in

PES Mobile: Analisis Pelatih M. Gallardo

marcelo gallardo pelatih pes mobile

Dari sekian banyak formasi di eFootball PES Mobile, formasi 4–3–1–2 termasuk salah satu yang sulit dihadapi. Nah, salah satu pelatih PES Mobile yang terkenal dengan formasi tersebut adalah Marcelo Gallardo atau M. Gallardo. Guide ini akan coba menganalisis kelebihan, cara menggunakan, dan cara menghadapi pelatih tersebut.

Mau beli pemain di eFootball PES Mobile 2021? Top-up voucher Google Play di itemku dulu. Klik di sini untuk mulai belanja! 

Profil

Di kehidupan nyata, Gallardo adalah pelatih asal Argentina yang sangat mengedepankan sepak bola menyerang sekaligus agresif. Ia selalu ingin timnya menguasai bola, kemudian menekan setinggi mungkin, bahkan hingga ke pertahanan lawan.

Pendekatan itu berkaitan erat dengan masa lalunya. Saat masih menjadi pemain, ia pernah dilatih Marcelo Bielsa, pelatih yang memang sangat berpegang teguh pada sepak bola ofensif. Gallardo turut membawa ilmu tersebut di timnya saat ini, River Plate.

Kelebihan

marcelo gallardo pelatih pes mobile

Di PES Mobile, Gallardo hadir dengan formasi 4–3–1–2. Kelebihan formasi ini terletak pada kerapatan di lini tengah. Pasalnya, dengan formasi ini, kamu akan menempatkan empat gelandang tengah sekaligus. Ini sejalan dengan keinginan Gallardo untuk selalu menguasai pertandingan.

marcelo gallardo pelatih pes mobile

Penempatan empat gelandang itu juga akan membuat pertahanan tim Gallardo sukar ditembus. Para pemain lawan mesti melewati empat gelandang itu terlebih dahulu. Selain itu, mereka juga bermain agresif lewat pressing ketat yang tentu akan sangat menyulitkan. 

Cara menggunakan formasi M. Gallardo di PES Mobile

1. Gunakan empat gelandang

Tentu, kamu wajib memainkan empat gelandang sekaligus. Kombinasinya: Satu gelandang serang, dua gelandang tengah, dan satu gelandang bertahan. Usahakan keempat gelandang tersebut adalah pemain dengan kemampuan pressing mumpuni agar formasi ini berjalan lancar.

2. Mainkan dua bek sayap dengan crossing mumpuni

Tak ada gelandang sayap maupun penyerang sayap dalam skema Gallardo. Sebagai gantinya, kamu wajib memiliki bek sayap dengan kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Pasalnya, bek sayap inilah yang akan jadi satu-satunya tumpuan kamu jika hendak menyerang via tepi. 

3. Lini tengah adalah kunci

Baik bertahan maupun menyerang, lini tengah bakal memegang peran penting. Saat bertahan, kamu bisa mengandalkan empat pemain di lini tengah untuk merebut bola sesegera mungkin. Lakukan pressing lewat dua pemain sekaligus dengan menekan tombol pressing, lalu arahkan ke atas dan menekannya.

Ketika bola berhasil dikuasai, segera lepaskan umpan panjang atau terobosan ke lini depan. Sebab, biasanya dua penyerang yang kamu mainkan tidak akan turun terlalu jauh. Oleh karena itu, memainkan setidaknya satu penyerang cepat adalah opsi yang bisa kamu pilih.

Cara menghadapi formasi M. Gallardo

1. Maksimalkan kedua tepi

Saat menghadapi tim yang pelatihnya M. Gallardo, menyerang lewat tengah bakal sedikit sulit, apalagi jika kamu tidak memiliki banyak pemain di area tersebut. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan sisi sayap. Ini bisa efektif karena tak banyak pemain dalam formasi Gallardo yang beroperasi di sana. Kamu bisa memainkan para penyerang sayap cepat atau lewat crossing kedua bek sayap.

2. Hindari menguasai bola terlalu lama

Yang berbahaya dari formasi M. Gallardo adalah ketika mereka melakukan pressing. Dalam kondisi ini, mereka kerap kali unggul jumlah pemain lantaran komposisi lini tengah. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan terlalu lama memainkan bola di area tersebut kecuali kamu memang terbiasa memainkan possession football.

3. Waspadai dua bek sayap

Meski lini tengah jadi kekuatan utama, formasi Gallardo juga bisa menebar ancaman via sayap. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kita terlalu fokus bertarung di lini tengah. Dalam kondisi itu, dua bek sayap formasi Gallardo akan naik sehingga membuka opsi operan tambahan.

Kamu wajib menghindari situasi ini sebab saat berada di area sisi penyerangan, crossing dua bek tersebut bakal sangat mengancam. Mengapa? Sebab ada dua penyerang sekaligus yang siap menyambut, bahkan bisa saja menjadi empat jika gelandang-gelandang mereka turut mengisi kotak penalti.

Pada akhirnya skill kamu sendirilah yang menentukan. Namun, memahami pendekatan formasi M. Gallardo di PES Mobile juga bisa menjadi kunci kamu untuk meraih kemenangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings