mobile legends masih populer di indonesia
Foto: @fachrifhr/Deviant Art
in

MOBA Lain Minggir, Mobile Legends Masih Bakal Populer di Indonesia Sampai Kiamat

Kenapa Mobile Legends masih populer di Indonesia?

Udah makin banyak game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang rilis, tapi belum ada yang bisa menggeser posisi Mobile Legends. Sampe sekarang, Mobile Legends masih jadi yang paling populer di Indonesia.

Akhir tahun lalu, misalnya, banyak yang ngira Mobile Legends bakal ditinggalin karena kedatangan League of Legends: Wild Rift. Sekilas, sih, alasannya masuk akal dan keliatan kayak beneran bakal terjadi.

Salah satunya karena Wild Rift menyajikan sesuatu yang lebih segar dan baru ketimbang Mobile Legends. Mengingat kebiasaan orang Indonesia yang latah tiap ada hal baru, potensi Wild Rift untuk terbang memang sangat besar.

Kita juga enggak boleh lupa kalo Riot Games selaku pembesut Wild Rift lebih berpengalaman di ranah MOBA ketimbang Moonton, publisher ML. Sudah sejak lama mereka menjejak ranah ini lewat League of Legends versi PC.

Tapi apa mau dikata, Mobile Legends kayak enggak tersentuh. Wild Rift, di sisi lain, seperti mulai enggak kedengeran lagi taringnya, sama kayak nasib game MOBA lain macam Arena of Valor.

Wild Rift

Lantas, kenapa sih Mobile Legends masih terus populer di Indonesia sampai sekarang?

Enggak berat

Alasan pertama masih sama kayak alasan yang orang-orang paki sejak jauh hari. Dari dulu sampe sekarang, Mobile Legends lumayan ramah buat kamu yang smartphone-nya kentang alias punya spek b aja.

Baca juga:  Kriteria Game Mobile Bagus ala Saya, Biar Hidup Kamu Bervariasi

Walau begitu, jangan remehin kualitasnya. Dari segi grafik aja, misalnya, Mobile Legends lumayan manjain mata, meski memang sekilas enggak sebagus di game MOBA lain, termasuk Wild Rift.

Gameplay dan kontrol sederhana

Pas Riot Games ngumumin Wild Rift, mereka berjanji bakal ngasih gameplay yang lebih sederhana ketimbang LoL versi PC. Namun, penyederhanaan yang mereka bikin rupanya masih lumayan rumit.

Di sisi lain, Mobile Legends udah lama terkenal karena kesederhanaannya. Pemain enggak mesti banyak mikir. Kontrolnya juga gampang. Ini cocok buat sebagian besar gamer, apalagi buat yang cuma mau seneng-seneng. 

Konten yang selalu update

Mobile Legends masih populer di Indonesia

Alasan ketiga kenapa Mobile Legends masih populer di Indonesia adalah kehadiran konten yang selalu update. Perbaikan masalah atau bug udah pasti. Ini lumayan rutin kita dapat di Mobile Legends.

Selain itu, ada pula pembaruan-pembaruan atau bahkan penambahan konten yang tujuannya bikin game lebih segar. Mobile Legends juga rutin merilis hero dan skin baru setiap bulannya.

Baca juga:  Cara Sukses Kena Banned di Game Kesayangan

Ruting menggelar event dan kolaborasi

Kayaknya hampir setiap bulan dan agenda tertentu Moonton nyelenggarain event menarik di Mobile Legends. Ada event skin dan hero gratis sampai event kayak gacha yang jelas bakal bikin pemain lebih tertarik buat main.

Mobile Legends juga enggak jarang kolaborasi sama brand lain buat lebarin sayap. Ini cara promosi yang terbilang efektif, apalagi brand yang mereka ajak kerja sama bukan brand ecek-ecek.

Skena esports yang besar

MPL ID Season 7

Sementara jumlah pemainnya terus bertambah, skena esports Mobile Legends juga berkembang pesat. Salah satu turnamen populer di Indonesia bahkan berasal dari game tersebut, yakni MPL ID yang sekarang udah Season 7.

Baca juga:  5 Pro Player yang Ditunggu Kiprahnya di MPL ID Season 7

Perkembangan skena esports ini bikin gamer mikir bahwa mereka punya peluang untuk masuk ranah kompetitif, enggak cuma main game. Apalagi, banyak pro player yang jadi bukti bahwa mereka bisa sukses di Mobile Legends.

Dimainkan banyak influencer

Udahlah promosinya gila-gilaan, ditambah pula sangat banyak influencer yang mainin Mobile Legends. Kalo kayak gini, makin gila aja popularitas Mobile Legends di Indonesia. 

Silakan sebut satu per satu, mulai dari anak Presiden Indonesia, atlet sepak bola, sampai sejumlah selebritis ternama banyak yang main Mobile Legends. 

Start lebih awal

Ketimbang game MOBA lain, Mobile Legends start lebih awal. Mereka rilis pada Juli 2016, sedangkan game lain baru rilis setelahnya. Bahkan, Wild Rift baru hadir akhir tahun lalu yang tentu sulit buat menggoyang ML.

Nah, itu jadi alasan terakhir dari tujuh alasan kenapa Mobile Legends masih populer di Indonesia. Kalau punya pendapat lain, silakan sampaikan di kolom komentar, ya!

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up diamond Mobile Legends termurah se-Indonesia di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung di Forum itemku untuk berdiskusi seputar game dan esports bareng gamer lainnya.

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings