Newbie Wajib Tau! Inilah Istilah dalam Mobile Legends

Ingat istilah dalam Mobile Legends berikut ini agar kamu makin pro dan gameplay semakin meningkat. Yuk, simak apa saja! 🎮🏆
mobile legends masih populer di indonesia
Foto: @fachrifhr/Deviant Art
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Sudah selama 5 tahun belakangan ini Mobile Legends menjadi game mobile yang populer di kalangan masyarakat. Hal ini terbukti dengan jumlah pengguna yang sudah mengunduh aplikasi Mobile Legends sudah mencapai lebih dari 100 juta kali di PlayStore. Kepopuleran Mobile Legends tak bisa datang begitu saja. Developer Mobile Legends, Moonton, secara rutin melakukan update game dan juga kompetisi tahunan bagi para user untuk mempertahankan hype. Selain itu, game Mobile Legends juga mendukung semua jenis perangkat smartphone Android atau bahkan iOS.

Nah, bagi kamu pemain ‘veteran’ maupun pemula (newbie) di Mobile Legends, apakah kamu sudah tahu istilah-istilah dalam Mobile Legends ini? Jika belum, simak daftar istilah dalam Mobile Legends berikut.

1. AFK (Away From Keyboard)

Istilah AFK tampaknya sudah tak asing lagi di beberapa telinga sebagian orang. Namun, tentu bagi kamu yang masih newbie akan bertanya-tanya. Mengapa sih kata ini sering disebut-sebut selama permainan?

AFK adalah kondisi saat pemain tidak berada di depan kendali. Sehingga kalian bermain dalam kondisi yang kurang lengkap.

Baca juga:  Kenapa sih Tak Ada Game Terkenal yang Menyelipkan Ramadhan?

2. DC (Disconnect)

Nah, ini juga salah satu istilah Mobile legends yang bisa membuat orang yang mendengarnya merasa kesal. Kata DC merupakan singkatan dari disconnect. Biasanya menggambarkan kondisi internet yang kurang stabil sehingga pemain tersebut terpaksa keluar pertandingan.

3. GG atau GGWP

GG atau GGWP sebenarnya merupakan istilah yang dahulu sempat muncul pada game MOBA Dota. Kata GG adalah singkatan dari Good Game, sedangkan GGWP adalah singkatan dari Good Game Well Played. Jadi biasanya istilah ini digunakan untuk memuji peforma pemain lain.

4. DPS

Istilah DPS juga sangat populer pada game-game lainnya seperti DOTA maupun Free Fire. DPS adalah singkatan dari Damage Per Second yang artinya adalah seberapa kerusakan atau sakit yang diperoleh saat melakukan serangan tiap detiknya.

5. CD

Cool Down atau CD adalah waktu kita menunggu agar skill hero terisi kembali. Pasalnya, saat game berlangsung, kamu tidak bisa secara terus menerus menghajar lawan. Jadi pastikan hero kamu beristirahat dulu, ya!

6. Buff

Hero memerlukan peningkatan skill dan level mereka agar bisa bertanding melawan musuh. Nah, sebutan untuk mendapatkan cara meningkatkan skill dan level tersebut adalah Buff. Buff bisa didapatkan dengan membunuh monster yang bersembunyi di hutan. Kemudian kamu akan mendapatan exp dan gold yang bisa kamu gunakan untuk membeli skill item hero.

Baca juga:  Istilah 'Gamer Sejati' Itu Norak, Kenapa Kamu Masih Memakainya?

7. Noob

Istilah dalam Mobile Legends selanjutnya adalah Noob. Banyak yang menggunakan kata Noob sebagai ejekan terhadap pemain lain yang skill gamenya kurang jago. Sebutan lain yang sama maknanya dengan kata Noob adalah Nub, Nob dan Newbie.

8. KDA

KDA adalah singkatan dari bahasa Inggris Kill, Death, Assist yang merupakan jumlah atau statistik permainan kamu. Bila statistik Kill dan Assist kamu tinggi sedangkan Death kamu rendah, maka sudah pasti pemain tersebut adalah pemain yang jago.

9. OP

OP atau Over Powered adalah istilah khusus untuk para hero Mobile Legends yang memiliki kekutan jauh di atas rata-rata. Biasanya hero keluaran terbaru Mobile Legends memiliki skill OP. Nah, istilah ini juga merupakan kebalikan dari istilah Noob ya.

10. Nerf

Nerf merupakan sebuah tindakan untuk membuat kekuatan hero kamu menurun. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan kekuatan hero antar pemain sehingga lebih kompak.

11. Farming

Kata farming di sini mungkin agak sedikit berbeda dengan arti farming dalam bahasa Inggris secara harfiah. Istilah farming dalam Mobile Legends mengacu pada kegiatan mengumpulkan gold dan exp.

Cara farming juga bermacam-macam. Bisa dengan membunuh monster di hutan atau membunuh creep. Bila gold dan exp sudah terkumpul maka kamu bisa meningkatkan level hero kamu.

12. Carry

Istilah Carry dalam Mobile Legends berarti hero yang memiliki serangan dengan kekuatan tinggi yang bisa menuntin tim menuju kemenangan.

Baca juga:  5 Game yang Paling Diantisipasi Kedatangannya pada Februari

13. Pushing

Mendorong agro minion di lane untuk menghancurkan benteng pertahanan musuh.

14. Turtle

Turtle adalah salah satu hewan yang bisa kamu temukan di dalam hutan. Dengan menangkap turtle, kamu bisa mendapatkan banyak uang sehingga makin memperkuat peforma tim kamu.

15. Battle Spell

Battle Spell merupakan skill aktif tambahan yang mampu memberikan perbedaan secara signifikan. Selain itu, Battle Spell juga dapat dipadukan dengan skill set dan gameplay hero lainnya. Beberapa contoh Battle Spell seperti flicker, arrival, sprint dan execute.

16. Roaming

Istilah Roaming dalam game Mobile Legends memiliki arti kamu harus melakukan perpindahan dari satu lane ke lane lainnya untuk membantu rekan satu tim.

Mobile Legends memungkinkan para hero bisa bertukar posisi antara satu sama lain dalam waktu yang ditentukan. Beberapa posisi yang sering kali melakukan roaming adalah posisi mid, melindungi teman (hero tank) dan menghabisi musuh (assasin).

17. META

META adalah sebuah singkatan dari kata Most Effective Tactic Available yaitu sebuah startegi dalam game. Nah, bila kamu mengikuti kompetisi game MDL dan MPL pastikan kamu memiliki META yang efektif ya.

Itulah rangkuman istilah dalam Mobile Legends yang perlu kamu ingat agar skill game kamu makin jago. Jadi kamu tak kebingungan lagi saat rekan tim kamu menyebutkan daftar istilah di atas ya.


***

Upgrade skin, gift hero dan gift item agar kamu tampil beda dengan pemain lainnya. Beli semua kebutuhan game mobile legends kamu di itemku sekarang juga dan nikmati promo termurah serta garansi pengiriman 10 menit.

Beli Voucher dan Top up mobile legends termurah? Hanya di itemku.

Rekomendasi