Mengapa Football Manager 2021 Tak Hadir di PlayStation?

Untuk versi konsol, Football Manager 2021 belum akan tersedia di PlayStation alias PS. Padahal game ini dipastikan hadir di Xbox dan Nintendo.
football manager 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pertengahan 2020 lalu Direktur Sports Interactive, Miles Jacobson, bikin gempar jagat maya pas bilang bahwa Football Manager 2021 akan hadir di Xbox. Gimana enggak? Sudah sedekade lebih game simulasi manajer sepak bola itu enggak nongol di konsol.

Tentulah banyak yang menyambut girang kabar ini. Dengan hadir di konsol, orang-orang jadi punya banyak opsi buat mainin FM. Sekarang kalau punya Xbox udah cukup. Enggak perlu ribet lagi buat download FM di Steam atau Epic Games via Laptop.

Yang jadi soal, Sports Interactive benar-benar cuma berencana merilis FM21 di Xbox untuk versi konsol. Para penggemar PlayStation (PS) lantas berang. Di Twitter, banyak yang ngata-ngatain Jacobson karena keputusannya itu. Tapi Jacobson punya alasan kuat.

Baca juga:  Rahasia di Balik Komentator Video Game Sepak Bola

Dia bilang, tak ada ajakan dari Sony untuk membuat FM tersedia di PS. Sebaliknya, Microsoft memang sejak lama menginginkan mereka hadir di Xbox.

Football Manager 2021
Football Manager 2021.

“Microsoft butuh 11 tahun untuk bikin kami balik ke konsol. Mereka yang memang sudah menginginkannya (Football Manager) sejak lama,” kata Jacobson, dilansir NME.

“Jadi sekarang kami di platform yang memang menginginkan FM. Platform lain (PlayStation) mungkin juga punya keinginan sama. Tapi mungkin mereka punya target jangka panjang lain. Saya juga sejujurnya ingin sekali Football Manager hadir di PlayStation,” sambungnya.

Jacobson mengatakan, hadir di konsol bukan hal mudah bagi banyak developer. Pertama-tama mereka harus membuat versi berbeda dari sebuah game agar mampu berjalan di perangkat lain. Kedua, ada hitung-hitungan bisnis, misalnya soal biaya pengembangan.

Baca juga:  Exergaming: Esports yang Sesungguhnya

“Kamu enggak bisa begitu saja bikin Football Manager untuk PlayStation atau Xbox kecuali mereka yang ngajak. Ini berlaku juga buat Nintendo. Kalau kamu bisa, misalnya diundang atau kamu yang justru datang, keputusan ya atau tidaknya tetap di tangan mereka,” tutur Jacobson.

“Jadi pada akhirnya, kami enggak punya pilihan penuh. Kami juga enggak bisa datang dan bilang bahwa ‘ya’ kami akan melakukannya,” ungkap sosok berusia 49 tahun tersebut.

Football Manager 2021 untuk PC dan mobile sudah rilis pada Selasa (24/11/2020). Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp499.999 untuk versi PC. Adapun, versi mobile dibanderol seharga Rp149 ribu.