Agar Jakarta Sepi Selama PSBB: Pakai Cheat Jalanan Sepi ala GTA

Pada hari pertama PSBB jilid 2, Jakarta masih ramai. Kalau begini, kayaknya pemerintah perlu menerapkan cheat jalanan sepi ala GTA.
GTA San Andreas
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta resmi dimulai pada Senin (14/9/2020). Sayangnya, yang terlihat tak begitu beda dengan hari-hari sebelumnya. 

Laporan sejumlah media, jalanan di Jakarta masih ramai. Para pengendara motor dan mobil masih terlihat berseliweran di mana-mana, meski tak terpantau macet seperti biasanya.

Ada sejumlah aturan khusus, sih. Misal, pembatasan transportasi umum hingga penghapusan skema lalu lintas ganjil-genap. Ada pula semacam operasi oleh TNI-Polri untuk memantau masyarakat.

Selain itu, tempat-tempat yang berpotensi ramai seperti restoran, rumah makan, kafe, atau semacamnya tak diizinkan menerima pengunjung untuk makan di tempat.

“Restoran, rumah makan, kafe bisa beropesiasi hanya dengan pengantaran atau ambil lalu bawa pulang,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilansir Kompas.

Anies juga memberlakukan aturan khusus untuk perkantoran. Dia mewajibkan semua kantor untuk membuat kebijakan work from home (WFH) bagi para karyawan.

Baca juga:  5 Alasan GTA San Andreas Masih Populer

Pengecualian hanya pada 11 sektor esensial. Di antaranya kesehatan, bahan pangan, energi, komunikasi dan teknologi informatika, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, dan industri strategis.

Semua itu pemerintah terapkan untuk menekan angka penularan COVID-19 yang semakin meningkat. Hingga kini, terdapat 12.440 kasus aktif dan 1410 orang meninggal dunia karena virus tersebut di Jakarta.

Namun, mungkin karena baru hari pertama, PSBB di Jakarta belum terlalu terlihat. Salah satu buktinya, ya, jalanan yang masih terbilang ramai seperti sedia kala tadi. Enggak macet kayak biasanya, sih.

GTA San Andreas.

Omong-omong soal jalanan, seru-seruan aja nih, kami jadi ingat salah satu game open-world legendaris yang dirilis Rockstar pada 2004 silam. Yup, kita sedang berbicara tentang GTA San Andreas.

Baca juga:  Cheat Harvest Moon Back To Nature Lengkap Bahasa Indonesia

Game tersebut pada dasarnya punya setting di jalanan, tepatnya di Los Santos. Di sana kamu berperan sebagai Carl ‘CJ’ Johnson yang punya misi menguak misteri kematian sang ibu sembari membersihkan nama baik gengnya.

Karena ber-setting di jalanan, akan terlihat banyak sekali kendaraan berseliweran di mana-mana, dong. Para pejalan kaki pun demikian. Sama saja banyaknya.

Kalau suka berbuat ‘onar’ seperti ngajak berantem orang lain, mencuri mobil, atau hal-hal sejenis, sih, tentu menyenangkan dengan kondisi ramai seperti itu. Terlebih, bagi kamu yang tak begitu suka menjalankan misi game tersebut.

Tapi kalau ingin mencoba sesuatu yang unik dan berbeda, kamu bisa menerapkan cheat ‘jalanan sepi’. Biar enggak bosan.

Baca juga:  Cheat GTA San Andreas Android Lengkap dan Cara Menggunakannya

Cukup menekan kode ‘X, bawah, atas, R2, bawah, segitiga, L1, segitiga, kiri’ (untuk versi PS2), jalanan seketika lengang. Hampir tak ada mobil, motor, dan pejalan kaki terlihat. Sepi.

Baca juga:

Daftar Cheat GTA V

Cheat GTA San Andreas Paling Ikonik

Nah, kayaknya bakal seru kalau ada fitur cheat semacam itu di kehidupan nyata. Plus, tentu akan sangat efektif di masa PSBB Jakarta seperti ini. Tinggal menekan kode tertentu, jalanan di Jakarta langsung sepi, dong. Bayangkan saja.. hehehe.