Kilas Balik 2020: Inilah 10 Game Terbaik 2020 Versi EXP

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Di pengujung 2020, EXP akan menyajikan daftar game terbaik tahun ini sekaligus jadi pengingat, bahwa 2020 tak cuma tentang pandemi.

Kita telah tiba di pengujung 2020. Tenang, kami tak akan bicara tentang pandemi COVID-19 yang tentu akan membuatmu bosan. Di pengujung tahun ini, kami coba menyajikan daftar game terbaik 2020. Sebagian memang rilis tahun ini, sebagian lagi sudah rilis sejak lama.

Game apa saja?

Valorant

Valorant

Valorant adalah pendatang baru yang mampu meraih banyak penggemar dengan cepat. Skena esports-nya juga langsung menjamur. Game ini mengusung mode FPS yang dipadu dengan karakter yang punya ability unik. Karena itu, banyak yang menyebut Valorant sebagai perpaduan antara CS:GO dan Overwatch.

Tak butuh spek PC yang kelewat gahar untuk bisa merasakan keseruannya. Ini yang patut diapresiasi. Ukurannya cuma sekitar 8GB dan sudah bisa kamu mainkan pada PC yang bahkan cuma punya VGA on-board.

Ghost of Tsushima

Ghost of Tsushima (GoT) mengangkat kisah samurai dengan cara yang paling tradisional. Di game ini kamu akan menemui berbagai unsur kebudayaan seperti literatur, tempat, hingga kebiasaan masyarakat pada masa lampau.

Meski bukan game pertama yang mengangkat tema samurai, bisa dibilang GoT adalah judul terbaik yang ada. Alexis Nedd dari Mashable memuji jalan ceritanya, sedangkan Christopher Byrd dari Washington Post menyebut GoT sebagai game yang indah. Game ini juga memiliki nilai jual lebih dengan mengusung konsep open world.

Fall Guys: Ultimate Knockout

Tanpa memainkannya kamu bisa langsung mengklaim Fall Guys: Ultimate Knockout sebagai game yang menyenangkan. Nah, begitu menjajalnya, aspek tersebut bakal kian kentara.

Baca juga:  Cara Menghabiskan Uang yang Enggak Bikin Stres kayak Kripto: Main Game

Ini adalah game battle royale yang mewajibkanmu berlari ke garis finis sambil menjatuhkan pemain lain dan melewati berbagai jenis rintangan. Yang menarik, karaktermu berbentuk ‘kacang polong’ menggemaskan.

Spider-Man: Miles Morales

Sebagaimana judulnya, Miles Morales menjadi karakter utama game ini. Artinya, ini bukan sekuel Spider-Man yang rilis di PS4 dua tahun lalu. Spider-Man: Miles Morales adalah game terpisah yang hadir secara ekslusif di PS5.

Orang-orang jatuh cinta pada grafis yang tersaji. Namun, hal menarik bukan cuma itu. Game ini benar-benar menampilkan arti dari ‘Friendly Neighborhood Spider-Man’, sesuatu yang tak terlihat di judul-judul pendahulunya.

The Last of Us Part II

the last of us part 2

Sejak judul pertama pada 2013 lalu, The Last of Us (TLOU) langsung mencuri hati gamer di seluruh dunia. Grafiknya jempolan, sedangkan gameplay-nya benar-benar mengesankan.

Naughty Dog selaku pembesut game ini lantas selalu berusaha menyajikan hal serupa di judul-judul berikutnya, termasuk The Last of Us Part II. Sekuel TLOU ini bahkan dinobatkan sebagai Game of The Year di ajang The Game Awards.

Microsoft Flight Simulator

Flight Simulatr

Microsoft akan selamanya bangga dengan keputusan mereka merancang ulang Flight Simulator. Pasalnya, game yang akhirnya mereka rilis pada Agustus 2020 ini tak ubahnya sebuah mahakarya.

Baca juga:  Konosuba Tier List, Panduan Khusus untuk Memilih Karakter

Game ini membawa simulasi penerbangan dengan cara yang paling realistis. Kita akan bicara soal pemandangan, suhu, cuaca, hingga jarak tempuh. Seorang gamer bahkan berhasil membuktikan betapa akurat game ini.

League of Legends: Wild Rift

Wild Rift

RIOT lewat League of Legends berhasil menggoyang singgasana DOTA 2 di ranah MOBA PC. Kini, mereka menyasar lini mobile yang selama bertahun-tahun seolah jadi milik Mobile Legends lewat League of Legends: Wild Rift.

Kita belum bisa melihat hasilnya. Namun, sejauh ini Wild Rift amat menjanjikan. Dari segi kuantitas, sudah lebih dari 10 juta orang yang mengunduhnya. Dari segi kritis, game ini mendapat ulasan yang positif.

Animal Crossing: New Horizons

Tujuh judul sebelumnya adalah game yang hadir di PC dan mobile. Nah, khusus di urutan ini, kami menyelipkan game Nintendo Switch. Judulnya Animal Crossing: New Horizons.

Game ini memungkinkan kita berpetualang dan mengembangkan sebuah pulau. Dengan grafis dan karakter menggemaskan, kamu bisa melakukan banyak hal yang sekilas agak mirip Harvest Moon.

Hades

Lewat Hades, Supergiant Games membawa kisah klasik mitologi Yunani. Ini adalah game bergenre roguelite yang bercerita tentang Zegreus, putra Hades. Ia ingin mencapai dunia permukaan dengan meninggalkan dasar neraka.

Sebagaimana sebagian besar game Supergiant, jualan utama Hades adalah cerita yang begitu kuat. Akan ada pula sejumlah dialog berisi yang terasa hidup berkat lakon para tokoh di dalamnya.

Baca juga:  Baru Open Beta, LoL Wild Rift Sudah Duduki Tangga Teratas Play Store

Sepanjang 2020, Hades telah memenangkan empat penghargaan. Di antaranya adalah Best Indie dan Best Action di The Game Awards.

Genshin Impact

Genshin Impact resep

Banyak yang akan kita sebut jika bicara soal game hype pada 2020. Tapi yang pasti, Genshin Impact bakal jadi salah satu yang disebut. Game dengan grafis bergaya anime ini sukses secara kuantitas maupun kritis.

Kamu akan berperan sebagai traveler yang mencari tahu ke mana saudaranya pergi sembari menjelajahi dunia. Nah, dunia tersebut adalah Teyvat, sebuah dunia super luas yang dipimpin tujuh dewa dengan tujuh elemen berbeda.

Among Us

Among Us

Ya, Among Us. Game ini sebetulnya sudah rilis sejak 2018 dan sempat cuma memiliki 30 pemain. Namun, seiring dengan pandemi yang menyerang pada 2020, tiba-tiba saja ia mendadak populer.

Among Us punya grafis serta gameplay yang amat sederhana. Bisa bermain hingga 15 orang sekaligus, kita akan berperan sebagai crewmate atau impostor yang masing-masing punya misi berbeda.

***

Itulah 10 game terbaik 2020 versi kami. Edisi ‘Game Terbaik’ sendiri akan mengawali seri artikel ‘Kilas Balik 2020’ EXP. Selama kurang lebih sepekan ke depan, kami akan menyajikan artikel-artikel serupa dengan berbagai topik yang sekaligus jadi pengingat, bahwa 2020 tak cuma tentang pandemi.