Mengenal Saweran, Salah Satu Cara Streamer Menghasilkan Uang

Saweran enggak cuma buat nonton dangdut.
reza arap
Foto: @ybrap
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Streamer sekaligus musisi Reza Arap kaget melihat saldo donasinya. Ketika melakukan live streaming Valorant bersama beberapa kawan, ia mendapat ‘saweran’ senilai Rp70 juta. 

Bukan hanya angkanya yang bikin Arap terkejut. Ia juga kaget karena baru melakukan streaming selama dua jam.

Dalam dunia per-streaming-an, saweran yang Arap peroleh termasuk salah satu cara streamer menghasilkan uang. Ini lazim disebut donasi, saweran, atau ‘penyemangat’. 

Tiap platform punya penyebutan dan sistem yang berbeda. Facebook punya nama dan sistem sendiri, begitu pula Youtube. Namun, kali ini kita akan secara khusus membahas Twitch. 

Well, platform ini juga punya banyak variasi monetisasi, sih. Salah satunnya ‘Cheer’. Sistem ini memungkinkan seorang streamer mendapat suntikan semangat secara langsung dari penonton. 

Baca juga:  5 Aplikasi Rekam Layar di Laptop untuk Abadikan Aktivitas Gaming Kamu

Tentu saja bukan sekadar ucapan ‘semangat kakak’ atau ‘kamu pasti bisa’. Ketika melakukan Cheer, seseorang bakal menyemangati streamer terkait dengan cara mengirim sejumlah uang. 

Terdengar apa banget memang, tetapi fans-fans fanatik tak bakal segan merogoh kocek mereka untuk streamer kesayangan. Bahkan, tak sedikit yang sengaja melakukan Cheer hanya karena streamer tersebut sedang memainkan game favorit mereka.

Cara streamer menghasilkan uang lewat Twitch.

Untuk melakukan Cheer, kamu mesti memiliki Bits terlebih dahulu. Kira-kira semacam mata uang virtual khusus Twitch. Per Bits-nya setara dengan satu sen dolar Amerika Serikat.

Kamu bisa mendapatkan Bits tersebut dengan cara membeli langsung di Twitch. Bisa pula dengan mengikuti beberapa event atau menonton sejumlah iklan yang menyediakan hadiah Bits.

Baca juga:  Kami Menebak Game Favorit Loki, Canda Loki

Ketika kamu sudah memilikinya, kamu bisa langsung mengklik tombol Cheer di kolom obrolan live streaming. Berikutnya akan muncul jendela khusus untuk memasukkan jumlah Bits yang ingin kamu sawerkan. 

Soal jumlahnya? Bebas, terserah kamu.

Yang jelas, semua saweran tersebut kelak akan ditotalkan, lalu ditampilkan lewat sebuah leaderboard oleh si streamer. Tak cuma total saweranmu, di sana juga bakal terlihat semua orang yang memberi saweran.

Siapa yang paling banyak dan siapa yang paling sedikit akan tersusun berurutan sesuai jumlahnya. Namun, si pemilik akun streaming bisa memilih apakah ingin menampilkannya atau tidak.

Mereka juga bisa menentukan untuk tidak menggunakan sistem Cheer sama sekali. Yang memilih opsi ini biasanya streamer yang sudah populer karena punya opsi pemasukan lain seperti sponsor dan fitur langganan.

Baca juga:  Sederet Tingkah Nyebelin para Gamer (Part 2)

Jika kami tidak lupa (dan tidak malas), mungkin kita akan membahas dua sistem yang juga termasuk cara streamer menghasilkan uang tersebut di lain waktu.

***

Top up diamond Mobile Legends, ya, di itemku! Udah hemat, gampang, cepat pula. Langsung cus aja!

Untuk press release, iklan, dan kerja sama lainnya dapat mengirim email ke anggasp@fivejack.com.

Rekomendasi