Flash Player Pamit: 5 Game Flash yang Populer pada Zamannya

Saat Adobe Flash Player resmi dihentikan, akan sangat sulit menemukan dan memainkan game dari platform legendaris tersebut.
Flash Player
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kalau punya satu permintaan, Adobe sepertinya ingin kembali ke masa lampau saat para developer menggunakan platform andalan mereka, Flash Player, untuk mengembangkan berbagai jenis game.

Tapi mesin waktu cuma ada di Avengers: End Game dan banyak kisah fiksi lain. Kini, di waktu-waktu yang tak bisa kita ulang, Adobe sudah menyiapkan pemakaman. Yup, kiprah Flash Player akan segera berakhir.

Adobe secara resmi menghentikan pengembangan Flash Player per 1 Januari tahun depan. Hampir semua browser juga memastikan tak akan lagi menyematkan ekstensi platform tersebut.

Bicara tentang Flash Player, mau tak mau kita mesti membahas game flash. Ini adalah jenis game yang sebetulnya cupu banget. Meski begitu, beberapa di antaranya terbilang populer. Apa saja?

Who Wants to Be a Millionaire Indonesia

Pada suatu hari kita pernah bermimpi untuk tampil dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Tantowi Yahya di Who Wants to Be a Millionaire. Ini acara kuis di salah satu televisi swasta yang begitu populer.

Saking populernya, acara kuis itu sampai punya game flash dengan nama yang sama. Skema bermainnya pun sama: Kamu menjawab pertanyaan dan jumlah uang bakal bertambah tiap kali jawabanmu benar. 

Cat vs Dog

Ini game tentang pertarungan antara kucing dan anjing. Tentu saja tak berarung betulan. Kucing dan anjing tersebut bertarung dengan cara saling melemparkan berbagai jenis benda.

Kamu bisa bermain sendirian melawan AI. Bisa pula menghadapi temanmu. Kuncinya terletak cara kita menyesuaikan kekuatan serta arah angin agar bisa mengenai musuh, entah kucing atau anjing.

Quiz Parampaa

Kalau di masa sekarang ada Brain Out, dulu sempat populer sebuah game flash bernama Quiz Parampaa. Sesuai namanya, ini adalah game yang mengajakmu menjawab berbagai macam pertanyaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan terbilang nyeleneh dan menjebak, jawabannya pun demikian. Persis Brain Out. Hal demikianlah yang membuatnya populer dan cocok kamu mainkan di sela waktu luang.

Hangaroo

Pada masanya, Hangaroo jadi salah satu wadah untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris kita. Di game ini kita diajak menebak satu frasa dengan memilih huruf yang benar. 

Bila salah, kanguru yang tengah mendapat hukuman gantung bakal kian dekat dengan eksekusinya. Familiar dengan game seperti ini? Yup, Hangaroo memang terinspirasi dari Hangman.

Pikachu Volleyball

Pikachu ternyata tak cuma bisa mengeluarkan listrik dan bertingkah menggemaskan. Di game flash ini, kita bakal memainkan Pikachu dalam sebuah pertandingan bola voli satu lawan satu.

Kamu akan berperan sebagai Pikachu dan akan melawan Pikachu yang lain, bisa AI ataupun rekanmu. Kontrolnya terbilang sederhana sehingga cocok dimainkan dalam kondisi apapun.

***

Itulah 5 game flash legendaris yang sempat populer pada masanya. Saat Flash Player resmi dihentikan, akan sangat sulit untuk menemukan dan memainkan game-game tersebut. Namun, beberapa game sudah tersedia versi Android-nya. Kita juga bisa memainkan beberapa game lewat program Flashpoint.