game di aceh
Masjid Raya Baiturrahman.
in

Aceh yang Istimewa dan Peraturan Ketat soal Video Game

Setahun terakhir, aturan soal berbagai lapak main game seperti rental PlayStation atau PS hingga warnet sedikit diperketat operasionalnya. Bahkan ada beberapa tempat yang sengaja menutup usaha mereka. Penyebabnya: Pandemi COVID-19.

Baru-baru ini hal serupa juga terjadi di Aceh. Namun, karena alasan berbeda. Penerapannya pun berbeda karena jauh lebih ketat. Peraturan itu sendiri berbunyi bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh melarang warganya main PS dan game online selama Ramadhan.

Yup, PS dan game online. Spesifik.

Barangkali yang mereka maksud merujuk pada tempat rental PS dan warnet yang menyediakan online. Kenapa? Sebab aturan itu beriringan dengan pelarangan sarana hiburan lain seperti tempat karaoke dan biliar, serta tempat makan dan salon.

person holding game pads
Foto: EVG Culture di Pexels.com

Pemkot sampai menugaskan satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Polisi Syariat) untuk mengawasi aktivitas warga.

“Tidak menggelar karaoke, mengoperasikan permainan billiard, play station, berbagai jenis game online dan hiburan lainnya selama bulan suci Ramadhan. Salon hanya buka pukul 09.00–16.00 WIB. Semua akan kita awasi bersama,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Baca juga:  3 Trik Rumus Bandar Qiu Qiu Higgs Domino, Dijamin Jackpot!

Aceh adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang menerapkan syariat Islam untuk menjantuhkan hukuman kepada para penduduknya. Penerapan ini, salah satunya, berkaitan dengan sejarah Aceh sebagai daerah dengan kesultanan Islam kuat di Asia Tenggara.

Tak ayal jika sejak dahulu, hukum Islam sudah mereka terapkan. Penerapannnya dipadukan dengan hukum setempat atau yang kita kenal sebagai hukum adat. Ketika konflik Aceh berakhir pada 2005, segala hal terkait hukum ini semakin ketat.

Semua kewenangan itu sendiri Aceh peroleh karena karena keistimewaan yang memang diberikan Presiden Soekarno sejak dahulu. Proklamator Indonesia ini menganggap Aceh sebagai ‘daerah modal’ selama perjuangan kemerdekaraan Republik Indonesia.

Secara rinci, keistimewaan itu meliputi tiga aspek: Agama, adat istiadat, dan pendidikan. Dari sinilah muasal ‘Daerah Istimewa’ yang tersemat sebelum nama Aceh. Ini juga alasan mengapa peraturan soal video game di Aceh sangat berbeda dengan tempat lain.

Baca juga:  Hack Chip Higgs Domino Permanen, Begini Caranya!

Singkat kata, semuanya berlandaskan syariat.

Bahkan bukan kali ini saja Aceh memberlakukan aturan ketat soal video game. Akhir tahun lalu, pemerintah dengan tegas melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di pemerintahan setempat main game online.

PUBG Mobile, game battle royale
PUBG.

Pada 2019, aturannya jauh lebih spesifik lagi. Pemerintah mengeluarkan peraturan yang sempat bikin geger karena mengharamkan game battleroyale terpopuler sejagat: PlayerUnknown’s Battlegrounds alias PUBG. 

Selain game itu, ada pula Mobile Legends, Free Fire, Lords Mobile: Battle of Empire, Clash of Kings, Rise of Kingdoms, Lineage 2 Revolution, Ragnarok M: Eternal Love, Crisis Action, Modern Combat 5: Blackout, Call of Duty: Heroes, Blitz Brigade, Point Blank Mobile, dan FinalShot.

Pemusyawaratan Ulama (MPU) Aceh beranggapan bahwa game-game tersebut dapat menyebabkan kemudharatan karena berpotensi mengganggu kesehatan, memiliki unsur kekerasan, dan dapat menciptakan perilaku yang tidak baik untuk anak-anak.

Baca juga:  Tempat Jual Chip Higgs Domino Murah

Menurut mereka, hal ini tak sesuai dengan syariat. Apalagi sederet alasan itu beriringan dengan sejumlah kasus terkait game yang terjadi di Aceh belakangan ini. Ada kasus tentang bocah yang mencuri uang sebesar Rp70 juta karena kecanduan game hingga meningkatnya kasus perceraian akibat Higgs Domino.

“Permainan PUBG dan sejenisnya ini juga menghina simbol-simbol Islam. Sebab itu, permainan PUBG dan sejenisnya haram dimainkan,” ucap Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top up UC PUBG termurah se-Indonesia di itemku!

Untuk press release, iklan, dan kerja sama lainnya dapat mengirim email ke anggasp@fivejack.com.

Tinggalkan Balasan