Kenapa game tidak pakai pintu
in ,

Viral Sujud ala Free Fire Ketika Salat: Bagaimana Hukumnya?

Ada-ada saja kelakukan bocil

Ramadhan belum memasuki pertengahan, cerita absurd udah ramai bermunculan. Kali ini soal video viral yang menunjukkan seorang bocah melakukan gerakan push-up ala Free Fire pas lagi sujud ketika salat berjamaah di masjid.

Saat sedang memperagakan gerakan sujud tersebut, si bocah malah mengangkat kedua kakinya ke udara. Kira-kira mirip gerakan atletik ‘tegak lilin’, bedanya ini pas lagi salat. Hadohhhh.

Sontak saja video itu mendadak viral. Apalagi, selain dilakukan pas salat berjamaah, fenomena ini juga muncul di beberapa video lain yang turut beredar di dunia maya, terutama di kalangan fans Free Fire.

Gerakan push-up sendiri memang jadi ciri khas game itu. Sebutannya emote. Ini semacam gerakan animasi singkat yang kita gunakan pada karakter game. Seperti skin, fitur ini juga termasuk salah satu kosmetik di Free Fire.

Lantas, apakah sebetulnya boleh melakukan gerakan sujud Free Fire tersebut? Tentu saja boleh, kisanak. Namun, jika kamu melakukannya ketika sedang salat, apalagi berjamaah di masjid, ceritanya bakal berbeda.

Baca juga:  Rekomendasi Game FPS dan TPS Terbaik untuk HP 'Kentang'
sujud push up free fire
Foto: Guru Gamer.

Simak hadis ini:

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: Dahi –dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau–, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Nah, tak ada tuh yang namanya sudut sambil mengangkat kedua kaki seperti tegak lilin. Kalau belum cukup, perhatikan penjelasan tata cara sujud yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW berikut:

  1. Menempelkan dahi dan hidung di lantai.
  2. Meletakkan kedua tangan di lantai dan sejajar dengan pundak atau telinga.
  3. Merapatkan jari-jari tangan dan menghadapkannya ke arah kiblat.
  4. Mengangkat kedua lengan dan membentangkannya sehingga jauh dari lambung.
  5. Menempelkan kedua lutut di lantai.
  6. Bersikap i’tidal ketika sujud (Merenggangkan antara betis dengan paha, dan meregangkan antara perut dengan paha, masing-masing kurang lebih 90 derajat).
  7. Meletakkan ujung-ujung kaki dan ditekuk sehingga ujung-ujungnya menghadap kiblat.
  8. Merapatkan tumit.
  9. Melaksanakan gerakan sujud sebagaimana di atas dengan sungguh-sungguh.
Baca juga:  Yang Haram dan Tidak Berpintu: Kenapa Sih Kamu Suka Mencela Game Orang?

Dari penjelasan itu sudah sangat jelas bahwa gerakan sujud ala Free Fire tidak boleh kamu lakukan ketika salat. Terlebih, selain tak sesuai tuntunan, gerakan tersebut dapat membahayakan tubuh kita.

Menurut Bobby Nelwan selaku dokter ortopedi dari Royal Sport Medicine Centre, seperti kami lansir dari Detik, gerakan ini dapat menyebabkan patah tulang mau pun pergeseran sendi. Bahkan tak cuma tangan, tetapi juga bahu.

Jadi, sebaiknya kamu menghindari gerakan sujud ala Free Fire ini, ya!

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top up Free Fire termurah se-Indonesia di itemku!

Untuk pengiriman press release, iklan, dan kerja sama lainnya dapat mengirim email ke anggasp@fivejack.com.

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings