Mengenal Free Fire World Series, Turnamen Esports Terbesar Garena

Setelah sempat vakum pada 2020, Garena memastikan bahwa turnamen terbesar mereka yang bernama Free Fire World Series akan kembali tahun ini.
Turnamen Free Fire World Series
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Survivors di seluruh dunia bakal segera berhadapan dengan turnamen internasional terbesar Garena: Free Fire World Series (FFWS). Garena mengatakan bahwa bakal ada dua rangkaian dalam turnamen tersebut, yakni pada April dan November 2021.

Seperti biasa, Garena menyebut semua turnamen itu sebagai komitmen dan upaya untuk terus meluncurkan konten menarik bagi komunitas Free Fire di seluruh dunia. Secara khusus, mereka ingin skena esports, khususnya Free Fire, bisa bersaing dengan esports lain.

“Garena dengan bangga mengumumkan roadmap Esports 2021 untuk Free Fire yang berisi tiga rangkaian turnamen internasional. Saat ini, tim-tim esports Indonesia sedang bertarung pada Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring,” kata Christian Wihananto, Produser Free Fire Indonesia, dalam rilis yang EXP terima.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 5 Tim Esports Terbaik Versi EXP

Christian melanjutkan, mereka ingin tim-tim esports lokal bisa berpartisipasi. “FFIM bertindak sebagai babak qualifiers untuk Indonesia sebelum nantinya, tim teratas akan mendapat kesempatan untuk maju ke kejuaraan FFWS mewakili Indonesia memperebutkan titel juara dunia Free Fire.”

“Melihat hasil dari turnamen-turnamen Free Fire esports di Indonesia sebelumnya, kami percaya bahwa tim-tim esports Indonesia mampu menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan di kompetisi tingkat dunia,” sambung dia.

Sempat vakum

Free Fire World Series (FFWS) adalah turnamen esports terbesar dan paling ikonik dari Free Fire. Pada 2019, turnamen ini memperoleh lebih dari 2 juta peak concurrent viewers (PCV) online. Ini rekor dunia untuk pertandingan turnamen mobile esports kala itu.

Pada 2020, FFWS sempat vakum karena pandemi. Garena lantas menggantikannya dengan Free Fire Continental Series (FFCS). Namun, pada 2021, FFWS akan kembali hadir dengan dua edisi sekaligus pada dua waktu terpisah, yakni April dan November.

Baca juga:  Agenda Puncak Free Fire x Money Heist Berlangsung Hari Ini

Menurut Garena, FFWS tahun ini akan kembali dengan skala dan produksi lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya cuma mencakup sembilan kawasan (Amerika Selatan, Eropa, dan Asia), FFWS edisi April akan mempertemukan 22 tim dari 13 kawasan sekaligus. 

Roadmap Turnamen Free Fire

Tak cuma itu, FFWS 2021 juga akan memperebutkan total prize pool sebesar 2.000.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp28 miliar. Yang spesial dari angka tersebut, ia menjadi jumlah hadiah terbesar dalam sejarah turnamen esports Free Fire.

Garena sendiri melakukan sejumlah hal untuk menyambut hajatan besar itu. Salah satunya memperkenalkan logo baru. Di sana terlihat huruf “W” dan “S” yang saling terkait sebagai inisial dari “World Series”. Rancangan trofi turnamen juga akan mencerminkan logo FFWS yang baru.

Baca juga:  Made Bagas 'Zuxxy': 17 Tahun, Peraih Esports Awards 2020

Selain itu, di antara kedua edisi FFWS April dan November, Garena juga akan mengadakan Free Fire All Stars pada Juli. Ini adalah turnamen khusus bagi para influncer top dan pro player Free Fire di seluruh dunia. Sekarang, kita hanya perlu bersabar menanti datangnya tiga turnamen besar itu.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up diamond Free Fire termurah se-Indonesia di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung dan ikutan tebak skor hasil pertandingan MPL ID Season 7 di Forum itemku.