in

7 Emulator Android untuk Main Game Jadul

ptwoe playstation 2 emulator

Salah satu keuntungan paling menyenangkan bagi pengguna smartphone Android adalah adanya aplikasi emulator game. Gimana enggak, dengan emulator kita bisa bikin smartphone jadi konsol game berjalan! 

Beli Voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja.

Nah, buat kamu yang (udah tua dan) mau nostalgia, atau pernah punya konsolnya tapi udah rusak, inilah daftar aplikasi emulator terbaik untuk masing-masing konsol.

Sebagian besar dari aplikasi ini bersifat premium alias berbayar, jadi kualitasnya bisa lebih dipertanggungjawabkan.

gameroom

Oh ya, perlu diingat ya bahwa aplikasi emulator NGGAK menyediakan file game, jadi kamu harus punya file game-nya sendiri untuk bisa main.

Entah itu dengan cara mengubah format fisik ke digital atau mengunduh file-nya (jika tersedia).

1. PlayStation 1: ePSXe

emulator epsxe

Kita mulai dari Sony PlayStation, alias PSX alias PS1, salah satu konsol paling populer di dunia dengan fans yang seakan nggak habis-habis.

Game-game PS1 yang melegenda di antaranya adalah Gran Turismo, Winning Eleven, dan Tekken.

Semua game itu bisa kamu mainkan di smartphone Android dengan ePSXe, yang merupakan emulator PS1 paling keren di Play Store.

Selain aplikasi emulator, developer-nya juga menyediakan plugin seperti OpenGL dan sevenzip.

Download ePSXe di Play Store. Harga: Rp49.404.

2. PlayStation 2: PCSX2

emulator pcsx2

Melanjutkan kesuksesan PS1, Sony meluncurkan PS2 pada tahun 2000. Dengan kemampuan grafis yang jauh lebih mantap, kamu bisa main game-game macam Final Fantasy X dan seri Onimusha di konsol ini.

Sebelum membahas ke emulator ini, sebenarnya banyak sekali emulator PS2 untuk Android yang ringan namun PCSX2 merupakan sekian dari banyaknya emulator yang paling terkenal.

PCSX2 adalah satu dari sedikit (banget) emulator PS2 yang bisa di-install di Android. Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga nggak semua game bisa berjalan dengan lancar.

PCSX2 nggak tersedia di Play Store, jadi kamu harus download langsung di situs resminya.

3. PlayStation Portable: PPSSPP

emulator ppsspp

PlayStation Portable (PSP) dirilis oleh Sony pada tahun 2004 untuk bersaing dengan Nintendo, yang saat itu merajai pasar handheld console dan punya Nintendo DS.

Dengan PSP, kamu bisa memainkan game-game dengan grafis PS2 di alat yang hanya sedikit lebih besar dari kontrolernya (pada jamannya sih ini keren banget, hehe). 

Banyak sekali game PPSSPP dengan kecil untuk pengguna Android dan PC yang bisa kalian coba. Sehingga walaupun spek android kalian tidak bagus kalian masih bisa tetap memainkannya.

Nah, PPSSPP buatan developer Henrik Rydg√•rd memungkinkan kamu untuk memainkan game-game PSP kayak Metal Gear Acid dan Monster Hunter Freedom!

Oh ya, aplikasi ini sebetulnya gratis, namun versi Gold dibuat juga untuk membantu kamu mendukung developer. 

Download PPSSPP Gold di Play Store. Harga: Rp67.000.

4. Nintendo 64: MegaN64

emulator nintendo megan64

Nintendo 64 menduduki peringkat kesembilan sebagai konsol game terbaik sepanjang masa versi IGN. Pertanyaannya, gimana kamu bisa mainin game-game eksklusif N64 kayak Paper Mario dan Ocarina of Time?

Tenang, kamu bisa download MegaN64! Emulator ini gratis, tapi pengalaman bermain kamu mungkin akan sedikit terganggu karena adanya iklan.

Sayangnya, nggak ada pilihan versi berbayar untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut.

Download MegaN64 di Play Store. Harga: gratis.

5. Nintendo DS: DraStic DS Emulator

emulator nintendo drastic ds

Nintendo 64 menduduki peringkat kesembilan sebagai konsol game terbaik sepanjang masa versi IGN. Pertanyaannya, gimana kamu bisa mainin game-game eksklusif N64 kayak Paper Mario dan Ocarina of Time?

Tenang, kamu bisa download MegaN64! Emulator ini gratis, tapi pengalaman bermain kamu mungkin akan sedikit terganggu karena adanya iklan. Sayangnya, nggak ada pilihan versi berbayar untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut.

Download DraStic DS Emulator di Play Store. Harga: Rp67.000.

6. NES, SNES, GBC, dan GBA: John emulators

john emulator

John emulators bukanlah nama emulator, melainkan developer-nya. Dia bikin banyak aplikasi emulator buat konsol-konsol klasik: Nintendo Entertainment System (NES), Super NES, serta Game Boy Color dan Advance.

Emulator buatan John emulators dikenal punya fitur-fitur seru kayak kode cheat dan fungsi fast forward. Oh ya, dia juga menyediakan aplikasi DataSync untuk menyimpan save file kamu di cloud lho. Gratis!

Download emulator-emulator dari John emulators di Play Store. Harga: Rp12.000

7. Konsol lainnya

konsol

Nggak cuma John emulators yang bikin banyak aplikasi emulator. Di Play Store, ada seorang legend bernama Robert Broglia yang bikin aplikasi buat beberapa konsol yang terbilang langka kayak Atari 2600, Neogeo Pocket Color, dan Commodore 64.

Harga yang ditawarkan berbeda-beda tiap emulatornya, mulai dari Rp34.825 buat Game Boy Color, hingga Rp92.900 buat emulator MSX. Ada juga sih yang gratis, yaitu Snes9x EX+ buat SNES.

Download emulator-emulator dari Robert Broglia di Play Store. Harga: bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings