Kangen-kangenan sama Snake, Game Nokia yang Warnai Masa Kecil Kita

Kalau menyebut nama ‘Nokia’, kayaknya sebagian dari kita langsung terpikir Snake, game ular yang jadi salah satu tanda kejayaan Nokia dulu.
press-release-snake
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kalau saya menyebut nama ‘Nokia’, kayaknya sebagian dari kita langsung terpikir Snake, game ular jadul yang jadi salah satu tanda kejayaan Nokia di masa lampau.

Dari sejarahnya, sih, game ular ini pertama kali muncul pada 1976. Tentu enggak keliatan kayak ular beneran. Bentuknya lebih mirip kotak-kotak yang meliuk di layar. Pada 1998, barulah game Snake hadir di hape Nokia.

Nokia yang mana? Nokia jadul tipe 6110. Namun, baru saat hadir di Nokia 3310 yang rilis dua tahun berselang Snake mencapai popularitas tertingginya, tepatnya Snake II. Kalau kamu lupa, nih kami kasih gambarnya.

game snake populer di nokia 3310
Foto: TechRadar

Boleh dibilang ini salah satu hape Nokia paling sukses sepanjang sejarah mereka. Enggak percaya, tengok aja angka penjualannya yang mencapai lebih dari 100 juta unit. Ngeri bosss!

Angka penjualan itu bikin Nokia 3310 mendapat julukan hape sejuta umat. Hape ini juga terkenal tahan banting. Mau jatuh dari ketinggian berapa pun, mau dilempar lewat cara gimana pun, Nokia 3310 kayak enggak bakal rusak.

Baca juga:  Nostalgia Warnet Jadul: Billing Lumba-lumba hingga 'Folder Rahasia'

Hal lain yang bikin Nokia 3310 populer adalah, ya kehadiran game Snake tadi. Bahkan kalo bahas Nokia 3310, game Snake mesti dilibatkan karena dua hal ini kayak satu entitas yang sama. 

Meski begitu, pada akhirnya game Snake juga tersedia di game-game Nokia lain seperi Nokia 2300, Nokia 1100, Nokia N70 dan N73, Nokia 6300, dan beberapa Nokia jadul lainnya. 

Yang seru dari game Snake di Nokia

Kalau kamu bandingin sama game zaman sekarang, sih, jelas enggak ada apa-apanya. Grafisnya masih burik karena cuma berupa tampilan piksel tanpa warna. Gameplay-nya juga gitu-gitu aja dan sekilas enggak asik.

Tugas kita cuma makan makhluk-makhluk kecil (tikus kayaknya) sebanyak mungkin. Nah, semakin banyak makan, ular bakal semakin panjang. Tentu enggak gampang karena kamu bakal mati kalau nabrak tubuh sendiri.

Baca juga:  Nostalgia Warnet Jadul: Billing Lumba-lumba hingga 'Folder Rahasia'

Yep, sesederhana itu. Tapi, entah gimana nagih banget.

Saking nagihnya, kita biasa main ganti-gantian sama temen atau keluarga. Tiap kali mati, yang main langsung ganti. Semakin seru lagi karena di Snake ada sistem leaderboard. Jadi, kita bisa tinggi-tinggian nilai sama orang lain.

Kita juga enggak akan disibukkan sama fitur microtransaction yang seolah maksa buat terus ngeluarin duit. Kita juga enggak mesti takut abis kuota. Baterai? Jangan ditanya, hape Nokia jadul rata-rata panjang umur. 

Dengan segala hal menyenangkan tersebut, rasanya enggak berlibihan kalau kita menyebut Snake sama pentingnya dengan aplikasi lain di Nokia jadul kayak kalkulator, pesan, sampai komposer. 

Enggak berlebihan juga buat menyebutnya sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Buktinya, di zaman sekarang banyak developer yang coba membikin ulang game Snake dengan rasa kekinian.

Game Snake menembus zaman

Snake udah beberapa kali diperbarui di hape-hape Nokia yang udah agak modern kayak Nokia 7610 yang udah pake sistem operasi Symbian atau Nokia 2630 yang udah berwarna.

Baca juga:  Nostalgia Warnet Jadul: Billing Lumba-lumba hingga 'Folder Rahasia'

Ketika smartphone merajarela seperti sekarang, versi kekiniannya semakin banyak. Kalau kamu ketik di kolom pencarian PlayStore aja, kayaknya ada berpuluh-puluh versi game Snake. Salah satunya Slither.io. 

Konsepnya bener-bener kayak Snake klasik. Yang membedakan adalah tampilannya yang lebih menarik dan penuh warna. Gameplay-nya juga lebih variatif karena kamu bisa main dengan pemain lain di seluruh dunia.

Hingga saat saya menulis artikel ini, jumlah unduhannya udah 100 juta lebih. Ini ngasih bukti bahwa Slither.io terbilang sukses. Meski begitu, rasanya enggak ada yang bisa menandingi game Snake di Nokia klasik. 

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan voucher Google Play termurah se-Indonesia hanya di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung di Forum itemku untuk berdiskusi seputar game dan esports bareng gamer lainnya.