Stardew Valley salah satu game paling burik
in

Semua yang Perlu Kamu Tahu soal Game Paling Burik di Dunia

Perdebatan yang sungguh tidak penting.

Perdebatan soal game paling burik di dunia, game 8 bit yang bikin sakit mata, dan sederet julukan negatif sejenisnya kayak enggak habis-habis. Semakin hari semakin banyak aja orang ribut dan ngejek game lain yang bagi mereka punya grafis cupu.

Nah, buat meredakan segala perdebatan tersebut, kami bakal ngasih penjelasan singkat soal segala hal tentang game paling burik di dunia dan alasan mengapa ejekan ini sebaiknya kita buang jauh-jauh aja.

Hah, game paling burik di dunia? Emangnya game yang gimana tuh?

Hmmm.. berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) nih, ya, burik itu bisa berarti ‘bopeng’ dan ‘berbintik-bintik putih seperti pada bulu ayam’. Jadi, udah jelas banget kalau maknanya negatif, bahkan cenderung dipakai buat ejekan. Ini ngarah ke grafis sebuah game yang relatif enggak bagus.

Baca juga:  Cara Download dan Memainkan Harvest Moon Back To Nature PC

Ejekan?

Iyapp. Beberapa gamer yang merasa game favoritnya lebih superior dalam hal grafis sering ngejek game lain yang menurut mereka paling burik di dunia.

Kasih contoh dong!

Hmm.. masak begini aja enggak tahu.

Free Fire tahu kan? Itu salah satu game yang sering diejek dan disebut sebagai game paling burik di dunia. Sebutan panjangnya: Game burik 8 bit yang bikin sakit mata. Nah, yang bisa ngejeknya tuh gamer PUBG Mobile.

Perasaan FF enggak jelek-jelek banget deh.

Betul. Memang sebenernya enggak burik-burik amat, sih. Dari segi grafis Free Fire masih lumayanlah, apalagi buat hitungan game mobile. Tapi, kalau dibandingin sama PUBG, memang kalah jauh. PUBG lebih realistis. Ukurannya aja gede. Beda sama FF yang terbilang ramah buat smartphone kentang.

Salah satu yang bikin FF ringan adalah absennya objek pintu. Udah tahu kan soal ini?

Tapi sebenernya pengembang FF punya alasan jelas kenapa mereka enggak make pintu. Mereka menilai ketiadaan pintu justru bisa memudahkan para survivor selama bertempur di arena. Soalnya, pemain enggak mesti repot bolak-balik buka pintu.

Baca juga:  5 Game Rilis Maret yang Paling Diantisipasi Kedatangannya

Alasan kedua terkait urgensi. Buat Garena, keberadaan pintu enggak terlalu penting karena fokus game itu adalah bertempur dengan musuh untuk menjadi satu-satunya yang bertahan. Sementara alasan ketiga adalah buat menekan biaya produksi.

Ahh i see. Tapi memangnya penting banget ya grafis buat game?

Tergantung. Beberapa game yang emang berusaha menyajikan semua hal secara realistis tentu bakal menjunjung tinggi grafis. Game sepak bola kayak FIFA 21 sama PES 2021 tuh contohnya. Ngasih gameplay dan grafis realistis dan berkualitas udah jadi kewajiban.

Para penggemar pasti bakal mencak-mencak kalau pemain kesayangannya punya hidung yang enggak simetris, misalnya. Si pemain sendiri juga bisa saja mengkritik. Tahun 2019, Franck Ribery pernah marah sama FIFA karena mukanya gak mirip sama sekali di game tersebut.

Selain FIFA sama PES, ada juga game yang jadiin grafis bagus sebagai gimmick atau malah jualan utama mereka. Salah satunya, ya, Crysis. Bahkan versi remastered-nya udah mendukung resolusi 8K. Gila enggak tuh.

Baca juga:  10 Game PC Tanpa Microtransaction

Gokil.

Yep. Tapi, kalau kita tengok ke belakang, banyak banget juga game yang sukses dan enak buat kita mainin meski tergolong game sebagai game paling burik di dunia. Kuncinya ada pada gameplay.

Berarti grafis dan gameplay sama-sama penting?

Tentu aja. Bakal lebih sempurna lagi bila dua hal itu hadir di satu game. Cuma nih, kita perlu ingat bahwa grafis enggak bisa bediri sendiri. Inget game The Amazing Spider-Man 2? Itu grafisnya gila banget, tapi banyak yang gak suka karena gameplay-nya jelek.

Beda halnya sama game burik. Meski burik, kalau gameplay-nya bagus, kita bakal seneng-seneng aja mainnya. Enggak bakal terlalu meduliin apakah dia game paling burik di dunia atau bukan.

Kayak Free Fire ya? Ada contoh game burik lain?

Among Us, Zuma, Minecraft, Harvest Moon, Stardew Valley, Terraria, Growtopia. Bisa dibilang game-game ini termasuk game burik terbaik di dunia.

Tanya lagi dong.

Udah, ah, capek. Laper. Mau makan. 

Intinya mah, jangan saling ngatain. Game yang grafisnya bagus maupun yang disebut-sebut paling burik di dunia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lagian nih, ini perkara subjektif banget. Tergantung selera masing-masing.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up diamond Free Fire termurah se-Indonesia di itemku

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings