in

20 Game PPSSPP Ukuran Kecil untuk PC & Android 2022

Asik tanpa ngelag!

Rekomendasi Game PPSSPP Ukuran Kecil
Rekomendasi Game PPSSPP Ukuran Kecil Foto:[Chinime]

Game PPSSPP ukuran kecil bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin bermain game tetapi tak memiliki banyak memori internal yang tersisa pada perangkat PC maupun handphone Android.

Keunggulan game PPSSPP jika dibanding dengan game jenis lainnya adalah ukurannya yang bisa 90% lebih kecil.

Contohnya bila kamu sedang ingin bermain game seperti The Sims 4, setidaknya kamu harus menyisihkan memori internal 42 GB pada PC.

Berbeda lagi pada smartphone Android, setidaknya kamu juga harus menyediakan 1 GB ruang kosong untuk memainkannya.

Sebagai gamer pasti tahu kalau tidak terlalu banyak permainan yang hadir dalam platform PSP, tapi tidak semua permainan PSP ada di platform lain apalagi sampai saat ini masih ada yang dikeluarkan secara eksklusif.

Nah, sebagian besar game PPSSPP hanya berukuran 10MB hingga 400MB, tergantung jenisnya. Jadi, game jenis ini sangat sesuai bagi kamu yang menginginkan game ringan dengan ukuran kecil.

Tertarik memainkannya? Simak daftar game PPSSPP berikut ini.

Rekomendasi Game PPSSPP Ukuran Kecil untuk PC dan Android Lengkap Terbaru

1. GTA: Vice City Stories

gta vice city

Nama game GTA sudah tak asing lagi di kalangan para gamer. Berkat story line dan juga berbagai fitur dalam game. Semua series game GTA berhasil merajai kepopuleran.

Nah, kali ini pengembangnya yaitu Rockstar Game juga menyediakan game GTA PPSSPP dengan ukuran yang lebih kecil. Kamu hanya perlu menyisihkan setidaknya 826,3 Mb space memori dalam ponsel kamu.

Sebenarnya game ini sudah dirilis sejak tahun 2006 yang lalu. Namun, tak ada salahnya kamu menjajal game satu ini.

Terlebih GTA Vice City Stories juga memiliki alur gameplay yang tak kalah seru dengan game GTA terbaru.

Bahkan di dalam game GTA VC kalian juga bisa menggunakan cheat GTA Vice City seperti cheat GTA San Andreas PS2, Cheat San Andreas PC dan cheat GTA 5 meskipun bermain di PPSSPP.

2. Avatar: The Last Airbender

Apakah kamu gemar menonton kartun Avatar The Last Airbender saat kecil? Maka game PPSSPP satu ini cocok untukmu.

Publisher THQ meluncurkan game Avatar The Last Airbender bergenre action-adventure game dan action-roleplayer game pada tahun 2006 silam.

Ukuran memori yang diperlukan untuk memainkan ini hanyalah berkisar 110 Mb saja.

Nah, selain itu game ini juga dapat membawa kamu mengingat kembali aneka karakter kartun avatar. Seperti Aang, Katara, Sokka, Toph, dan Zuko.

3. Toy Story 3

toy story 3 ppsspp

Masih megambil tema film kartun. Game satu ini juga menghadirkan berbagai karakter tokoh Toy Story 3 seperti Woody dan kawan-kawan.

Menariknya, karakter-karakter game ini diisi oleh pengisi suara yang sama dengan filmnya, lho. Untuk memainkannya kamu hanya perlu menyisihkan memori berkisar 133 Mb saja.

4. Boruto The Next Generation

boruto next generation ppsspp

Karakter teranyar dari sekuel animasi manga Jepang berjudul Naruto kini juga hadir dalam game PPSSPP. Game Buruto The Nex Generation ini merupakan game modifikasi dari Naruto Ultimate Ninja Impact.

Untuk mengunduh game ini kamu harus menyediakan memori internal berkisar 1 Gb. Namun, jangan khawatir. Story line dan gameplay dari permainan ini cukup untuk membayar rasa bosanmu.

5. Marvel Ultimate Alliance 2 (Avengers) PSP

marvel ultimate alliance 2 psp

Awalnya Vicarious Visions mengembangkan game Marvel Ultimate Alliance 2 untuk platform PSP atau Play Station Portable.

Namun, kini game Marvel Ultimate Alliance 2 bisa kamu temukan di platform lainnya. Mulai dari Playstation 3, Xbox 360, Nitendo DS, Playstation 2 dan Nitendo Wii. Uniknya game berformat iso dan cso ini bisa kamu mainkan baik secara online maupun offline.

6. Star Wars The Force Unleashed

star wars unleashed psp

Seperti namanya, game PPSSPP Star Wars The Force Unleashed diangkat dari film star wars the force awakens dari Amerika Serikat.

Game dengan format iso dan cso ini sebenarnya sudah rilis sejak tahun 2008 namun malah populer setelah 11 tahun perilisannya. Yakni tahun 2019 yang lalu.

Game ini dikembangkan oleh berbagai macam pihak di antaranya LucasArts, THQ, Cameron Suey, Aspyr, Krome Studios, n-Space, Universomo. Ukuran game ini hanyalah sebesar 600 Mb saja.

7. Dead to Rights: Reckoning

dead to rights reckoning psp

Game PPSSPP ukuran kecil selanjutnya adalah Dead to Rights: Reckoning yang menghadirkan gameplay yang cukup seru. Kamu harus menyelesaikan berbagai macam misi dengan menggunakan senjata yang telah tersedia.

Uniknya, kamu bisa merasakan pengalaman menembak musuh dengan fitur slow motion. Untuk ukuran game ini sendiri hanya berkisar 80 Mb saja. Cukup kecil dan ringan untuk smartphone kamu.

8. SBK: Superbike World Championship

sbk superbike world championship

Game PPSSPP ukuran kecil lainnya datang dari genre balapan motor. Layaknya pembalap motor profesional.

Kamu akan menjajal semua trek balapan yang ada sembari menikmati grafik berkualitas tinggi. Ukuran game ini kurang dari 100 Mb jadi sangat ringan.

Selain game PPSSPP di atas, jangan khawatir kami juga merangkum game PPSSPP ukuran kecil lainnya berikut ini.

PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably) adalah emulator khusus PSP. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memainkan semua game PSP dalam format ISO pada perangkat Android, Windows, Mac, hingga Linux.

Banyak sekali game PSP yang tersedia. Masalahnya, tak semuanya bisa berjalan dengan baik. Khusus Android, kamu butuh smartphone dengan spesifikasi lumayan agar bisa memainkan game-game PSP dengan lancar. Setidaknya dalam hal storage.

Tapi tak semuanya demikian. Ada beberapa game PPSSPP berukuran relatif kecil sehingga tetap bisa kamu mainkan di smartphone yang storage-nya terbatas. Kami bakal membahas game-game PPSSPP apa saja yang berukuran kecil di artikel ini.

9. Adventures to Go

adventures to go ppsp

Kamu berperan sebagai Finn Courtland dalam game ini. Bersama beberapa rekan, tugasmu adalah mencari uang sekaligus ketenaran. Di samping itu, kamu juga mesti menghadapi monster guna menyelamatkan dunia.

Game RPG ini cuma berukuran 58MB. So, tak usah berharap banyak pada grafis yang ditawarkan. Lagi pula ‘jualan’ utamanya adalah gameplay sederhana sekaligus kejutan-kejutan yang muncul di dalamnya.

10. Avatar: The Legend of Aang

avatar the legend of aang ppspp

Rasanya sebagian dari kita sudah akrab dengan Avatar: The Legend of Aang. Ini serial animasi Amerika yang bercerita soal perjalanan Aang dan kawan-kawannya dalam menyelamatkan dunia.

Versi game-nya tak berbeda dengan premis tersebut. Namun, ia hanya mengambil beberapa plot serial. Btw, game ini adalah satu game yang lancar dimainkan di PPSSPP meski grafisnya lumayan oke.

11. Legend of Heroes: A Tear of Vermillion

the legend of heroes a tear of vermillion pspp

Legend of Heroes: A Tear of Vermillion adalah game RPG yang berlatar di dunia fantasi bernama El Philden. Ada ratusan karakter tersedia dan 14 di antaranya bisa kamu mainkan.

Game dengan grafis 3 dimensi ini terbilang sederhana sehingga gampang dimainkan. Namun, gameplay-nya relatif panjang lantaran bisa dihabiskan hingga lebih dari 50 jam.

12. Exit

Cara terbaik menggambarkan Exit adalah lewat slogannya sendiri: ‘Think Fast, Move Faster!’. Ada pabrik yang meledak, gedung yang terbakar, dan banyak kondisi gawat lain yang kamu hadapi. 

Tugasmu adalah berpikir sekaligus bergerak cepat guna menyelamatkan orang-orang dari berbagai kondisi darurat tersebut.

Grafisnya sederhana, tetapi gameplay-nya tetap mampu membuatmu dag-dig-dug di beberapa bagian.

13. Street Fighter Alpha 3

street fighter alpha 3 pspp

Boleh dibilang Street Fighter Alpha 3 adalah salah satu game ‘berantem’ legendaris. Dirilis pada 90-an, game ini cukup populer sebagaimana beberapa edisi Street Fighter terdahulu.

Ada 31 petarung yang bisa kamu gunakan dalam game ini. Seperti game sejenis lainnya, kamu akan menghadapi petarung lain di arena tertentu untuk menjadi pemenang.

14. eFootball PES 2020

eFootball PES 2020

Para penggemar game sepak bola pasti tidak asing dengan PES. PES memiliki kepanjangan yaitu Pro Evolution Soccer. Game PES dikenal dengan gameplay yang yang keren dan grafik yang lebih realistis.

Saat ini eFootball PES 2020 termasuk bagian dari game PPSSPP yang bisa kalian mainkan dengan ukuran file size yang kecil.

15. Dragon Ball Z – Shin Budokai

Dragon Ball Z - Shin Budokai

Bagi kalian kelahiran tahun 90an pasti tidak asing dengan Dragon Ball. Dragon Ball sudah mengeluarkan beberapa game di berbagai platform salah satunya yaitu di game PPSSPP.

Sekarang kalian sudah bisa memainkan game ini di emulator PPSSPP dan bernostalgia dengan karakter-karakter Dragon Ball lainnya seperti Goku, Vegeta, Gohan, Trunk, Piccolo, Krillin dan lain sebagainya.

16. Crisis Core: Final Fantasy VII

game ppsspp terbaik


Game PPSSPP tak akan lengkap jika tidak menyebut nama Final Fantasy atau FF yang merupakan game PSP RPG terbaik besutan Square Enix.

Permainan yang mengambil setting sebelum event FF VII atau prekuelnya FF VII terjadi ini menampilkan point of view karakter Zack Fair rekan dari Cloud Strife.

Bisa dibilang kalau Crisis Core adalah prolog dari kejadian utama di Final Fantasy VII yaitu berakhirnya peperangan antara Shinra dan Wutai. Di sini juga terungkap bahwa Sephiroth adalah bagian dari musuh.

Genre yang diusungnya adalah role playing action dengan karakter Zack yang kamu mainkan. Ini adalah kisah Cloud Strife sebelum dia menjadi Tentara kelas utama.

Di permainan ini kamu akan diajak menjelajahi game FF yang penuh dengan kejutan. Sampai saat ini cerita dan gameplaynya sangat menghipnotis gamer dan begitu royal bermain sampai credit scene-nya diputar.

17. God of War: Ghost of Sparta

game ppsspp terbaik

Pernah terpikirkan nggak sih kenapa Kratos selalu diliputi amarah di petualangan Kratos di game God of War, jika kamu penasaran kamu bisa menemukan jawabannya di seri Ghost of Sparta.

Game eksklusif PSP ini menawarkan genre hack and slash action adventure yang seru dan bikin kecanduan.

Game ini menawarkan user interface dan kualitas grafik yang menawan serta menarik untuk dicicipi. 

Backsound-nya juga terdengar sangat nyata jadi bukan suatu keheranan lagi kalau game ini menjadi masterpiece PSP.

Apalagi jika alumnus pengguna PS2 pasti tahu seberapa menariknya game ini.

18. Metal Gear Solid: Peace Walker

game ppsspp terbaik

Sudah download game PPSSPP yang menjadi salah satu franchise terbaik milik Hideo Kojima berjudul Metal Gear Solid: Peace Walker? Dijamin deh kamu nggak bakal nyesel memainkannya.

Di seri ini kamu akan berperan sebagai Naked Snake dan lebih jauh mengenal perjalanannya yang membuat pasukan militer tanpa naungan negara.

Tujuan pasukan ini adalah membantu berbagai negara yang membutuhkannya. Genre yang diusungnya adalah petualangan aksi atau action adventure stealth dan kamu akan dihadapkan pada musuh yang menyamar dan menyusup ke markas mu.

19. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

game ppsspp terbaik

Sama seperti Final Fantasy, game PPSSPP ini juga mengusung role playing action yang unik dan sangat menarik perhatian gamer. Uniknya karena melibatkan beberapa karakter Disney.

Kamu bisa memilih salah satu karakternya yaitu Ventus, Vera, dan Aqua yang tengah menjalankan misi untuk mencari Master Xehanort.

Ia adalah orang yang menghilang sebelum ujian menjadi Keyblade Master terlaksana. Dalam misi ini mereka akan saling berkejaran untuk menyelesaikan misinya. 

20. Def Jam: Fight for Ny

def jam fight for ny

Pertarungan jalanan antara anggota geng adalah salah satu game yang seru yang ada di Def Jam Fight for Ny.

Game ini sangat cocok untuk kalian yang suka bermain game pertarungan yang mirip dengan Tekken, Mortal Kombat.

Ada hal unik yang ada di dalam game ini dimana pemain-pemainnya terdapat para musisi rapper luar negeri yang terkenal seperti DMX, Ludacris, Method Man, Snoop Dogg dan masih banyak lagi.

Daftar Kumpulan PPSSPP Game Ukuran Kecil Lainnya :

  • Air Conflicts – Aces of World War II
  • Alien Syndrome
  • Aliens vs Predator – Requiem
  • Ape Escape – On the Loose
  • Assassin’s Creed – Bloodlines
  • Asphalt – Urban GT 2
  • Asthonishia Story
  • Battlezone
  • Blazing Souls – Accelate
  • Bomberman
  • Bubble Bobble – Evolution
  • Burnout Legends
  • Call of Duty – Roads to Victory
  • Capcom Classics Collection Reloaded
  • Cars
  • Championship Manager 2006
  • Crazy Taxi – Fare Wars
  • Carsh of the TitansDespicable Me
  • Disgaea Infinite
  • Dynasty Warriors
  • EA Replay
  • Every Extend Extra
  • EyePet
  • F1 Grand Prix
  • Fast and The Furious
  • FIFA Street 2
  • Final Fantasy I
  • God of War: Chains of Olympus
  • Grand Theft Auto: Liberty City 
  • Harvest Moon Boy & Girl
  • Harry Potter and the Goblet of Fire 
  • Hellboy: The Science Of Evil
  • Iron Man 2 
  • Justice League Heroes
  • Kamen Rider Super Climax Heroes 
  • Lego Pirates of The Caribbean
  • MotoGP 2019
  • Naruto Shippuden Kizuna Drive
  • Online Chess Kingdoms
  • Phantasy Star Portable 2
  • Simpsons Game 
  • Snoopy vs the Red Baron
  • Star Wars Lethal Alliance 
  • The Sims 2
  • Transformers The Game 
  • Ultraman Fighting Evolution
  • Valkyria Chronicles II
  • Winning Eleven 2018 
  • X-Men Legends II Rise Of Apocalypse

Nah, itu dia daftar rekomendasi game PPSSPP ukuran kecil yang sudah kami rangkum. Jadi manakah game yang akan kamu mainkan?

***
Beli top up game dan voucher game lebih mudah, murah dan aman hanya di itemku.
Nikmati kemudahan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran lengkap dan garansi belanja ekslusif yang kami sediakan khusus untuk kamu.

Yuk, belanja keperluan voucher dan top up game kamu di itemku sekrang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

One Comment