Free Fire Master League Season III: Upaya Garena Lahirkan Bakat Anyar

Free Fire Master League digelar untuk menyiapkan talenta baru berikutnya yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.
ffml
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Garena resmi merilis Free Fire Master League Season III (FFML Season III) pada Jumat (15/1/2020) melalui konferensi virtual. Turnamen esports ini bertujuan mempersiapkan generasi atlet esports dan talenta baru berikutnya yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Atlet esports nasional telah membuat Indonesia bangga dengan memenangkan berbagai turnamen olahraga bergengsi. Misalnya, juara dunia di Free Fire World Cup (FFWC), Free Fire Asia Invitational (FFAI) dan meraih posisi 3 besar di Free Fire Continental Series (FFCS),” tutur Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh.

“Turnamen-turnamen itu diharapkan dapat menginspirasi talenta baru di dunia esports untuk mengasah skill dan bakatnya lebih baik lagi. Untuk melahirkan bibit unggul atlet esports kebanggaan Indonesia #ReadyTheMasters, Garena kembali adakan Free Fire Master League Season III pada 2021,” sambungnya.

Baca juga:  Made Bagas 'Zuxxy': 17 Tahun, Peraih Esports Awards 2020

Tak hanya para pro player yang akan terlibat pada FFML Season III. Atlet-atlet muda pendatang baru juga boleh mengikuti turnamen ini. Lagi pula, tujuan utamanya memang untuk menyaring bakat-bakat anyar yang siap mewakili Indonesia di berbagai turnamen mancanegara.

Namun, para pro player dan para talenta baru tak akan bertemu dalam sebuah pertandingan. Pasalnya, FFML terbagi menjadi dua divisi. Divisi 1 melibatkan 18 tim esports, sedangkan Divisi II khusus untuk talenta-talenta baru yang bersiap terjun ke dunia atlet profesional.

Free Fire

Secara keseluruhan, Garena mempersiapkan total hadiah sebesar Rp1,5 Miliar untuk pemenang FFML Season III.

“Lewat skema dua divisi nasional, dukungan pendanaan bagi tim, maupun sistem turnamen berjenjang dan berkelanjutan yang kami susun, Garena berkomitmen terus mendukung ekosistem esports sebagai olahraga prestasi di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan merah putih di ajang global,” ujar Hans.

Baca juga:  Turnamen Esport Pertama di Dunia: Spacewar!

Pemerintah Indonesia mendukung penuh penyelenggaraan FFML Season III. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewa Broto, yang memang menghadiri pembukaan turnamen tersebut.

“Ini sejalan dengan kebijakan Kemenpora tahun 2020–2024 untuk pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan,” tutur Gatot.

Pertandingan FFML Season III akan berlangsung tiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00–22.00 WIB sejak 16 Januari sampai 27 Februari untuk Divisi 1. Sementara itu, Divisi 2 setiap Rabu dan Kamis pukul 19.00–22.00 WIB sejak 13 Januari-18 Februari.