Anak Warnet Merapat! Inilah 5 Game Terbaik Gemscool

Mengkhidmati Gemscool yang tutup per akhir Maret nanti, kami membahas sederet game terbaik Gemscool yang pernah hadir di Indonesia.
point blank, game yang membesarkan Gemscool
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan Gemscool tutup meninggalkan sederet kenangan tentang game terbaik yang pernah mereka bawa ke Indonesia. Kami membahas beberapa di antaranya.

Point Blank

point blank, gemscool

Kalau kamu anak warnet, besar kemungkinan kamu pernah menjajal Point Blank. PB, demikian game ini biasa disebut, memang termasuk salah satu game online paling populer pada masanya.

Game itu sendiri dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan bernama Zepetto. Pada 2009, PB pertama kali masuk Indonesia di bawah naungan PT Kreon melalui layanan Gemscool.

PB hadir di Indonesia dengan harapan menjadi kompetitor Counter Strike: Global Offensive yang kala itu memang populer. Karena jumlah pemainnya yang sangat banyak, misi tersebut tampaknya berjalan lancar.

Lost Saga

Salah satu game casual fighting favorit pada masanya. Game ini memungkinkan pemain untuk bertarung dengan pemain lain. Ada banyak hero yang bisa dipilih dan semuanya punya kemampuan dan kostum menarik.

Baca juga:  Mengenal Gembel Cit, Pusat Cheat Point Blank dan Cara Menerapkannya

Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai mode pertarungan selama bermain. Kalau bosan, kamu bahkan bisa melakukan kegiatan lain seperti mencari harta karun dan memancing.

Karena popularitasnya, game ini sempat menghadirkan beberapa hero lokal seperti Gatotkaca. Sayangnya, Gemscool menutup layanan Lost Saga di Indonesia pada 2019.

Dragon Nest

Dragon Nest adalah salah satu bukti popularitas warnet bertahun-tahun lalu. Pertama kali diperkenalkan pada 2010, game besutan Eyedentity Games ini jadi favorit para penggemar game online, khususnya anak warnet.

Orang-orang menyukai game ini karena membawa tema real time combat. Ini berbeda dengan kebanyakan game MMORPG lainnya. Apalagi, pemain bebas menggerakkanya sesuka hati.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Cheat PB Zepetto 2021 Termudah

Sayangnya, Gemscool selaku distributor resmi menutup layanan game tersebut pada Juni 2019. Padahal, di negara asalnya, Korea Selatan, Dragon Nest masih cukup populer.

Atlantica Online

Game terbaik Gemscool berikutnya adalah Atlantica Online. Pada 2016, layanan game ini sempat tutup yang tentu bikin para Atlantian (pemain Atlantica) berduka. Mau bagaimana lagi, game RPG ini memang jadi disukai oleh banyak orang. 

Namun, Gemscool membawa kembali Atlantica Online dua tahun berselang. Gemscool sudah mulai ‘sekarat’ kala itu dan upaya membawa Atlantica Online adalah cara untuk kembali mencari panggung.

Mula-mula usaha mereka tampak berjalan lancar karena para Atlantian menyambut game ini dengan sangat antusias. Sayangnya, periode kedua Atlantica Online cuma bertahan hingga Oktober tahun lalu.

Luna Online

Luna Online, salah satu game terbaik Gemscool

Luna Online adalah game MMORPG favorit banyak orang ketika warnet masih jaya-jayanya. Game ini mengusung grafis bergaya kartun lucu dengan dunia bernama Blueland sebagai latar tempat.

Baca juga:  Cara Mudah Transfer Akun PB Garena ke Akun PB Zepetto

Eyesoft yang pertama kali membawanya ke Indonesia. Namun, pada 2012, game ini tutup. Pada 2017, seperti Atlantica Online, Gemscool membawa Luna Online kembali ke Indonesia.

Sayangnya, lagi-lagi, game tersebut tak bertahan lama. Gemscool menutup layanan Luna Online pada awal 2020.

Honorable mentions

Freestyle Street Basketball, Ghost Online, Yughang Online.

Itulah lima game terbaik Gemscool versi EXP. Beberapa masih bisa kita mainkan, tetapi sebagian besar sudah tak tersedia di Indonesia, sebagaimana Gemscool yang akan tutup per akhir Maret ini.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih menyenangkan dengan top-up cash Point Blank termurah se-Indonesia di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung di Forum itemku untuk berdiskusi seputar game dan esports bareng gamer lainnya.