Karena PlayStation Terjun ke Mobile, Mungkihkan Kita Main The Last of Us di Ponsel?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Hapeku kuat enggak ya?

Sekitar dua bulan lalu, Sony memasang sebuah lowongan pekerjaan. Mereka tengah mencari seseorang untuk ditugaskan sebagai Head of Mobile di PlayStation Studios.

Melihat jauh ke belakang, posisi ini belum pernah ada di sana sebelumnya. Lantas, dugaan muncul bahwa Sony lewat PlayStation bakal secara serius terjun ke bisnis game mobile. Kian kencang dugaan itu jika melihat deskripsi pekerjaan untuk posisi yang tengah mereka cari.

“Sebagai Head of Mobile di PlayStation Studios, Anda akan menggodok strategi untuk pengembangan game di platform mobile, serta membangun fondasi dan mencari peluang untuk tumbuh di segmen tersebut,” tulis Sony di sebuah laman informasi lowongan kerja.

“Anda juga akan memimpin segala aspek terkait ekspansi game eksklusif Sony dari konsol game dan PC ke smartphone dan Live Services, dengan tujuan menyukseskan adaptasi franchise game PlayStation yang paling populer ke platform mobile,” sambung mereka.

Baca juga:  Mengenang Kembali Ketika PS2 Disebut Bisa Luncurkan Rudal
person holding game pads
Main game PS di ponsel? Asyik juga. Foto: Pexels.com

Tentu ini kabar gembira bagi para saya dan kalian para gamer. Masuknya PlayStation, berarti potensi hadirnya game-game eksklusif PS bakal terbuka lebar-lebar. Kapan lagi bisa main The Last of Us di ponsel? Atau Ghost of Tsusima, Persona 5, Spider-Man Miles Morales, dan game-game terkenal lain.

Yang jadi pertanyaan adalah bakal muncul dalam bentuk apa? Apakah memiliki bentuk yang sama alias sekadar porting? Atau bagaimana?

Namun, tampaknya agak mustahil mengharapkan porting penuh. Soalnya, perangkat mobile tak punya komponen secanggih konsol PlayStation. Alih-alih menikmati pengalaman gaming menyenangkan, bisa-bisa kamu dibikin stres karena ponselnya malah meledak. Duaarrrr!

Jadi, besar kemungkinan kualitas grafisnya bakal diturunkan berlipat-lipat. Bahkan bisa saja ini berlaku pada perubahan gameplay di dalamnya. Terlebih, game mobile punya karakteristik gameplay yang sangat tidak identik dengan game-game PlayStation sejauh ini.

Baca juga:  Game di Nigeria: Minimnya Akses Internet Jadi Penghambat

Misalnya, game The Last of Us mungkin saja bakal diadaptasi dalam format running games. Kita bakal memerankan Ellie atau pun Joel dalam upaya kabur dari kejaran zombi-zombi menakutkan. Bisa pula dalam bentuk game puzzle sederhana. Atau malah battle royale? LOL.

Beberapa tahun lalu, Sony sebetulnya sudah pernah merilis beberapa game hasil adaptasi konsol mereka. Salah satunya Run Sackboy! Run!. Game ini adalah hasil adaptasi game Sackboy!. Ia mengusung genre platform yang sama, tetapi punya mekanisme yang jauh berbeda.

Berikutnya ada Uncharted: Fortune Hunter. Game yang satu ini berasal dari seri Uncharted yang terkenal itu. Jika versi asli berbentuk game aksi-petualangan dengan grafis jempolan, versi mobile-nya hadir dengan genre puzzle. Lagi-lagi jauh berbeda.

Baca juga:  Daftar Pemenang The Game Awards: The Last of Us II Borong Gelar

Lantas, apakah game-game yang mereka rilis untuk mobile pada masa mendatang akan mengikuti pola serupa? Jangan tanya pada rumput yang bergoyang karena cuma waktu dan Sony yang bisa menjawabnya.

***

Beli voucher PSN, ya di itemku! Udah hemat, gampang, cepat pula. Langsung cus aja!

Untuk press release, iklan, dan kerja sama lainnya dapat mengirim email ke anggasp@fivejack.com.