Daftar Juara MPL ID: Ada yang Serakah Juara Tiga Kali!

rrq juara mpl id season 6
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Salah satu turnamen esports terbesar di Indonesia, Mobile Legends Professional League (MPL) ID, sudah memasuki musim ketujuh atau Season 7. Masih sangat panjang perjalanan menuju akhir. Namun, tak ada salahnya mengenang kembali daftar juara MPL ID dari Season 1 sampai Season 6.

MPL sendiri adalah tanda semakin pesatnya perkembangan esports di Tanah Air. Sejarah turnamen ini bermula dari 2017. Waktu itu, Moonton selaku pengembang Mobile Legends (ML) menyelanggarakan ML Southeast Asia Cup (MSC) di Gandaria City, Jakarta.

Tujuan awalnya untuk mencari para calon pemain yang akan mewakili Indonesia di turnamen internasional. Namun, siapa sangka bahwa peminatnya sangat tinggi. Moonton lantas tertarik untuk membuat turnamen esports Mobile Legends khusus Indonesia.

Dari situ, lahirlah MPL ID, sebuah liga esports profesional yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports di Indonesia.

Edisi pertama disebut sebagai MPL ID Season 1, tepatnya pada 2018. Penamaan edisi-edisi berikutnya juga menyesuaikan urutan turnamen, mulai dari MPL ID Season 2, Season 3, Season 4, Season 5, Season, 6, dan kini sudah menjejak Season 7.

Siapa saja yang meraih juara MPL pada tiap musim tersebut?

Juara MPL Season 1

Hadir sebagai tim non-unggulan membuat NXL jauh dari radar. Akan tetapi, status underdog justru membuat mereka lebih lepas. Diperkuat nama-nama seperti G, Rave, hingga LJ, NXL mampu melaju ke babak final.

Di final, lawan yang menunggu adalah EVOS. Laga sengit pun terjadi mengingat EVOS termasuk tim besar di Indonesia. Yang jadi pemenang? NXL. Mereka lantas tercatat sebagai juara pertama alias juara MPL Season 1.

Juara MPL Season 2

Jalannya MPL Season 2 sebetulnya tak berbeda dengan musim pertama. Para pengamat mengunggulkan tim-tim seperti ONIC Esports hingga Aerowolf Roxy, tetapi yang kemudian justru tampil menonjol adalah tim-tim lain.

Salah satunya RRQ. Tim yang diperkuat Lemon ini bahkan berhasil melaju ke babak final. Di final, yang menunggu mereka adalah finalis musim lalu, EVOS. Namun, lagi-lagi EVOS kalah. RRQ pun mengisi daftar juara MPL ID, dengan menjadi kampiun pada Season 2.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 5 Pro Player Esports Terbaik Tahun Ini

Juara MPL Season 3

Selalu jadi unggulan pada musim-musim sebelumnya, baru pada MPL Season 3 ONIC melaju mulus. Sejak awal, tanda-tanda keperkasaan mereka sudah terlihat. Siapapun yang menghadang, mereka mampu mengatasinya.

Di babak final, ONIC yang masih diperkuat Udil berjumpa Louvre. Seperti ONIC, Louvre juga tampil apik sejak awal tetapi ONIC masih terlampau perkasa. ONIC menang 3-0 dan berhasil menjadi juara MPL Season 3.

Juara MPL Season 4

Hengkangnya sejumlah bintang seperti Jess no Limit bukan masalah bagi EVOS. Mereka justru tampak lebih baik. Jika capaian terbaik sebelumnya sebatas runner up, pada MPL Season 4 Evos berhasil menjadi juara.

Di final, Luminaire dan kolega berhadapan dengan tim yang mengalahkan mereka di perebutan juara MPL Season 2, yakni RRQ. Maka, kemenangan ini tak ubahnya balas dendam sekaligus menghapus julukan raja tanpa mahkota.

Juara MPL Season 5

RRQ Hoshi mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di Indonesia pada MPL Season 5. Di turnamen ini, mereka berhasil merengkuh juara yang artinya jadi tim pertama yang dua kali mengangkat trofi juara.

Pada babak final, RRQ lagi-lagi berjumpa EVOS. Sebagai sesama tim besar, jelas saja laga berlangsung sengit. Namun, ujung-ujungnya RRQ-lah yang menjadi juara MPL Season 5 lewat skor ketat 3–2.

Baca juga:  5 Pro Player yang Ditunggu Kiprahnya di MPL ID Season 7

Juara MPL Season 6

Setelah mengukir sejarah dengan menjadi tim pertama yang punya dua gelar juara, RRQ Hoshi kembali meraih catatan penting. Mereka menjadi juara MPL Season 6 yang artinya jadi tim pertama yang meraih dua gelar berturut-turut.

Untuk meraihnya, RRQ mesti melewati rintangan sulit, termasuk babak final. Kala itu, mereka berjumpa Alter Ego dalam duel ketat lima game sekaligus. RRQ berhasil mengakhiri laga sebagai juara usai memenangi game kelima.

MPL ID Season 7

MPL ID saat ini sudah memasuki Season 7. Akan sangat menarik menantikan siapa yang mengisi daftar juara MPL ID berikutnya. Apakah RRQ Hoshi kembali menunjukkan keperkasaannya atau justru muncul juara baru? Apapun itu, kita mesti menunggu hingga MPL ID Season 7 tuntas nanti.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up diamond Mobile Legends termurah se-Indonesia di itemku! Jangan lupa juga untuk gabung dan ikutan tebak skor hasil pertandingan MPL ID Season 7 di Forum itemku.