telepon
in ,

8 Cara Menghemat Baterai HP yang Boros Paling Ampuh

Cara Menghemat Baterai HP – Memiliki HP yang tahan lama adalah impian semua orang, apalagi di saat keadaan genting ketika tidak ada Powerbank / sumber listrik untuk cas hp. Ternyata ada banyak sekali cara untuk menghemat baterai hp android atau ios yang boros.

Hal ini berlaku untuk semua HP entah itu HP xiaomi, samsung, vivo, dan sistem operasi apapun ios atau android tetap bisa menggunakan tips-tips ini. Berikut ini tips agar baterai hp tidak cepat habis:

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja.

Cara Menghemat Baterai HP Smartphone Android

Jangan Terlalu Banyak Aplikasi yang Jalan di Background

Hal ini sangat sering terjadi, terkadang kita masih mengaktifkan aplikasi yang tidak kita pakai lagi padahal hal tersebut dapat menguras daya baterai kalian karena aktivitas dari aplikasi tersebut masih berjalan di background.

Baca juga:  5 Cara Samsung Melindungi Smartphone Kita dari Serangan Siber

Tips: Matikan aplikasi yang tidak digunakan dari background.

Turunkan Kecerahan Layar

Layar yang sangat cerah tentu menggunakan daya baterai hp yang lebih besar dari layar yang redup. Ada beberapa jenis smartphone yang sudah memiliki fitur auto adjustment untuk kecerahan layar handphone sehingga kecerahan layar hp akan menyesuaikan gelapnya ruangan.

Tips: Menurunkan kecerahan pada layar.

Menjaga Suhu HP  

HP yang overheat atau terlalu panas juga akan menguras baterai kalian karena hp kalian memproses beberapa aplikasi secara bersamaan sehingga suhunya akan meningkat dan hp akan bekerja lebih keras untuk memprosesnya.

Tips: Pakai aplikasi seperlunya.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Dengan menonaktifkan mode pesawat kalian bisa menghemat daya baterai karena beberapa konektivitas seperti WiFi, jaringan, Bluetooth dan GPS akan dinonaktifkan. Dengan menyalakan mode airplane juga akan membuat kalian tidak dapat melakukan atau menerima telepon dan SMS.

Baca juga:  Terbaru dari Vivo: Vivo X70 Pro, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kalau memang baterai kalian sangat tipis dan belum bisa menemukan sumber listrik / powerbank untuk mengecas hp, opsi ini dapat kalian lakukan.

Tips: Menyalakan mode pesawat.

Penggunaan Kamera

perempuan mengambil foto di laut

Penggunaan kamera ini sangat berat dan mengurangi banyak sekali daya baterai. Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami ketika HP daya baterai kalian masih berada di angka 20% dan pada saat kalian menyalakan kamera tiba-tiba HP kalian mati sendiri.

Nah, karena kamera membutuhkan sumber daya yang besar sehingga apabila baterai dalam keadaan lowbat pasti akan langsung mati sendiri.

Tips: Gunakan kamera seperlunya.

Mode Hemat Baterai

Hal ini yang paling umum dan sangat mudah untuk dilakukan. Hampir seluruh HP Android memiliki fitur hemat baterai.

Jika kalian pengguna iOS ada fitur Power Mode yang akan membantu baterai kalian menjadi hemat karena akan mengurangi penggunaan energi pada hp kalian sehingga baterai hp akan tahan lama.

Tips: Menyalakan mode hemat baterai.

Install Aplikasi Seperlunya

Pastikan di HP kalian terinstall aplikasi-aplikasi yang memang kalian butuhkan. Ada juga beberapa aplikasi yang menyediakan versi lite seperti contohnya facebook lite.

Baca juga:  3 Cara Mengatasi Data Seluler Aktif tapi Tidak Bisa Internetan

Penggunaan facebook biasa dengan facebook lite tentunya sangat berbeda mukai dari tampilannya versi lite lebih ringan dan tidak memakan banyak daya baterai.

Tips: Pakai versi lite / install aplikasi yang perlu saja.

Menonaktifkan Push Notification

Mendapatkan notifikasi atau pesan membuat kalian tetap terupdate dengan adanya informasi, ternyata hal ini juga memiliki dampak pada pengurangan daya baterai kalian.

Aplikasi push notification akan mengirimkan pesan-pesan informasi terbaru ke hp kalian, apabila pesan push notifikasinya tidak terlalu penting bagi kalian lebih baik dimatikan saja.

Tips: Mematikan push notification pada HP.

Mudah-mudahan dengan adanya tips hemat daya pada handphone tidak lagi membuat kalian bingung hal-hal apa saja yang membuat baterai kalian cepat habis dan semoga masalah daya baterai hp yang boros milik kalian bisa teratasi.

Jangan lupa share artikel EXP itemku ke teman-teman kalian agar terus terupdate dengan adanya informasi-informasi terbaru dari kami.

Tinggalkan Balasan