‘Jangan Beli iPhone 13’ Viral: Karena Tak Cocok Main Game?

Yang masih setia sama iPhone 7 ke bawah mana suaranya?
jangan beli iphone 13
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

iPhone 13 akhirnya resmi diluncurkan. Apple Event jadi venue peluncuran smartphone terbaru keluaran Apple tersebut, tepatnya pada Selasa (14/9/2021) pagi waktu setempat atau Rabu (15/9) dini hari WIB. Tak lama berselang, ungkapan ‘Jangan Beli iPhone 13’ viral di jagat maya.

Apakah karena tak cocok buat main game?

Melihat spesifikasi iPhone 13 sendiri, sepertinya ajakan jangan membeli gadget ini bukanlah karena tak cocok untuk main game. iPhone versi terbaru ini sudah mengusung chip A15 yang menjamin performa lebih gahar dari edisi sebelumnya. Itu belum menghitung sederet spesifikasi super lain.

Salah satunya, misal, kapasitas penyimpanan yang mencapai 500GB. Itu untuk penyimpanan tertinggi. Sementara untuk yang terendah adalah 128GB. Ini jauh meningkat dari iPhone edisi sebelumnya yang hanya memiliki kapasitas penyimpanan 64 GB.

Selain iPhone 13, Apple juga merilis iPhone 13 Pro, iPhone 13 Mini, dan iPhone 13 Pro Max dengan spesifikasi yang masing-masing berbeda. Meski begitu, pada dasarnya semua seri iPhone terbaru tersebut memiliki spesifikasi super. Main game? Tentu saja lancar jaya.

Berdasarkan penelusuran EXP, viralnya ajakan jangan beli iPhone 13 ternyata berkaitan dengan dua hal. Pertama, fitur futuristik yang ada pada iPhone itu sendiri, yakni telepon satelit. Sementara yang kedua adalah karena keberadaan iPhone 12.

Apa itu telepon satelite?

Apple menyematkan teknologi telepon satelit pada iPhone 13. Dengan fitur ini, smartphone super tersebut dikabarkan bakal memiliki konektivitas komunikasi low-earth-orbit (LEO). Pengguna bisa melakukan telepon dan mengirim pesan di area tanpa jangkauan jaringan berkat fitur tersebut.

Perangkat-perangkat lewas biasanya akan langsung memiliki Emergency SOS yang bisa digunakan saat jaringan tidak tersedia. iPhone 13 tidak seperti itu. Teknologi LEO memungkinkan smartphone ini tetap bisa berkomunikasi dengan memanfaatkan satelit.

Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan, fitur satelit iPhone 13 dan iPhone edisi-edisi berikutnya hanya akan tersedia di negara tertentu. Besar kemungkinan Amerika Serikat salah satunya. Mengapa? Sebab tak semua negara mengizinkan penggunaan telepon satelit.

Dilansir Phone Arena, ada 3,25 miliar populasi dunia atau kira-kira lebih dari 41 persen orang dari berbagai negara yang tidak akan kebagian fitur tersebut. Sementara itu, setidaknya ada 14 negara yang dipastikan tidak bakal mengizinkan atau sulit untuk mendapatkan izin penggunaan telepon satelit.

  • Bangladesh
  • Myanmar
  • Chad
  • China
  • Kuba
  • Ethopia
  • India
  • Nikaragua
  • Korea Utara
  • Rusia
  • Srilanka
  • Sudan
  • Turkmenistan
  • Sudan Selatan

Terlepas dari kondisi tersebut, fitur satelit bisa membuat pengguna selalu terhubung. Jika jaringan seluler dan wifi kamu bermasalah, misalnya, tak perlu khawatir karena bisa menggunakan satelit, meski kabarnya hanya bisa diaktifkan saat keadaan darurat.

Jangan beli iPhone 13 karena masih ada iPhone 12

Beberapa pengamat menyarankan untuk membeli iPhone 12 saja, alih-alih iPhone 13. Pasalnya, iPhone 12 menawarkan sejumlah hal yang pada dasarnya tak jauh berbeda dengan edisi terkini.

iPhone 12 hadir dengan layar 6,1 inci, sama dengan iPhone 13. Kedua ponsel ini juga memiliki dua kamera belakang dengan lensa wide 12 MP dan lensa ultra wide 12 MP. Persamaan lainnya terletak pada chip A14 Bionic yang tersemat pada kedua ponsel canggih tersebut.

Tak ayal jika banyak yang menyebut bahwa iPhone 13 lebih pantas dinamai iPhone 12S.

Saat bicara soal kapasitas penyimpanan, barulah muncul perbedaan di antara keduanya. iPhone 12 yang rilis beberapa tahun lalu punya kapasitas maksimal 256 GB dan minimal 64 GB. iPhone 13, di sisi lain, memiliki penyimpanan maksimal 512 GB dan paling rendah 128 GB.

Dengan begitu, tak banyak alasan untuk membeli iPhone 13 sesegera mungkin selain sekadar untuk ikutan tren. Mencoba iPhone edisi sebelumnya seperti iPhone 12 terbilang lebih bijak, terlebih harganya lebih terjangkau dan memiliki fitur yang cukup komplet.

Namun, jika memang hanya ingin iPhone 13, setidaknya tunggu review terlebih dahulu.

So, jangan beli iPhone 13?

***

Mau beli game mobile? Beli Google Play Voucher dulu di itemku! Pengiriman instan, termurah se-Indonesia pula.

Rekomendasi