Cara Memberi Nama Produk yang Optimal

NamaProduk_InArticleEXP_Jan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hai Juragan!

Nama adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Begitu pula dengan memberikan nama produk dagangan kamu di itemku. Dengan memberikan nama produk sebaik dan sesuai mungkin, toko kamu akan semakin ramai dan dagangan kamu juga akan lebih cepat laku karena mudah ditemukan oleh para calon pembeli. Sebaliknya, pemberian nama produk yang tidak optimal dan tidak sesuai dapat mengakibatkan sedikitnya pesanan yang masuk. Untuk itu, simak artikel lengkap cara memberi nama produk yang optimal berikut ini:

Ayo belajar cara memberi nama produk di itemku!

Akibat buruk nama produk yang tidak optimal

Sebagai penjual di itemku, kamu memiliki kebebasan untuk memberi nama produk yang kamu jual. Tetapi, tidak semua nama punya kualitas yang setara. Ada nama-nama yang justru bikin dagangan kamu lebih sulit ditemukan.

Sebagai contoh, katakanlah kamu hendak menjual top-up 355 Diamond Garena Free Fire. Alih-alih “355 Diamond”, kamu malah menulis 355 dm, 355 diamon, atau malah 355 daimon. Menggunakan nama produk yang sedikit berbeda memang tidak salah, tapi ada beberapa kerugian yang harus siap kamu terima. Apa saja?

Tidak muncul di mesin pencari

Mungkin semua pembeli kamu paham istilah-istilah ‘gaul’ seperti dm dan daimon. Akan tetapi, tidak semua istilah itu dipahami oleh mesin pencari seperti Google.

Tidak seperti manusia, mesin pencari butuh waktu yang lebih lama untuk memahami istilah-istilah baru. Karena itu, Google dan mesin-mesin lain akan memprioritaskan konten yang memiliki istilah baku, karena istilah-istilah itulah yang ada di database mereka. Hal ini berakibat, ketika ada calon pembeli yang mencari “355 diamond” di sana, dagangan kamu tidak dapat muncul.

Dagangan tidak muncul di filter itemku

Nah, ini yang paling penting. Terutama untuk produk top-up dan voucher, itemku sudah memberikan saran penamaan untuk dagangan kamu. Penamaan ini dipilih berdasarkan istilah yang umum digunakan dan mudah dipahami. Jadi, tentu mudah bagi dagangan kamu untuk ‘dicintai’ Google.

Contoh nama produk yang sesuai

Dan yang pasti dengan menggunakan nama sesuai saran itemku, dagangan kamu jadi lebih mudah ditemukan karena muncul di filter.

Tidak masuk ke fitur Belanja Cepat

Beberapa kategori dalam fitur Belanja Cepat

Secara otomatis, fitur Belanja Cepat di itemku akan menampilkan produk termurah yang mengaktifkan Pengiriman Instan atau Garansi Pengiriman 10 Menit. Jika nama produk yang kamu gunakan tidak sesuai saran, produk kamu tidak akan berkesempatan muncul di Belanja Cepat meski harganya adalah yang termurah.

Cara memberi nama produk yang optimal

Nah, kalau begitu, bagaimana cara memberi nama produk dengan optimal?

Dagangan top-up dan voucher

Jika produk kamu adalah top-up atau voucher, kamu cuma perlu mengikuti saran penamaan yang muncul secara otomatis di bawah kolom. Seperti contohnya berikut ini:

Berikut caranya:

  • Ketik sebagian dari nama dagangan kamu, misalnya 355
  • Sistem itemku akan memberi saran dalam bentuk dropdown
  • Klik pada nama yang pertama muncul
  • Usahakan untuk menghindari mengklik “Tambahkan …”, terutama bila saran yang diberikan sudah lengkap.

Jika nama yang kamu gunakan tidak sesuai saran, kamu akan menerima peringatan seperti ini:

Perlu kamu perhatikan, saran penamaan juga tersedia untuk banyak jenis produk lain. Tetapi, tidak semua jenis produk memilikinya.

Dagangan lainnya yang tidak memiliki saran penamaan

Jika dagangan kamu tidak memiliki saran penamaan, seperti Apex Coins, kamu tidak perlu khawatir. Gunakan saja nama yang sudah terstandar dengan ejaan yang tepat. Sebagai contoh, jangan tulis Apex Koin.

Untuk cara yang lebih mudah, kamu bisa melihat nama produk yang ada di daftar Belanja Cepat. Seperti yang sudah kami beritahu sebelumnya, produk-produk yang muncul di sana adalah yang sudah memiliki nama yang terstandar. Jika sudah, kamu cuma perlu pintar-pintar cari cara agar masuk ke Belanja Cepat, deh!

Itulah dia cara memberi nama produk yang optimal untuk meningkatkan penghasilan kamu. Semoga bermanfaat ya!