5 Momen Bersejarah dan Ikonik di E3

Saatnya berziarah ke beberapa momen bersejarah dan ikonik di edisi-edisi E3 sebelumnya.
Hideo Kojima, E3
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Electronic Entertainment Expo atau E3 pertama kali diselenggarakan pada 11 Mei 1995 di Los Angeles Convention Center. Tahun ini, E3 memasuki edisi ke-26. Ini jadi kesempatan yang pas buat kita untuk mengenang kembali momen bersejarah dan ikonik yang pernah terjadi di edisi-edisi E3 sebelumnya.

Perkenalan PlayStation (E3 1995)

PlayStation merevolusi video game.

Nintendo menunda perilisan konsol terbaru di E3 1995. Dengan begini, Sega yang memang saingan Nintendo kala itu bisa berpesta pora. Mereka bisa menjadi bintang tunggal sebab kebetulan hendak mengumumkan kehadiran Sega Saturn, konsol yang dibanderol 399 dolar.

Namun, di luar dugaan justru Sony-lah yang jadi bintang. Sebagai pendatang baru di dunia game, konsol PlayStation yang mereka umumkan sanggup memicu antusiasme para penonton yang hadir. Terlebih, Sony memasang harga yang lebih murah ketimbang Saturn, yakni 299 dolar.

Pesta Nintendo (E3 2004)

legend of zelda

Nintendo yang mulai redup kembali mencuri perhatian pada E3 2004. Mereka mengambil kesempatan di tengah sedikitnya perilisan game-game ternama. Salah satunya lewat presentasi konsol handheld yang kelak kita kenal sebagai handheld terlaris sepanjang masa, Nintendo DS.

Di detik-detik akhir presentasi, para pengunjung mulai meninggalkan tempat. Namun, tiba-tiba saja Nintendo mengumumkan hal lain: Zelda Twillight Princess. Game ini adalah jawaban Nintendo atas banyaknya keluhan fans terhadap Legend of Zelda Wind Waker.

PlayStation vs Xbox (E3 2013)

Xbox

Sejak awal 2000-an, persaingan konsol sudah jadi milik PlayStation vs Xbox, bukan PlayStation vs Sega, apalagi Sega vs Nintendo. Dua konsol itu terus-menerus bersaing mengeluarkan konsol dengan teknologi mutakhir. Salah satu wujud persaingan mereka tergambar di E3 2013.

Pada presentasi PlayStation 4, Sony mengumumkan salah satu kebijakan terbaru di konsol tersebut. Kebijakan itu berbunyi bahwa mereka tidak akan melarang peminjaman dan penjualan game yang sudah dipakai. Ini pukulan langsung buat Xbox yang baru saja menerapkan kebijakan always online sehingga game-game yang sudah dibeli tak bisa dipakai pengguna lain.

I’m back! (E3 2016)

Hideo Kojima, salah satu sosok di balik Death Stranding

Hideo Kojima jadi idola para gamer berkat karyanya berjudul Metal Gear. Itulah kenapa banyak yang mendukungnya saat ia berkonflik dengan Konami. Terlebih, setelah nama Kojimo dihapus dari sampul Metal Gear Solid V dan studio yang ia bawahi dibubarkan oleh Konami.

Beberapa waktu sebelumnya, Kojima memang bercerai dengan perusahaan tersebut. Lantas, ia seolah menghilang dari industri game. Baru pada E3 2016, Kojima yang kala itu bekerja sama dengan Sony muncul dari belakang panggung dan berkata: “Hello everyone, I’m back!” yang dilanjutkan dengan presentasi trailer game terbarunya, Death Stranding.

Keanu Reeves (E3 2019)

Cyberpunk 2077

Semua kecewa dengan Cyberpunk 2077. Kualitasnya tak sebanding dengan hype yang muncul. Ketika rilis, banyak sekali bug yang terlihat. Sederet masalah itu ditambah dengan polemik cranch yang jadi sorotan banyak orang jelang game tersebut rilis.

Meski begitu, tak bisa dimungkiri bahwa presentasi game ini saat E3 2019 benar-benar ikonik. Kenapa? Sebab yang mempromosikan Cyberpunk 2077 kala itu adalah aktor John Wick, Keanu Reeves. Sontak saja, para pengunjung langsung berteriak histeris.

Itulah lima momen bersejarah dan ikonik yang pernah terjadi di E3. Pada edisi tahun ini, mana yang menurutmu paling berkesan?

***

Beli voucher PSN, ya di itemku! Udah hemat, gampang, cepat pula. Langsung cus aja!

Untuk press release, iklan, dan kerja sama lainnya dapat mengirim email ke anggasp@fivejack.com.

Rekomendasi