michael jordan nba 2k
in

Potret Michael Jordan dalam Piksel Video Game

Selamat ulang tahun, Michael Jordan.

Sepertinya kita tak perlu berdebat lagi untuk bilang bahwa Michael Jordan adalah salah satu pemain basket terhebat sepanjang masa. Prestasinya berderet-deret, termasuk catatan enam gelar NBA bersama Chicago Bulls.

Jangan heran bila namanya sangat populer. Saking populernya, dia sampai pernah beberapa kali muncul di medium lain. Salah satunya video game. Tercatat, Michael Jordan sudah muncul pada lebih dari 10 judul game.

Kami bakal mengenang kembali kisah-kisah sosok yang lahir pada 17 Februari 1963 ini (yup, dia berulang tahun yang ke-58 pada hari ini) dengan video game.

Jordan vs. Bird: One on One (1988)

Kemunculan pertama Jordan adalah di game yang tersedia untuk platform NES dan Sega ini. Hanya ada dua pemain yang muncul: Jordan yang tampil dalam mode slam dunk, dan Larry Bird di mode 3-point.

Baca juga:  Belajar American Football Lewat Retro Bowl

NBA Playoff (1989-92)

Game ini rilis tiga kali dengan tiga pertandingan NBA berbeda. Yang pertama Bulls vs Blazers, lalu Bulls vs Lakers, dan terakhir Lakers vs Celtics. Tak seperti game sebelumnya, pemain bisa mengendalikan sebuah tim secara penuh.

NBA All-Star Challenge (1992)

NBA All-Star Challenge muncul lewat mode yang mirip dengan Jordan vs Bird. Bedanya, selain pemain yang tersedia lebih banyak, kita akan bermain dalam betuk pertandingan satu lawan satu.

Team USA Basketball (1992)

Salah satu periode emas bola basket Amerika Serikat adalah tahun 1992, ketika tim nasional mereka meraih medali emas di Olimpiade Barcelona. Waktu itu, tim Amerika berisikan nama-nama besar seperti Jordan, Larry Bird, Patrick Ewing, Scottie Pippen, dan Magic Johnson. Tim ini pun diangkat menjadi game.

Michael Jordan in Flight (1993)

Pada 1993, secara mengejutkan Jordan pensiun dari basket dan mencoba ranah baseball–meski tak berlangsung lama. Tak lama setelahnya, dia tampil dalam game Michael Jordan in Flight yang memungkinkan pemain untuk main basket di luar angkasa.

Baca juga:  17 Game Online Gratis Terbaik 2021

NBA Showdown (1993)

NBA Showdown yang berisi Bulls vs Blazers adalah edisi kelima sekaligus terakhir NBA Playoffs. Buat Jordan, kehadirannya di game ini amat menguntungkan secara finansial sebab semua nama yang muncul berlisensi resmi.

Michael Jordan: Chaos in the Windy City (1994)

michael jordan video games

Masih ada unsur basket di game ini, tetapi tak sekental game-game sebelumnya. Di sini pemain akan memainkan Jordan yang punya misi menyelamatkan pemain yang diculik jelang laga amal bertajuk All-Star.

NBA Jam (1994)

Boom shakalaka! Siapa yang tak tahu NBA Jam? Rasa-rasanya, ini termasuk salah satu game basket terpopuler sepanjang masa. Di game ini kita bisa memilih tim-tim NBA dan akan bertanding dalam mode dua lawan dua.

Space Jam (1996)

Pada 1996, Michael Jordan tampil dalam film layar lebar Space Jam. Di tahun yang sama, film yang melibatkan karakter Looney Tunes itu juga dihadirkan dalam versi video game. Jordan kembali tampil.

NBA Live (96-2004)

NBA Live adalah lanjutan dari seri Playoff yang dihentikan. Game ini terbilang sukses. Tak heran jika ia terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. Khusus Jordan, ia muncul pada seri 96 hingga 2004.

Baca juga:  Valentino Simanjuntak dan Mengapa Komentator (Game) Sepak Bola Terkadang Menyebalkan

NBA Street (2001)

NBA Street adalah gambaran kedigdayaan Jordan pada masanya. Di game ini dia menjadi bos tersulit bersama Stephon Marbury dan Rafer Alston yang akan dihadapi pemain di bagian level terakhir game.

NBA Street Vol. 2 (2003)

Setelah NBA Street 2001, Jordan kembali muncul di beberapa seri lain, termasuk NBA Street Vol. 2. Pemain bisa memilih tiga versi Jordan berbeda yang menariknya, bisa dimainkan dalam tim yang sama.

NBA 2K

Jordan benar-benar pensiun pada 2003. Namun, 2K Games lewat NBA 2K berhasil mereplikasi sosoknya ke dalam video game. Ia bahkan jadi bintang sampul untuk edisi 2K11, 2K12, dan 2K16.

Itulah beberapa video game yang pernah memunculkan salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa ini. Terakhir, selamat ulang tahun Michael Jordan.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up voucher game termurah se-Indonesia di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung di Forum itemku untuk berdiskusi seputar game bareng gamer lainnya.

Tinggalkan Balasan