Cyberpunk 2077
in

Ngapain, sih, Serius Amat Bikin Avatar Game Doang?

Bahkan di Cyberpunk 2077 pemain bisa mengkustomisasi kelamin avatar mereka.

Lupakan dulu perkara crunch dan hasilnya yang jauh dari harapan. Cyberpunk 2077 pada dasarnya adalah game menarik dengan banyak sekali fitur unggulan. Saat merancang avatar karakter, misalnya, kamu bisa mengkustomisasi bagian-bagian yang tak pernah muncul di game lain.

Salah satunya alat kelamin. Kustomisasi ini memungkinkanmu untuk mengubah ukuran dan berbagai kombinasi alat kelamin avatar di Cyberpunk 2077. YA, ANDA TAK SALAH BACA.

Kita bisa mempertanyakan alasan CD Projekt Red (CDPR) menghadirkan hal demikian di game besutannya. Namun, sebetulnya CDPR cuma menangkap peluang, bahwa gamer cenderung terobsesi dengan segala jenis kustomisasi karakter game mereka. Apalagi kalau sedetail ini.

Cyberpunk 2077

Pertanyaannya, mengapa?

Ilmuwan Palo Alto Research Center, Nick Yee, menjelaskan bahwa para gamer menyukai kustomisasi karakter sebagai upaya menciptakan versi paling ideal dari diri mereka sendiri. Karena tujuan itu, gamer akan merancang karakternya secara serius.

Baca juga:  Deretan Bug yang Buktikan Cyberpunk 2077 Belum Rampung

Rupanya bermacam-macam. Mereka bisa membuat karakternya setampan atau secantik mungkin, punya ragam atribut serta rambut yang keren, hingga memiliki tubuh yang tinggi dan ramping. Pada dasarnya ini upaya menihilkan kekurangan dalam bentuk apapun.

Bisa saja hal demikian tak terjadi di kehidupan nyata mereka. Itulah kenapa Yee beranggapan seperti ini. “Untuk orang yang kurang bahagia, entah sedang depresi atau merasa rendah diri, idealisme di sana semakin besar,” ucapnya.

Terlepas dari motivasinya, bentuk avatar kita ternyata juga dapat memengaruhi aktivitas selama bermain game. Sekelompok peneliti University of Califorinia, Davis, membuktikan hal tersebut lewat riset yang mereka garap pada awal 2015. 

Dalam penelitian itu mereka meminta 96 avatar wanita gemuk dan kurus di game Virtua Tennis 2009. Hasilnya, avatar dengan tubuh gemuk tampak malas dan pergerakannya jauh lebih minim ketimbang pemain dengan avatar tubuh yang kurus.

Baca juga:  Cyberpunk 2077, Crunch, dan Cacat di Balik Pengembangan Game

Kalau hasilnya demikian, kita pantas bertanya-tanya: Efek apa yang akan terpengaruh jika kita, misalnya, menggunakan avatar dengan kelamin lebih besar selama bermain Cyberpunk 2077? Hmm…

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings