Resmi Rilis, Begini Cara Update ke Windows 11 Gratis

Windows rasa Mac OS.
windows 11
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Cara update ke Windows 11 – Windows 11 yang sudah digaungkan sejak awal tahun 2021 ini akhirnya rilis. Pada Selasa (5/10/2021), sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut resmi hadir untuk seluruh pengguna Windows 10. Lantas, bagaimana cara update ke Windows 11?

Beli lisensi Microsoft Windows termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Apa Itu Windows 11?

Windows 11 adalah generasi terbaru sistem operasi Windows dari Microsoft. Sesuai namanya, ini merupakan penerus Windows 10. Para pengguna Windows 10 dipastikan bisa menginstal sistem operasi baru tersebut secara gratis, asalkan perangkatnya memenuhi spesifikasi minimum.

Ada sejumlah fitur baru yang tersemat di Windows 11. Yang paling terlihat adalah desain antarmuka yang tampak lebih segar. Pada taskbar dan menu start, misalnya, pengguna akan melihat sejumlah penyesuaian. Kedua menu itu kini bergeser ke tengah. Mirip MacOS.

Khusus menu Start, Microsoft mengatakan bahwa konten, file, dan aplikasi pengguna bakal banyak ditampilkan di sana. Menu Start menggunakan teknologi cloud dan Microsoft 365 untuk menampilkan semua file terbaru yang dibuka, meskipun dari perangkat yang berbeda.

Pembaruan lainnya terletak pada fitur gaming. Berbagai teknologi penunjang seperti DirectX12 Ultimate, DirectStorage, dan Auto HDR bakal kamu temukan. Berikutnya ada Xbox Game Pass for PC or Ultimate untuk mengakses lebih dari 100 game PC yang bisa kamu mainkan.

Kini, semua fitur dan pembaruan tersebut sudah bisa kamu dapatkan secara gratis. Meski begitu, tak semua PC bisa menginstal Windows 11. 

“Hari ini menandai tonggak sejarah Windows. Pada 5 Oktober di setiap zona waktu di seluruh dunia, Windows 11 mulai tersedia melalui update gratis di Windows 10 yang memenuhi syarat,” tutur Chief Product Officer Windows + Devices, Panos Panay.

“Kami bersemangat meluncurkan Windows 11. Seluruh pengalaman pengguna membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda dan menginspirasi Anda untuk berkreasi,” sambung dia.

Syarat Update ke Windows 11

Untuk menginstal Windows 11 secara gratis, kamu perlu memenuhi spesifikasi minimal berikut ini:

  • Prosesor: 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64 bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)
  • Memori: RAM 4 GB
  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih besar
  • Sistem Firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • Display: Resolusi HD (720p) dengan ukuran layar lebih dari 9 inci (secara diagonal)
  • Grafis: Grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 / WDDM 2.x

Cara Update ke Windows 11 dari Windows 10

Untuk melakukan update ke Windows 11 secara gratis terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan untuk menyimpan terlebih dahulu semua file penting kamu ke hard drive eksternal atau cloud. Ini adalah upaya jaga-jaga jika update yang kamu lakukan mengalami masalah.
  • Buka menu Settings melalui Desktop maupun Laptop kamu.
  • Cari baris yang bertuliskan ‘Update Windows’.
  • Klik ‘Periksa Pembaruan’ untuk melihat apakah update sudah tersedia atau belum.
  • Jika update tersedia, akan muncul tulisan ‘Pembaruan Fitur ke Windows 11’.
  • Klik ‘Download’ untuk mulai melakukan instalasi.
  • Proses instalasi mungkin memerlukan waktu yang cukup lama. Kamu hanya perlu bersabar menunggunya hingga tuntas. Jangan lupa, pastikan kamu memiliki akses internet yang lancar.

Cara update ke Windows 11 tersebut bisa berjalan lancar jika perangkat kamu memiliki spesifikasi yang kompatibel. Bagi kamu yang tidak memenuhi spesifikasi tersebut, jangan khawatir karena Microsoft akan terus memberikan dukungan untuk Windows 10, setidaknya hingga 2025.

Rekomendasi