Hari Tani Nasional: Rekomendasi Game Pertanian untuk Android

Kami membahas game pertanian untuk Android sebagai upaya menyemarakkan Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September.
carousel_800x400_04-min
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Indonesia memperingati 24 September sebagai Hari Tani Nasional. Hari ini, Kamis (24/9/2020), adalah yang ke-57. Yup, Hari Tani Nasional pertama kali diperingati pada 1963 yang ditetapkan melalui Kepres RI No.169.

Penetapan itu berdasarkan tanggal keluarnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) pada 1960. Panjang sejarah dan banyak sekali panitia terbentuk sebelum ia keluar, tetapi payung UUPA adalah pengelolaan agraria nasional.

Acuannya terdapat dalam Pasal 33 ayat (3) UUD 1945, bahwa: “Bumi dan air dan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya, dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.”

Ada semangat perjuangan petani yang dibawa melalui undang-undang itu. Ada ingatan tentang perlawanan terhadap koloniasme. Juga soal usaha mengenang semuanya dan membebaskan para petani dari penderitaan.

Lewat cara yang berbeda, kami juga akan mengenang perjuangan para petani pada peringatan yang ke-57 ini. Tepatnya, kami membahas beberapa game tentang pertanian untuk Android.

FarmVille 2: Country Escape

Sempat eksis di Facebook, FarmVille 2: Coutry Escape melebarkan sayap ke ranah mobile. Ini game simulasi yang memungkinkanmu melakukan berbagai aktivitas pertanian dan pertambangan.

Kamu dapat berkebun, beternak, dan sejenisnya sebagai mode utama. Di luar itu, kamu dapat mengikuti sejumlah event secara online. Dari sini unsur kompetifinya cukup tinggi sebab kamu akan bersaing dengan pemain lain.

Family Island

Kamu akan berada di sebuah pulau terpencil pada game ini. Tentu tak akan kamu temui peralatan-peralatan modern seperti sekarang sebab setting-nya bahkan tampak seperti di zaman lampau.

Tugasmu membantu Bruce, Eva, dan anak-anaknya membangun keluarga dan menjalankan pertanian demi bertahan hidup. Banyak yang bisa dilakukan seperti mencari bahan bangunan hingga memasak dengan segala yang tersedia.

Hay Day

Familiar dengan Clash of Clans? Hay Day juga diproduksi oleh pengembang yang sama dengan game tersebut. Game ini sendiri tak banyak dengan game-game bertema pertanian lainnya.

Tugasmu sesederhana membersihkan kebun, menanam, merawat hewan ternak, dan membangun sejumlah bangunan. Namun, area game ini terasa luas karena ada banyak tempat dan mini game yang bisa kamu jelajahi.

Family Farm Seaside

Mirip-mirip FarmVille 2: Coutry Escape, ada sisi kompetitif pada game ini. Kamu bisa mengikuti kompetisi kecil bernama Farm Beauty Contest untuk menentukan siapa petani terbaik.

Di luar itu, game ini adalah game pertanian yang generik. Kamu akan bertugas menanam sayuran dan buah-buahan. Yang menarik, kamu bisa langsung mengolah bahan-bahan pertanian tersebut.

Farm Frenzy

Di Farm Frenzy, kamu bertugas mengubah ladang tandus menjadi lahan pertanian guna menghasilkan banyak uang. Ada semacam level di sini, yang tingkatannya mencapai 72. So, bisa dibilang game ini cukup menantang.

Terlebih, sebagaimana versi PC, Farm Frenzy bakal menguji manajemen waktumu. Dalam waktu terbatas kamu mesti mengumpulkan telur, mengolah ternak, hingga memasak dalam waktu berdekatan.

Farm Frenzy sendiri, juga keempat game sebelumnya, hanya sedikit dari begitu banyak game bertema pertanian yang bisa kamu mainkan. Kamu dapat menelusuri Play Store untuk melihat dan mencoba game lain.

Btw, Selamat Hari Tani Nasional!