Ketika Babi Main Game

Jika di masa depan kita melihat segerombolan babi yang tengah asyik main game FIFA, sepertinya kita tak perlu kaget lagi.
close up of hand feeding on tree trunk
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Jika suatu hari di masa yang entah kapan kita melihat tim esports yang berisi para babi sebagai atletnya, atau para babi yang tengah asyik main game FIFA, sepertinya kita tak perlu kaget lagi. Beberapa hari yang lalu, tanda-tandanya sudah terlihat.

Dalam riset yang dimuat di Frontiers, sekelompok ilmuwan dari Purdue University meneliti empat ekor babi. Dua di antaranya babi Yorkshire bernama Hamlet dan Omelette, sedangkan dua lainnya babi Panepinto yang dinamai Ebony dan Ivory.

Para ilmuwan itu melakukan penelitian dengan tujuan memahami kecerdasan hewan, khususnya babi. Mereka ingin mengetahui batas tertinggi dari kecerdasan tersebut sekaligus mencari letak perbandingannya dengan hewan lain dan manusia.

Baca juga:  Game di Korea Utara: Apakah Masyarakat Negara Otoriter Ini Main Game?

“Ada kemungkinan babi mampu memahami dan merespons sesuatu lebih baik daripada yang selama ini kita bayangkan,” kata Dr. Candice Crony, salah satu peneliti.

Percobaan pertama melibatkan joystick dan sebuah monitor komputer. Oleh para ilmuwan tadi, keempat babi akan diajari cara menggunakan joystick dengan moncongnya dan mengarahkan kursor ke arah empat target dalam video game sederhana yang sudah ditentukan.

Tiap kali berhasil menemui target, game akan memberi tanda berupa suara dan si babi akan mendapat reward dalam bentuk makanan. Menariknya, saat makanan tak diberikan, babi masih mampu memberi respons atas isyarat verbal yang dilakukan peneliti.

pink pig
Foto: Pexels.com

Proses itu sendiri berlangsung dalam dua masa berbeda. Hamlet dan Omelette hanya 12 pekan, sedangkan Ebony dan Ivory telah menjalani penelitian selama 15 bulan.

Baca juga:  Sempat Kena Banned, Netizen Malah Berbondong-bondong Download Game Lost Life

Hasilnya mengesankan. Keempatnya ternyata mampu mengontrol joystick dengan cukup baik. Dalam penelitian tersebut disebutkan pula bahwa apa yang ditunjukkan oleh keempat babi lebih dari sekadar kebetulan. Ini bukti bahwa babi tahu apa yang mesti mereka lakukan.

“Fakta bahwa babi mampu menyelesaikan tugas yang sebetulnya di luar kegiatan alaminya, menunjukkan sesuatu yang luar biasa sekaligus bukti kelenturan perilaku dan aspek kognitif mereka,” demikian tertulis dalam penelitian.

So, udah siap melihat babi main game di masa depan?

***
Beli top up dan voucher game terlaris, harga murah, aman dan praktis di itemku sekarang juga. Nikmati juga berbagai diskon dan potongan harga spesial yang akan dukung pengalaman belanja aneka voucher game kamu lebih hemat dan menyenangkan!