Cyberpunk 2077 dan 4 Game Lain dengan Rekor Pemain Terbanyak

Seperti Cyberpunk 2077, ada beberapa game yang juga sempat memegang rekor pemain terbanyak dalam satu waktu di Steam. Apa saja?
Cyberpunk 2077
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tiga kali CD Projekt Red (CDPR) menunda peluncuran Cyberpunk 2077.

Game itu mestinya rilis pada April 2020 tetapi terpaksa ditunda hingga 17 September. Mendekati waktu tersebut, penundaan kembali terjadi, yakni hingga 19 November karena ada sejumlah perbaikan.

Mereka sampai harus menerapkan ‘crunch’ agar hal serupa tak terulang lagi. Apa boleh bikin, penundaan kembali mereka lakukan hingga 10 Desember. Kali ini, Cyberpunk 2077 akhirnya benar-benar rilis.

Bagi para penggemar, penundaan seolah menandakan persiapan dan proses pengembangan yang buruk. Tapi CDPR tak peduli sebab ini adalah game yang mereka rancang secara serius, bahkan dimulai sejak delapan tahun lalu.

Maka tak ada toleransi untuk segala bentuk kesalahan. Jika menunda berulang kali jadi cara terbaik untuk menghasilkan game nomor satu, mereka akan melakukannya. Itulah yang terjadi.

Baca juga:  Steam Awards 2020: Red Dead Redemption 2 Jadi Game Terbaik

Kita tak akan (atau belum) membicarakan bagaimana kualitas Cyberpunk 2077. Namun, dari segi kuantitas, game ini sukses besar dan memecahkan rekor. Dalam beberapa hari jumlah pemainnya sudah membludak.

Cyberpunk 2077

Di Steam, Cyberpunk 2077 sudah mencatat rekor dengan 1.000.297 gamer secara bersamaan. Puncaknya 1.003.264 pemain. Boleh jadi penundaan sebelumnya adalah harga yang mereka bayar untuk mencapai angka fantastis ini.

“Kami baru saja mencapai 1 juta pemain aktif di Steam. Terima kasih banyak,” tulis Lead Quest Designer Cyberpunk, Pawel Sasko, melalui Twitter.

Ada beberapa game yang juga sempat memegang rekor pemain terbanyak dalam satu waktu di Steam. EXP membahas beberapa di antaranya.

PUBG

Barangkali versi mobile PUBG lebih populer. Namun, jangan lupa bahwa PC-lah yang menjadi akarnya. Game ini bahkan mencatat rekor sebagai pemain terbanyak dalam satu sesi yang bertahan hingga kini, yakni 3,2 juta pemain.

Counter Strike: Global Offensive (CS:GO)

Saat membincangkan game FPS favorit, CS:GO mesti dilibatkan. Ia tak cuma populer di kalangan gamer, tetapi juga menjadi salah satu cabang esports terdepan. Tak ayal jika jumlah pemainnya pernah mencapai 1.308.963 orang.

DOTA 2

Siapa yang tak tahu DOTA 2? Ini adalah game MOBA paling populer dalam lima tahun terakhir. Pada 2016, DOTA 2 memecahkan rekor pemain terbanyak Steam dengan puncaknya mencapai 1.295.114.

Baca juga:  Kasus Cyberpunk 2077 dan Gugatan Hukum Lain di Dunia Game

Fallout 4

Fallout 4 adalah game FPS yang cukup populer. Kisahnya sama seperti Cyberpunk 2077 yang dipasarkan besar-besaran jelang perilisan. Efeknya, game ini mencatat rekor dengan 472.962 pemain pada 2015.

***

Itulah beberapa game dengan rekor pemain terbanyak di Steam. Dari sana dapat terlihat bahwa Cyberpunk ada di urutan keempat, tepat di bawah DOTA 2. Tapi untuk game single-player, Cyberpunk 2077 memegang rekor tertinggi.