengenai kelebihan, cara menggunakan, dan cara menghadapi formasi pelatih asal Jerman ini.

Mau beli pemain di eFootball PES Mobile 2021? Top-up voucher Google Play di itemku dulu. Klik di sini untuk mulai belanja! 

Profil

Prestasi Ralf Rangnick bisa dilihat dari betapa banyaknya pelatih top yang menganggapnya sebagai guru. Nama-nama seperti Julian Nagelsman, Thomas Tuchel, hingga Marco Rose menjadikan pelatih Manchester United itu sebagai panutan. Bahkan, Jurgen Klopp menyebut gaya sepak bola Rangnick sebagai inspirasi bermain timnya.

Gaya main tersebut adalah sepak bola yang mengutamakan counter-pressing dengan intensitas tinggi. Itulah kenapa, tim yang dilatih nama-nama tersebut mewajibkan para pemainnya untuk aktif bergerak. Secara singkat, Rangnick menyederhanakannya sebagai sepak bola yang cepat, vertikal, dan bukan tiki-taka.

Kelebihan

Di PES Mobile, Rangnick hadir dengan formasi 4–2–3–1. Sebetulnya ia tak terlalu akrab dengan formasi ini, tetapi sejak melatih United Rangnick justru lebih sering menggunakannya.

Kelebihan formasi Rangnick di PES terletak pada fleksibilitasnya. Meski susunan awalnya adalah 4–2–3–1, para pemain yang kamu turunkan bisa melakukan sejumlah rotasi, terutama di lini serang. Ini jelas jadi keuntungan lantara bisa menambah variasi permainan.

Dari segi bertahan, formasi ini juga sangat bisa kamu andalkan. Pasalnya, dua pivot yang bertugas sebagai gelandang bertahan bisa membuat lini belakang lebih sukar ditembus. Keberadaan mereka bisa menjadi aspek penting sepak bola yang mengandalkan agresivitas. Mereka juga bisa menjadi backup bagi empat bek yang berdiri di depan gawang.

Cara menggunakan formasi Ralf Rangnick di PES Mobile

1. Perhatikan komposisi pemain

Tentu, ini syarat utama bagi formasi manapun di PES Mobile. Dalam konteks 4–2–3–1 milik Rangnick, kamu mesti menempatkan satu penyerang tengah murni, dua sayap, satu gelandang serang, serta dua gelandang bertahan. Usahakan agar semua posisi tersebut diisi oleh para pemain dengan daya jelajah dan agresivitas tinggi agar formasi ini bekerja secara efektif.

2. Ganti role salah satu gelandang bertahan

Secara default, dua gelandang bertahan bakal mendapat peran DMF dalam tim. Keberadaan mereka bisa mengurangi fleksibilitas lantaran posisi mereka di lapangan akan cenderung stagnan di lini tengah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengubah peran salah satu dari dua gelandang bertahan tersebut menjadi CMF. 

Kamu hanya perlu memilih pemain yang dimaksud, lalu klik Player Positions, dan pilih CMF. Ini akan membuat lini tengah lebih fleksibel karena pemain yang posisinya diubah bakal aktif baik saat bertahan maupun menyerang. Khusus ketika menyerang, kamu bakal punya tambahan pemain depan.

Cara menghadapi formasi Ralf Rangnick

1. Manfaatkan serangan balik

Salah satu kelemahan hampir semua skema 4–2–3–1 di PES Mobile adalah lini belakangnya. Meski punya dua gelandang bertahan untuk menopang lini belakang, garis pertahanan mereka amat tinggi sehingga rawan terkena serangan balik. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk mencetak gol.

2. Paksa lawan untuk sering melepaskan crossing

Di sepak bola sungguhan, tim dengan skema 4–2–3–1 sangat berbahaya saat melakukan crossing. Di PES Mobile, hal demikian entah kenapa tidak berlaku. Penyebabnya adalah kotak penalti yang kerap hanya menyisakan satu pemain, yakni penyerang, sehingga kesempatan mendapatkan peluang terbilang kecil.

Dua pemain sayap dan gelandang serang mestinya bisa menjadi solusi sebagai pemain tambahan. Namun, posisi para pemain tersebut cenderung lebih ke dalam di PES Mobile. Itulah kenapa, seperti yang kami bahas di bagian sebelumnya, mengubah salah satu gelandang bertahan menjadi CMF bisa memberikan sedikit perubahan.

Tentu saja skill kamu sendirilah yang pada akhirnya akan menentukan. Namun, bukan tidak mungkin memahami kelebihan dan kekurangan formasi R. Rangnick di PES Mobile bisa menjadi senjata rahasia kamu untuk menaklukkan lawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *