6 Penyebab WA Tidak Bisa Mengirim Pesan dan Solusinya

whatsapp, wa tidak bisa mengirim pesan

Tentu tidak mengenakkan jika WA tidak bisa mengirim pesan. Di saat kamu perlu untuk mengirimkan pesan kepada keluarga, rekan kerja atau teman, WA tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus. 

Untuk kamu yang penasaran kenapa WA tidak bisa mengirim pesan, serta bagaimana cara mengatasinya, simak terus penjelasan kami pada artikel ini.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah beberapa penyebab Whatsapp tidak bisa mengirim pesan, yang mungkin pernah kamu hadapi selama menggunakan WA.

1. Tidak Memiliki Kuota Internet

WhatsApp adalah aplikasi messenger yang berbasis online. Sehingga ketika menggunakannya, tentu harus memiliki kuota internet yang cukup. Masalah ini kerap terjadi terutama saat kamu membeli paket data yang tidak unlimited. 

Tanpa kamu sadari, setelah asyik berselancar di dunia maya, kuota internet kamu ternyata telah habis. Karenanya pastikan kamu memiliki kuota internet, dengan cara mengeceknya sesuai dengan provider penyedia internet. Segera beli kembali paket internet, agar dapat mengirimkan pesan WA kembali.

2. Jaringan Internet Bermasalah

Setelah memastikan tersedia paket data pada perangkat, penyebab lain yang mungkin terjadi adalah jaringan internet kamu sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, kamu bisa langsung menanyakan kepada provider penyedia internet. 

Jika memang sedang gangguan dan sedang diperbaiki, kamu cukup menunggu beberapa saat. 

3. Susah Sinyal

Jika kamu sedang berada pada wilayah yang tidak memiliki sinyal internet, maka otomatis kamu tidak dapat mengirim pesan WA. Jika penyebabnya adalah hal ini, yang dapat kamu lakukan hanya berusaha mencari lokasi lain yang memiliki kualitas sinyal yang baik.

Cobalah untuk tetap mengirim pesan, ketika kamu pindah ke lokasi lain, mungkin pesan WA kamu akan terkirim.

4. Akun Kamu Diblokir

Penyebab lainnya mengapa kamu tidak bisa mengirim pesan adalah WA kamu sedang diblokir. Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba untuk mengirim pesan ke kontak kamu yang lain. Jika terkirim, itu berarti jaringan internet kamu sedang tidak bermasalah. 

Sedangkan jika jaringan WA orang tersebut bisa jadi bermasalah, mintalah teman untuk mengirimkan pesan juga ke kontak yang sama. Jika teman kamu berhasil mengirimkan pesan sedangkan kamu tidak, maka kemungkinan besar pengguna tersebut sedang memblokir WhatsApp kamu.

Tidak ada yang bisa kamu lakukan, kecuali bertanya langsung kepada orang tersebut mengapa dia memblokir WhatsApp milikmu. Atau bisa juga dengan cara mengirimkan pesan di dalam grup WA yang kamu juga bergabung bersamanya. 

Meskipun tidak bisa mengirimkan pesan pribadi, kamu masih bisa mengirimkan pesan pada grup WA yang sama.

5. Memori Penyimpanan Penuh

Jika empat hal di atas telah kamu periksa namun masih juga belum bisa mengirim pesan WhatsApp, periksalah memori smartphone. Memori internal ponsel yang penuh akan membuat WhatsApp tidak bisa mengirimkan pesan. 

Kamu dapat menyiasatinya dengan menggunakan memori eksternal. Atau jika tidak memilikinya, hapus semua file yang tidak penting di dalam ponsel. Jangan lupa untuk rutin melakukan “clear cache”, untuk menghapus data tersimpan, setelah kamu mengunjungi banyak situs pada ponsel.

6. Mode Pesawat Aktif

Kemungkinan terakhir yang menyebabkan kamu tidak bisa mengirimkan pesan WA adalah aktifnya mode pesawat pada ponsel. Mungkin kamu lupa atau ada orang lain yang iseng mengaktifkan mode pesawat pada ponsel milikmu. 

Saat mode pesawat aktif, maka kamu tidak bisa melakukan aktivitas apapun yang berkaitan dengan jaringan telepon atau internet. Jika ini terjadi, cukup nonaktifkan mode pesawat, selanjutnya kamu bisa menggunakan WhatsApp seperti biasa kembali.

Penutup

Ada beberapa hal yang menyebabkan WA tidak bisa mengirim pesan. Periksa satu per satu kemungkinan di atas agar WhatsApp kamu bisa kembali mengirim pesan kembali. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *