D4DJ, Game Musik ala DJ dari Tangan Bushiroad

Sempat mencuri perhatian lewat Bang Dream Girls Band Party (2007), kini Bushiroad kembali hadir lewat game terbaru yang bernama D4DJ.
D4DJ
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bushiroad sempat mencuri perhatian lewat Bang Dream Girls Band Party (2007). Kini, ia kembali datang dengan game terbaru yang sekaligus mengenalkan franchise paling anyar miliknya.

Kendati masih mengusung genre yang sama, tema yang diangkat kali ini terbilang sangat unik. Apa itu? Disc Jockey alias DJ. Adapun, gimnya sendiri diberi nama Dig Delight Direct Drive.

Game yang juga bisa kita singkat menjadi D4DJ Groovy Mix ini adalah gim terbaru dari Bushiroad. Ia bekerja sama dengan Donuts selama proses pengembangan game.

Bushiroad pertama kali mengumumkannya pada acara Bushiroad DJ Live Vol.2. Pada awal 2020, pra-pendaftaran untuk versi Beta yang bernama D4DJ Groovy Mix D4U (sekedar mengingatkan bahwa versi D4U sudah tidak dimainkan sejak akhir september lalu) dibuka.

Kemudian pada Oktober 2020, para pemain sudah bisa menjajal versi Closed Beta untuk gim ini, tepatnya pada 18 oktober 2020. Sementara itu, perilisan perdana berlangsung pada tengah malam 25 Oktober waktu Jepang. 

Baca juga:  Kode Cheat Bully PS2, PC, Xbox 360 Terlengkap Bahasa Indonesia

Untuk negara-negara di luar Jepang, gim ini akan rilis untuk pada musim semi 2021. Ia menggunakan server sendiri yang kabarnya digabungkan dengan server Jepang. Dengan kata lain, konten yang tersedia bakal sama persis.

D4DJ Bushiroad

Bagaimana pun, para fans di Jepang menyambut gim ini dengan tangan yang sangat terbuka. Terbukti, ada begitu banyak respons positif yang berdatangan ke arah Bushiroad.

Maka sangat mungkin jika kesuksesan Bang Dream akan tersalur ke D4DJ. Terlebih, fans di luar jepang sangat antusias dengan D4DJ.

Perlu kita ingat pula bahwa gim ini memiliki versi Animation dan Petit Mix yang bisa kalian tonton secara resmi di channel Youtube D4DJ (versi Inggris/Indonesia).

Ada 6 unit di gim ini yang berisikan empat personil dengan mengisi berbagai macam posisi, mulai dari DJ, VJ, Gitaris dan Singer. Keenam unit tersebut adalah Happy Around!, Peaky P-Key, Photon Maiden, Merm4id, Rondo dan Lyrical Lily. Akan ada pula tambahan dua unit yang berupa backup unit. Dua unit tersebut adalah Scarlet Canary dan LynxEyes.

Lantas, bagaimana dengan gameplay-nya?

Baca juga:  8 Game Berhadiah Sungguhan yang Bisa Kamu Coba

Sekilas sama seperti Bang Dream Girls Band Party. Hanya saja, ada dua tombol tambahan Pink Slider yang terletak di bawah note utama dan Disc Note yang terletak paling pojok di antara note.

Sebagai catatan, ada dua tipe untuk disc note. Pertama adalah Backspin mengharuskan kamu untuk melakukan flick note. Yang kedua adalah top spin. Untuk yang satu ini, kamu harus mengklik untuk menahan note tersebut. 

Kedengarannya memang ribet. Tapi kalau kamu kesusahan, game ini mempunyai auto mode. Namun, jika kamu menggunakan auto mode, ia tidak akan tergolong sebagai full combo

Terkait full combo sendiri, setidaknya ada tiga tipa yang tersedia. Pertama adalah full combo (ada note good). Kedua, great full combo (tanpa note good). Terakhir, perfect full combo (tidak ada note good dan great).

Baca juga:  Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC & Laptop

Bagaimana dengan lagu-lagu yang ada di gim yang tersedia untuk Android tersebut?

Berdasarkan pengamatan saya, pilihannya terbilang banyak. Mulai dari original song dari unit masing-masing, cover lagu dari tiap unit, dan sebagainya.

Kamu perlu mencobanya langsung untuk melihat pilihan selengkapnya.

*Tulisan ini merupakan kiriman penulis. Segala isi dan opini yang ada dalam tulisan ini merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

***

Nikmati pengalaman gaming yang lebih seru dengan top-up Steam Wallet termurah se-Indonesia di itemku

Rekomendasi