Mewujudkan Resolusi Tahun Baru dengan Gamifikasi

Apa resolusi tahun baru kamu? Lulus kuliah? Dapat pekerjaan baru? Naik gaji? Atau beli PlayStation 5? Kamu bisa mewujudkannya lewat gamifikasi.
contemporary monthly calendars and clips on pink table
Photo by Olya Kobruseva on Pexels.com
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa resolusi tahun baru kamu? Lulus kuliah? Dapat pekerjaan baru? Naik gaji? Punya bisnis sendiri? Menikah? Atau beli PlayStation 5?

Apapun itu, tentu kamu ingin mewujudkan semuanya. Namun, fakta membuktikan bahwa lebih dari 80% orang yang membuat resolusi tahun baru, sudah merasa gagal bahkan sebelum memasuki Februari.

Ini tak selamanya tentang tekad ataupun target kamu yang terlalu tinggi. Bisa saja, kegagalan mewujudkan resolusi terjadi karena ada yang salah dari strategi yang kamu gunakan. Di situlah pentingnya gamifikasi.

Bagaimana gamifikasi bekerja

Gamifikasi jamak kamu temui di korporat. Biasanya, ini jadi semacam program HRD perusahaan untuk meningkatkan produktivitas pekerja. Tak sedikit yang menggunakannya untuk mendorong keterlibatan pelanggan.

Baca juga:  Belajar Gamifikasi Lewat Steam, Game Terbaik Valve

Konsepnya sendiri dengan menerapkan sederet hal di dalam sebuah game atau permainan pada aktivitas atau konteks non-game. Akan ada elemen-elemen seperti badges, leaderboard, achievement, poin, dan lain-lain.

Sistem seperti itu bisa kamu gunakan untuk mewujudkan resolusi tahun baru. Caranya bermacam-macam. Menurut Jon Guerrera di Gamification.co, setidaknya ada lima langkah gamifikasi untuk mewujudkan resolusi

  • Menentukan tujuan
  • Rincikan menjadi beberapa bagian
  • Beri hadiah untuk tiap pencapaian
  • Lacak tiap langkah yang ditempuh
  • Gunakan hadiah semu

Dalam artikelnya di Enterpreneur, Deep Patel menyebut bahwa yang menyenangkan dari gamifikasi adalah caranya membuat kita merasa dihargai tiap kali mengerjakan tugas dari yang kecil hingga berat sekalipun.

Baca juga:  Belajar Gamifikasi Lewat Steam, Game Terbaik Valve

Hal tersebut membuat tiap langkah atau kemajuan yang kita buat kala mewujudkan resolusi terasa nyata. Membawa mekanisme game ke dalam aktivitas sehari-hari juga bikin pekerjaan menjadi lebih menarik.

Pernah dengar self-reward? Kira-kira konsep dan tujuannya seperti itu, tetapi gamifikasi lebih sistemik dan ada semacam upaya untuk membuat sesuatu yang berat terasa menyenangkan.

Kita bisa membayangkan terjun ke dunia game. Di sana, kita bakal mendapat penghargaan untuk tiap misi sulit yang ditaklukkan. Ketika semuanya berakhir, kita akan merasa bak seorang pemenang.

Dengan cara seperti itu, boleh jadi resolusi tahun baru kita bakal tercapai.

Rekomendasi