Daftar Juara MPL ID, Mulai dari Season 1 hingga Season 10

rrq juara mpl id season 6

Mobile Legends Professional League atau MPL ID adalah salah satu turnamen esports terbesar di Indonesia. Saat ini, sudah ada empat tim berbeda yang pernah menjuarai turnamen ini. Inilah daftar juara MPL ID dari Season 1 sampai Season 10.

MPL adalah tanda semakin pesatnya perkembangan esports di Tanah Air. Sejarah MPL Indonesia bermula pada 2017. Waktu itu, Moonton selaku pengembang Mobile Legends (ML) menyelanggarakan ML Southeast Asia Cup (MSC) di Gandaria City, Jakarta.

Tujuan awalnya untuk mencari para calon pemain yang akan mewakili Indonesia di turnamen internasional. Namun, siapa sangka bahwa peminatnya sangat tinggi. Moonton lantas tertarik untuk membuat turnamen esports Mobile Legends khusus Indonesia.

Dari situ, lahirlah MPL ID, sebuah liga esports profesional yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports di Indonesia.

Daftar juara MPL Indonesia

daftar juara mpl indonesia

Sepanjang sejarah, sudah ada empat tim berbeda yang berhasil meraih juara MPL ID. RRQ Hoshi adalah peraih juara MPL terbanyak. Mereka sudah mengangkat piala MPL Indonesia sebanyak empat kali, diikuti ONIC Esports dengan tiga gelar juara. Inilah daftar juara MPL ID dari musim ke musim.

SeasonJuaraRunner-up
MPL ID Season 1Team NXLEVOS Esports
MPL ID Season 2RRQEVOS Esports
MPL ID Season 3ONIC EsportsLouvre
MPL ID Season 4EVOS LegendsRRQ Hoshi
MPL ID Season 5RRQ HoshiEVOS Legends
MPL ID Season 6RRQ HoshiAlter Ego
MPL ID Season 7EVOS LegendsBigetron Alpha
MPL ID Season 8ONIC EsportsRRQ Hoshi
MPL ID Season 9RRQ HoshiONIC Esports
MPL ID Season 10ONIC EsportsRRQ Hoshi

Juara MPL Season 1

juara mpl indonesia season 1

Hadir sebagai tim non-unggulan membuat NXL jauh dari radar. Akan tetapi, status underdog justru membuat mereka lebih lepas. Diperkuat nama-nama seperti G, Rave, hingga LJ, NXL mampu melaju ke babak final.

Di final, lawan yang menunggu adalah EVOS. Laga sengit pun terjadi mengingat EVOS termasuk tim besar di Indonesia. Yang jadi pemenang? NXL. Mereka lantas tercatat sebagai juara pertama alias juara MPL Season 1.

Juara MPL Season 2

Jalannya MPL Season 2 sebetulnya tak berbeda dengan musim pertama. Para pengamat mengunggulkan tim-tim seperti ONIC Esports hingga Aerowolf Roxy, tetapi yang kemudian justru tampil menonjol adalah tim-tim lain.

Salah satunya RRQ. Tim yang diperkuat Lemon ini bahkan berhasil melaju ke babak final. Di final, yang menunggu mereka adalah finalis musim lalu, EVOS. Namun, lagi-lagi EVOS kalah. RRQ pun mengisi daftar juara MPL ID, dengan menjadi juara MPL Season 2.

Juara MPL Season 3

juara mpl season 3

Selalu jadi unggulan pada musim-musim sebelumnya, baru pada MPL Season 3 ONIC melaju mulus. Sejak awal, tanda-tanda keperkasaan mereka sudah terlihat. Siapapun yang menghadang, mereka mampu mengatasinya.

Di babak final, ONIC yang masih diperkuat Udil berjumpa Louvre. Seperti ONIC, Louvre juga tampil apik sejak awal tetapi ONIC masih terlampau perkasa. ONIC menang 3-0 dan berhasil menjadi juara MPL Season 3.

Juara MPL Season 4

juara mpl season 4

Hengkangnya sejumlah bintang seperti Jess no Limit bukan masalah bagi EVOS. Mereka justru tampak lebih baik. Jika capaian terbaik sebelumnya sebatas runner up, pada MPL Season 4 Evos berhasil menjadi juara.

