in

PS5 vs Xbox Series X: Mana yang Lebih Bagus?

Playstation 5 DualSense
DualSense

Banyak para penikmat game membandingkan PS5 vs Xbox Series X, dari kedua konsol itu mana yang lebih bagus untuk jangka panjang?

Beli voucher Play Station Card Network termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja.

Tak lama setelah Sony merilis harga sekaligus pre-order PlayStation (PS5, Microsoft melakukan hal serupa dengan mengumumkan kehadiran Xbox Series X (XSX).

Pada momen itu Microsoft secara tersirat menyinggung pre-order PS5 yang dinilai terlalu dadakan. Genderang perang pun untuk kesekian kalinya kembali berbunyi.

Ini bukan rahasia lagi: Sony dan Microsoft melalui konsol andalan masing-masing memang rival. Sony dengan PlayStation, sedangkan Microsoft dengan Xbox-nya.

xbox putih dan hitam

Menilik sejarah, Xbox sebetulnya anak baru. Mereka baru muncul pada 2001, beberapa tahun setelah kelahiran PS2 alias edisi kedua PlayStation. Tentu saja, Xbox belum mampu menggoyang singgasana PS.

Pecinta konsol Playstation lebih banyak sehingga Playstation lebih populer dibandingkan dengan Xbox. Jangan heran jika kalian akan mendengar beberapa orang lebih memilih Playstation.

Baru ketika merilis Xbox 360 pada 2005, secara perlahan Xbox membayang-bayangi PS. Ini berlanjut ke edisi-edisi berikutnya hingga sekarang: PS5 dan Xbox Series X.

Lalu, mana yang lebih baik?

Desain PS5 dan Xbox Series X

Sepenting apa sebuah desain? Untuk sebagian orang, aspek ini cukup berpengaruh. Misal, ada orang yang cenderung menyukai desain yang ringkas dan kecil atau sebaliknya.

Playstation 5

Dalam hal ini, PS5 sekilas tampak ramping dan kecil. Namun, yang terlihat sebetulnya tak demikian. Xbox Series X memang tampak ‘gemuk’ tetapi ukurannya lebih kecil ketimbang PS5.

Dibuat menyerupai balok, XSX hanya memiliki ketinggian 30,1 cm serta lebar dan tinggi 15,1 cm. Adapun, PS5 versi standar memiliki tinggi 39 cm, lebar 10,4 cm, dan panjang 26 cm.

Spesifikasi

Tak ada perbedaan mencolok dari kedua konsol ini dalam hal teknologi. PS5 dan XSX sama-sama menggunakan sistem keluaran AMD. RAM dan optical drive yang digunakan pun sama.

Pembeda baru tampak jika melihat detail-detail secara angka. Misal, kapasitas XSX yang ternyata lebih besar ketimbang PS5. Di sisi lain, PS5 unggul dalam hal kecepatan SSD dan clockspeed GPU.

Kamu bisa melihat rincian berikut untuk spefisikasi selengkapnya.

Spesifikasi PS5

  • CPU: AMD Zen 2 custom 8 core 3.5GHz 
  • GPU: AMD RDNA 2 custom 10.28 TFLOPs 36 CUs 2.23GHz
  • Memory/Interface: 16 GB GDDR6
  • Memory Bandwidth: 448GB/s
  • Internal Storage: Custom 825 GB SSD
  • Expandable Storage: NVMe SSD slot
  • Optical Drive: 4K UHD Blu-ray Drive

Spesifikasi Xbox Series X

  • CPU: AMD Zen 2 custom 8 core 3.8GHz 
  • GPU: AMD RDNA 2 custom 12 TFLOPs 52 CUs 1.825GHz
  • Memory/Interface: 16 GB GDDR6
  • Memory Bandwidth: 560 GB/s
  • Internal Storage: Custom 1 TB NVMe SSD
  • Expandable Storage: Seagate custom 1 TB memory card, external HDD
  • Optical Drive: 4K UHD Blu-ray Drive

Kehadiran Game-game Eksklusif

Sejak kelahirannya, ide yang dibawa Microsoft lewat Xbox adalah ekosistem ketimbang individu. Mereka mungkin merilis beberapa game secara ekslusif tapi pada akhirnya itu tetap bisa kamu mainkan di lini Xbox lain, bahkan PC.

Maka, game-game yang disebut eksklusif hadir di XSX seperti Halo Infinite, Forza Motorsport 8, hingga State of Decay 3 tak akan seeksklusif kedengarannya.

Berbeda dengan beberapa game PS5 yang memang direncanakan hanya untuk konsol tersebut. Ada Spider-Man: Miles Morales, Horizon: Forbidden West, hingga Ratchet & Clank: Rift Apart.

Pada akhirnya aspek ini tergantung sudut pandangmu masing-masing, sih. Kamu bisa menganggap eksklusivitas sebagai hal baik atau justru beranggapan sebaliknya.

Penilaian terkait mana yang lebih baik antara PS5 vs Xbox Series X secara keseluruhan pun juga tergantung sudut pandang. Jadi, kami serahkan kepadamu, mana yang lebih baik? PS5 atau Xbox Series X?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings