Main Game Bisa Membatalkan Puasa jika…

Apakah main game bisa membatalkan puasa? Pertanyaan itu sering muncul di benak kita tiap kali bulan puasa Ramadhan tiba, termasuk tahun ini.
flat screen computer monitor
Photo by Alexander Kovalev on Pexels.com
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bulan Ramadhan segera tiba. Biasanya, pada bulan ini muncul pertanyaan-pertanyaan seperti: Apakah main game bisa membatalkan puasa?

Sebelum menjawabnya, kita mesti tahu bagaimana Islam memandang video game. Berdasarkan ‘Hukum Game Online’ di laman resmi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, tertulis bahwa “hukum asal segala sesuatu adalah mubah, kecuali setelah ada dalil yang mengharamkannya”.

Nah, hingga hari ini belum ada hukum yang secara terang mengharamkan game. Oleh karena itu, game bisa kita sebut sebagai aktivitas mubah atau boleh-boleh saja. Meski begitu, kita perlu ingat bahwa hukum mubah bisa berdampak buruk dan menjadi haram jika penggunaannya salah.

Mahbub Maafi dari PBNU, dilansir Antara, mengutip contoh dari kitab al-Fiqh al-Manhaj soal olahraga catur. Di sana dia menyebutkan bahwa catur bermanfaat karena menghibur dan dapat mengasah kecerdasan. Namun, hukumnya bisa berubah menjadi haram jika berlebihan.

Baca juga:  Kenapa Sebaiknya Kamu Enggak Main Game saat Lebaran

“Bila seseorang tersibukkan dengan permainan tersebut sampai melampaui manfaat yang semestinya, maka hukumnya makruh. Dan jika berdampak sampai kepada menggugurkan sebagian kewajiban, maka hukumnya menjadi haram.” (Mushtafa Ahmad Khan dkk, al-Fiqh al-Manhaji, juz. VIII hlm. 166).

Merujuk pada penjelasan itu, main game selama puasa Ramadhan boleh-boleh saja dan tidak otomatis membatalkan puasa. Namun, ia bisa berubah menjadi aktivitas yang buruk seandainya kita mainkan secara berlebihan hingga melalaikan kewajiban seperti salat.

Mahbub Maafi juga menyebutkan, “mengingat bermain game acapkali membuat pelakunya menjadi pemalas dan turun etos kerjanya, maka kami cenderung untuk memakruhkan bermain game saat menjalankan ibadah puasa.”

“Bahkan bisa meningkat menjadi haram jika game itu mengandung konten romantisme dan seksualitas. Karena konten-konten tersebut pada umumnya bisa menjerumuskan kepada sesuatu yang diharamkan. Dan sesuatu yang menghantarkan kepada sesuatu yang diharamkan maka sesuatu itu menjadi haram.”

Baca juga:  Link Download X8 Speeder Tanpa Iklan Terbaru

Ada sejumlah hal lain yang juga bisa membuat main game membatalkan puasa. Apa saja?

Lagi main game, terus muntah

person holding apple magic mouse
Foto: Vojtech Okenka di Pexels.com

Ketika lagi asyik main game, terus melihat adegan yang membuatmu muntah, itu tak masalah. Beda halnya kalau kamu muntah secara sengaja. Misal, nih, kamu iseng memasukkan mouse ke dalam mulut, terus langsung muntah. Itu terhitung sebagai muntah yang disengaja. Puasamu bakal batal.

Main game sambil bekam

set of vials and test tube of blood
Foto: Karolina Grabowska di Pexels.com

Beberapa ulama menyebutkan bahwa bekam tak membatalkan puasa. Namun, sebagian lagi berpendapat sebaliknya. Soalnya, bekam merupakan aktivitas mengeluarkan darah kotor, sedangkan selama puasa kita tidak boleh mengeluarkan hal apapun secara sengaja — kecuali buang air.

Baca juga:  Review Game Unravel vs Little Nightmares 2: Mending Mana?

Main game sambil sebat

person smoking cigarette
Foto: fotografierende di Pexels.com

Di tempat rental atau warnet atau bahkan rumah sendiri, sering banget kita temukan orang-orang yang main game sambil sebat. Biar mulut enggak masam kali ya? Apapun itu, kamu enggak boleh melakukannya pas puasa nanti karena dijamin langsung batal.

Main game sambil makan dan minum

hamburger and fries photo
Foto: Jonathan Borba di Pexels.com

Puasa adalah upaya menahan hawa nafsu, termasuk makan dan minum dengan sengaja. Jadi, setop dulu ngopi sama makan mie instan pas main game selama bulan puasa. Udah jelas langsung batal kecuali enggak sengaja. Tapi jangan pura-pura enggak sengaja ya.

Main game sambil berhubungan seksual

Ini enggak perlu diperjelas lagi. Jadi, bagi kamu yang udah bersuami-istri tak boleh berhubungan seksual sebelum waktu puasa habis, entah sambil main game atau pun enggak. Oiya, kamu wajib mengganti puasa yang gugur itu ketika Ramadhan sudah berakhir nanti.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up diamond Free Fire termurah se-Indonesia di itemku

Rekomendasi