Gemscool Tutup, Bukti Warnet Mulai Ditinggalkan?

Kabar sedih di hari Jumat: Gemscool tutup per 31 Maret 2021 nanti. Apakah ini tanda mulai ditinggalkannya game-game warnet?
point blank, gemscool
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kita mesti menghadapi Jumat (12/3/2021) dengan kabar sedih. Salah satu publisher game ternama, Gemscool, mengumumkan bahwa semua layanan di Indonesia bakal mereka tutup per akhir bulan ini. Yup, 31 Maret 2021.

Kabar itu tersebar melalui laman resmi Gemscool. Namun, enggak mereka jelaskan alasannya. Sebetulnya Gemscool mencantumkan tombol ‘selengkapnya’ di sana tetapi enggak ada penjelasan apa-apa ketika kita mengklik tombol tersebut.

Bagaimanapun, jelas saja ini kabar menyedihkan. Gemscool adalah salah satu publisher populer dan bahkan terbilang sukses. Pernah main Point Blank? Nah, itu salah satu game yang mereka impor sekaligus yang mempopulerkan nama Gemscool di Indonesia.

point blank, game yang membesarkan Gemscool

Satu game lain yang juga cukup sukses melejitkan Gemscool adalah Lost Saga. Ini game pertarungan yang tiap karakter di dalamnya punya skill dan baju khas menarik. Di dalamnya juga terdapat banyak mode permainan seperti memancing dan mencari harta karun.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Cheat PB Zepetto 2021 Termudah

Namun, sembilan tahun saja ia bertahan di Indonesia. Pada Juni tahun lalu Gemscool memastikan bahwa mereka bakal menutup total semua layanan game Lost Saga, sebuah kabar yang rupanya cuma awal dari kabar sedih lain yang akhirnya kita terima hari ini.

Game warnet mulai ditinggalkan?

Industri game hari ini sudah sangat berbeda dibandingkan dengan sepuluh tahun lalu. Sekarang semua orang bisa main game dengan gampang. Toko online udah tersebar di mana, layanan distribusi game juga semakin jadi favorit orang-orang.

Kalau kita biasa main game di PC, tinggal buka Steam atau Epic Games Store. Setiap konsol terkenal juga punya lamannya masing-masing, baik Nintendo, PlayStation, ataupun Xbox. Di sisi lain, developer biasanya juga punya laman sendiri untuk mendistribusikan game mereka.

Baca juga:  Point Blank: Bukan Sekadar Game Bocah Warnet

Ini belum bicara soal game mobile yang juga berkembang sangat masif. Enggak terhitung berapa banyak game yang bisa kita unduh di PlayStore dan App Store. Di dunia yang serba cepat kayak sekarang, yang begini lebih disukai orang-orang karena praktis.

Barangkali itulah yang bikin Gemscool tutup dan kesulitan berkembang belakangan ini. Tak cuma mereka malah, masih ada publisher lain yang mulai terengah-engah. Pada 2019 aja nih, beberapa publisher resmi menarik game mereka, misalnya RF Online dan Dragon Nest.

Seperti Lost Saga, dua game tersebut tenar berkat kehadiran warnet. Lantas, karena semua layanan game-game itu resmi tutup, apakah ini berarti warnet sudah mulai ditinggalkan?

Baca juga:  Tier List Makanan dan Minuman Warnet: Mana yang Ngangenin?

Entahlah. Yang jelas, untuk saat ini kita cuma bisa mengucapkan ‘selamat tinggal’ untuk Gemscool.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih menyenangkan dengan top-up cash Point Blank termurah se-Indonesia di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung di Forum itemku untuk berdiskusi seputar game dan esports bareng gamer lainnya.

Rekomendasi