Di final, Luminaire dan kolega berhadapan dengan tim yang mengalahkan mereka di perebutan juara MPL Season 2, yakni RRQ. Maka, kemenangan ini tak ubahnya balas dendam sekaligus menghapus julukan raja tanpa mahkota.

Juara MPL Season 5

rrq juara mpl id season 5

RRQ Hoshi mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di Indonesia pada MPL Season 5. Di turnamen ini, mereka berhasil merengkuh juara yang artinya jadi tim pertama yang dua kali mengangkat trofi juara.

Pada babak final, RRQ lagi-lagi berjumpa EVOS. Sebagai sesama tim besar, jelas saja laga berlangsung sengit. Namun, ujung-ujungnya RRQ-lah yang menjadi juara MPL Season 5 lewat skor ketat 3–2.

Juara MPL Season 6

daftar juara mpl

Setelah mengukir sejarah dengan menjadi tim pertama yang punya dua gelar juara, RRQ Hoshi kembali meraih catatan penting. Mereka menjadi juara MPL Season 6 yang artinya jadi tim pertama yang meraih dua gelar berturut-turut.

Untuk meraihnya, RRQ mesti melewati rintangan sulit, termasuk babak final. Kala itu, mereka berjumpa Alter Ego dalam duel ketat lima game sekaligus. RRQ berhasil mengakhiri laga sebagai juara usai memenangi game kelima.

Juara MPL Season 7

juara mpl season 7

MPL ID Season 7 berjalan cukup menarik. Beberapa unggulan seperti RRQ Hoshi tak mampu berbuat banyak. Justru Bigeltron Alpha yang mencuri perhatian dan bahkan mampu menembus grand final MPL Indonesia untuk pertama kalinya.

Namun, Bigetron Alpha tidak mampu mengakhiri Season 7 sebagai juara. Pada laga final melawan EVOS Legends, Bigetron takluk dengan skor 2–4. Ini merupakan gelar juara MPL yang kedua untuk EVOS.

Juara MPL Season 8

juara mpl season 8

Setelah musim mengecewakan, RRQ Hoshi bangkit di MPL Season 8. Mereka tampil dominan sepanjang musim reguler. Memasuki akhir, RRQ Hoshi berhasil menembus babak playoff, bahkan berhasil mencapai final.

Pada babak final, lawan RRQ Hoshi adalah ONIC Esports. Sayangnya, RRQ gagal menjadi pemenang MPL Season 8. RRQ Hoshi kalah dengan skor ketat 3–4. ONIC Esports yang akhirnya meraih gelar juara MPL Season 8, yang merupakan gelar kedua mereka.

Juara MPL Season 9

juara mpl season 9

RRQ Hoshi berhasil menjadi juara MPL Season 9. Gelar ini sekaligus makin menegaskan posisi mereka sebagai sang raja MPL Indonesia.

Sejak awal musim, RRQ memang dominan dengan merebut juara musim reguler, lalu tak terkalahkan sepanjang babak playoff.

Di laga final, RRQ Hoshi kembali bertemu ONIC Esports, lawan mereka di final season sebelumnya. RRQ Hoshi berhasil membalaskan dendam mereka lewat kemenangan telak 4-1. 

Juara MPL Season 10

onic juara mpl season 10

Performa ONIC Esports tidak terlalu mencolok sejak awal musim. Namun, mereka termasuk tim yang paling sulit dikalahkan. Dari awal, penampilan ONIC sangat stabil dan paling konsisten jika dibandingkan dengan tim-tim lain.

Terbukti, ketika regular season berakhir, ONIC berhasil finis di urutan teratas sehingga lolos ke upper bracket. Pada babak playoff, ONIC melanjutkan kiprah positif mereka. ONIC pun mampu merebut juara MPL Season 10 setelah menang 4-1 atas RRQ Hoshi di laga final.

Itulah daftar juara MPL ID dari musim ke musim. Menurut kamu, siapa yang akan menjadi juara pada MPL Season 11?

Written by EXP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *