Cara Download Sertifikat Vaksin COVID, Gamer Juga Wajib Tahu!

person holding injection
Photo by RF._.studio on Pexels.com
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Sertifikat Vaksin Covid – Dampak dari pandemi Covid-19 mewajibkan semua masyarakat untuk melakukan vaksinasi yang bertujuan untuk mencegah penularan virus. Bahkan, sertifikat vaksin covid menjadi salah satu syarat perjalanan selama PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang telah berlangsung sejak 3 Juli secara nasional. 

Beli voucher Google Play murah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Dengan menunjukkan sertifikat vaksin minimal satu kali (dosis pertama), beserta hasil swab PCR maupun Antigen. Peraturan tersebut berlaku bagi pelaku perjalanan, mulai dari transportasi udara, kereta api, kapal laut, hingga mobil pribadi. Melakukan vaksin bukan hanya untuk memenuhi peraturan pemerintah, melainkan sebagai perlindungan guna menjaga diri sendiri maupun orang lain dari penyebaran virus. 

Apa Itu Vaksin Covid

sertifikat vaksin covid

Vaksin berasal dari virus yang telah dilemahkan. Dari vaksin tersebut, tubuh langsung memberikan perlindungan agar tidak mudah terpapar dan memiliki kekebalan yang lebih kuat. Beberapa manfaat lainnya adalah mencegah diri sendiri menyebarkan virus corona ke orang lain, sehingga tidak semakin menyebar.

Baca juga:  Lawan COVID-19 dengan Lockdown Hero

Meskipun demikian, orang yang telah divaksin juga bisa tetap terpapar. Akan tetapi, hanya mengalami sakit ringan daripada orang yang belum vaksin. Apabila telah mendapatkan vaksin, kamu tetap harus mengikuti protokol kesehatan (prokes), yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tetap menjaga jarak, selalu membawa hand sanitizer, dan menghindari kerumunan. 

Cara Download Surat Vaksin Covid

Nah, untuk kamu yang sudah vaksin pasti telah mendapat surat vaksinasi. Umumnya, sertifikat vaksin covid akan muncul 2 – 3 hari. Bahkan, sertifikat vaksin juga bisa didapatkan satu hari setelahnya. Masyarakat yang sudah melakukan vaksin akan mendapatkan pesan singkat atau SMS dari 1199 yang berisi tautan untuk mengunduh surat secara online tersebut. 

Baca juga:  Versi Baru Bernama 2021, Mudah-mudahan Minim Bug

Terdapat dua pesan dari 1199 yang pertama berisi sertifikat vaksin ke-1 dan pesan kedua berisi nama lengkap, NIK, nomor tiket vaksin, dan jadwal vaksinasi ke-2 beserta tanggal maupun lokasi. 

Bila menggunakan smartphone, kamu tinggal klik saja link yang tertera pada pesan. Dengan otomatis Google akan menampilkan halaman yang telah berisi surat vaksin. Setelah itu, kamu bisa langsung mendownload dan sertifikat telah tersimpan di galeri ponsel. 

Download Sertifikat Vaksin Covid via Aplikasi

Selain itu, kamu juga bisa mengecek maupun mengunduh sertifikat vaksin covid melalui aplikasi atau website dari peduli lindungi. Sebelum itu, pastikan bahwa kamu sudah punya akun dari aplikasi tersebut. Apabila belum punya, wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.

  1. Pertama, buka dahulu aplikasi ataupun website. Pada bagian pojok kanan atas, klik kotak login atau registrasi dan pilih “buat akun”.
  2. Masukkan nama lengkap, nomor ponsel yang aktif digunakan, dan alamat email. Setelah itu, kode verifikasi akan dikirim melalui nomor yang terdaftar. Masukkan 6 digit angka verifikasi. Setelah itu, akan secara otomatis masuk ke laman
Baca juga:  Versi Baru Bernama 2021, Mudah-mudahan Minim Bug

Apabila bila telah memiliki akun tersebut, kamu bisa langsung mengecek surat vaksinasi, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Kamu tidak harus mengunduh aplikasinya, cukup gunakan website

  1. Kunjungi halaman website peduli lindungi. Pilih menu “login” yang terdapat di pojok kanan atas. 
  2. Masukkan nomor ponsel yang sudah didaftar. Lalu, klik “login sekarang” dan masukkan kode OTP yang dikirim melalui pesan singkat.
  3. Setelah berhasil login, pilih kolom nama yang terletak di pojok kanan atas.
  4. Lalu, pilih menu “sertifikat vaksin” maka akan muncul tampilan sertifikat pertama maupun kedua, bila kamu sudah tuntas melakukan vaksin.
  5. Terakhir, klik tampilan sertifikat dan pilih unduh sertifikat. Secara otomatis, surat vaksin akan masuk di ruang penyimpanan. Bila melalui aplikasi, cara ini sama seperti mengunduh sertifikat vaksin covid melalui website.

Itulah beberapa cara download sertifikat vaksin COVID yang wajib kita semua ketahui, termasuk para gamer. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus patuhi protokol kesehatan!

Rekomendasi